Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP Materi Makhluk Hidup

Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP MTs Materi Makhluk Hidup

Amongguru. Berikut ini admin bagikan ringkasan dan latihan soal UN IPA SMP MTs materi Makhluk Hidup untuk membantu belajar peserta didik kelas IX (sembilan) dalam menghadapi Ujian Nasional IPA.

Ringkasan Materi

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Sesuatu dikatakan sebagai makhluk hidup apabila memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat membedakan dengan benda mati.

Ciri-ciri tersebut sebagai berikut.

1. Bernapas

Bernapas ialah proses menghirup oksigen (O2) dan mengembuskan karbon dioksida (CO2) dan uap air.

2. Membutuhkan Makanan (Nutrisi)

Tiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidupnya. Makanan diperlukan sebagai sumber energi.

Cara makhluk hidup mendapatkan makanan dibedakan menjadi dua macam berikut ini.

  • Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui Oleh karena itu, tumbuhan disebut sebagai organisme autotrof.
  • Hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga bergantung pada makhluk hidup lain. Oleh karena itu, hewan dan manusia disebut segbgai organisme
3.  Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang bersifat irreversible (tidak dapat balik). Contoh: bertambah tinggi, bertambah

Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan berupa penyempurnaan struktur dan fungsi organ tubuh yang menyertai proses pertumbuhan. Contoh: anak usia 3 tahun sudah dapat berbicara; anak usia 5 tahun dapat menulis,

4. Bergerak

Bergerak ialah perubahan posisi seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup yang disebabkan karena adanya tanggapan terhadap rangsang.

Contoh: manusia berjalan dan berlari, gerak batang ke arah cahaya matahari, burung terbang di udara.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)

Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan Perkembangbiakan dibedakan menjadi dua, sebagai berikut.

  • Secara seksual (generatif atau kawin) yaitu terjadi peleburan sel sperma dengan sel
  • Secara aseksual (vegetatif atau tak kawin) yaitu tidak melibatkan sel telur dan sel sperma namun melibatkan sel tubuh dengan membentuk tunas atau membelah
6. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)

Iritabilitas adalah kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsang. Contoh: tumbuhan putri malu yang disentuh maka daunnya akan mengatup.

7.  Ekskresi

Ekskresi ialah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak digunakan oleh tubuh. Contoh: paru- paru mengeluarkan CO2, kulit mengeluarkan keringat. Ginjal mengeluarkan urine.

8.  Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan dan mempertahankan diri terhadap lingkungan. Contoh : bunglon yang mengubah warna tubuhnya agar lolos dari mangsa.

Makhluk hidup yang ada di bumi jumlahnya sangat banyak dan beragam sehingga perlu dikelompokkan agar mudah untuk dikenali, dipelajari, dan di ketahui hubungan kekerabatannya.

Kegiatan pengelompokan makhluk hidup disebut klasifikasi. Ilmu yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup disebut taksonomi.

Menurut Robert H. Whittaker, makhluk hidup dikelompokkan menjadi lima kingdom berikut ini.

1.  Monera

Ciri kingdom monera adalah prokariotik (belum memiliki membran inti, bersifat uniseluler, mikroskopis, berkembang biak dengan membelah diri, membentuk tunas. Anggotanya terdiri dari bakteri dan ganggang biru (Cyanobacteria).

2.  Protista

Ciri kingdom protista adalah eukariotik (sudah memiliki membran inti sel), tidak dapat dimasukkan dalam kelompok tumbuhan, hewan dan jamur.

Protista dibedakan menjadi tiga, yaitu protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (alga/ ganggang), dan protista mirip jamur.

3.  Fungi (Jamur)

Ciri kingdom fungi adalah eukariotik, heterotrof, tidak memiliki klorofil, bersifat saprofit dan parasit, berkembang biak dengan spora.

4.  Plantae (Tumbuhan)

Kingdom plantae dibedakan menjadi tiga macam berikut ini.

  • Tumbuhan lumut (Bryophyta)

Ciri-ciri tumbuhan lumut adalah akar berupa rhizoid (semu), batang belum memiliki berkas pengangkut, hidup di tempat lembap/basah, mengalami pergiliran keturunan.

  • Tumbuhan paku (Pteridophyta)

Ciri-ciri tumbuhan paku adalah sudah memiliki akar, batang dan daun yang sebenarnya, daun muda menggulung, hidup di tempat lembap/ basah, mengalami pergiliran keturunan.

  • Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

a. Tumbuhan berbiji terbuka  (Gymnospermae)

Ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka adalah biji tidak terbungkus bakal buah, berakar tunggang, memiliki kambium, pembuahan tunggal, yaitu menghasilkan zigot.

Contoh: pinus, pakis haji, melinjo, damar.

b. Tumbuhan berbiji tertutup  (Angiospermae)

Ciri-ciri tumbuhan berbiji tertutup adalah biji terbungkus bakal buah, memiliki bunga yang sebenarnya, pembuahan ganda, yaitu yang menghasilkan zigot dan cadangan makanan.

Tumbuhan berbiji tertutup dibedakan menjadi dua dikotil dan monokotil.

Dikotil, ciri-ciri:
  • Biji berkeping dua
  • Akar tunggang
  • Batang bercabang
  • Berkambium
  • Tulang daun menyirip,
  • Mahkota bunga kelipatan 2, 4, 5.
  • Contoh: mangga, cabai, jeruk, kacang tanah, kentang, tomat, dll.
Monokotil, ciri-ciri:
  • Biji berkeping satu
  • Akar serabut
  • Batang tidak bercabang
  • tidak berkambium
  • Tulang daun sejajar dan melengkung
  • Mahkota bunga kelipatan 3
  • Contoh: kelapa, palem, padi, jagung, pisang, jahe, rumput,
5.  Animalia (Hewan)

Kingdom animalia dibedakan menjadi dua macam, yaitu avertebrata dan vertebrata.

Tidak bertulang belakang (Avertebrata)
  • Porifera (hewan berpori)

Ciri-ciri : permukaan tubuh berpori, memiliki sistem saluran air, hidup di air laut. Contoh : Spongia, Grantia, Euspongia

  • Coelenterata (hewan berongga)

Ciri-ciri : mempunyai rongga pencernaan, memiliki sel penyengat pada tentakelnya. Contoh : ubur-ubur, Hydra, Obelia.

  • Platyhelminthes (cacing pipih)

Ciri-ciri : tubuh simetris bilateral, berbentuk pipih, belum memiliki rongga tubuh.

Contoh: Fasciola hepatica (cacing hati), Taenia solium (cacing pita pada babi), Taenia saginata (cacing pita pada sapi).

  • Nemathelminthes (cacing gilig)

Ciri-ciri: tubuh berbentuk gilig, tidak beruas. Contoh : Ascaris lumbricoides (cacing perut), Enterobius vermicularis (cacing kremi)

  • Annelida (cacing gelang)

Ciri-ciri: bentuk tubuh seperti gelang, tubuh beruas, bersifat hermaprodit. Contoh : cacing tanah, lintah.

  • Mollusca (hewan bertubuh lunak)

Ciri-ciri : tubuh lunak, tidak bersegmen, ada yang memiliki cangkang. Contoh : cumi-cumi, gurita, siput, kerang.

  • Echinodermata (hewan berkulit duri)

Ciri-ciri: tubuh di tutupi duri dari CaCO3, hidup di laut, dan memiliki kaki Contoh : bintang laut, bulu babi, teripang.

  • Arthropoda (hewan beruas/bersegmen)

Ciri-ciri : tubuh dan kaki beruas, simetris bilateral, rangka luar tersusun dari zat kitin. Contoh : kepiting, serangga, laba-laba, kalajengking, kaki seribu.

Bertulang belakang (Vertebrata)
  • Pisces (ikan)

Ciri-ciri : memiliki alat gerak berupa sirip, kulit bersisik licin, bernapas dengan insang. Contoh : ikan mas, ikan nila, ikan pari

  • Amphibi (katak)

Ciri-ciri : dapat hidup di air dan darat, kulit berlendir, bernapas dengan paru-paru dan kulit, berkembang biak dengan bertelur. Contoh : katak.

  • Reptil

Ciri-ciri : kulit bersisik, bergerak dengan melata, bernapas dengan paru-paru, berkembang biak dengan ovipar dan ovovivipar. Contoh : ular, buaya, kadal.

  • Aves (burung)

Ciri-ciri : memiliki alat gerak berupa kaki dan sayap, berkembangbiak dengan bertelur, permukaan tubuh ditutupi bulu. Contoh: ayam, angsa, burung, itik.

  • Mamalia (hewan menyusui)

Ciri- ciri : memiliki kelenjar susu, berkembangbiak dengan melahirkan, permukaan tubuh ditutupi rambut. Contoh : paus, sapi, kuda, tikus, kucing, kambing, gajah.

1. Soal Pengetahuan dan Pemahaman

Ciri makhluk hidup yang membedakan antara tumbuhan dan hewan adalah …

A. tumbuhan peka terhadap rangsang, hewan tidak

B. tumbuhan tidak bergerak, hewan bergerak

C. tumbuhan mampu membuat makanan sendiri, hewan tidak

D. tumbuhan tidak bernapas, hewan bernapas

Jawab : C
Pembahasan :

Komponen yang membedakan tumbuhan dan hewan adalah cara mendapatkan makanan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis (autotrof), sedangkan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof).

2. Soal Pengetahuan dan Pemahaman

Urutan tingkatan takson mulai dari paling banyak persamaan hingga yang paling sedikit persamaan adalah …

A. Kingdom – Phylum – Class – Ordo- Familia – Genus – Spesies

B. Kingdom – Divisi – Ordo – Class – Familia Genus – Spesies

C. Spesies – Genus – Familia- Class – Ordo – Divisi – Kingdom

D. Spesies – Genus – Familia- Ordo – Class – Phylum– Kingdom

Jawab : A
Pembahasan

Urutan tingkatan takson mulai dari paling banyak persamaan hingga yang paling sedikit persamaan adalah Kingdom (kerajaan) – Phylum/Divisi – Class (kelas) – Ordo (bangsa) – Familia (suku) – Genus (marga) – Spesies (jenis).

3. Soal Aplikasi

Perharikan gambar beberapa hewan berikut!

Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP MTs Materi Makhluk Hidup Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP Materi Makhluk Hidup

Hewan yang termasuk golongan arthropoda (hewan berbuku-buku) ditunjukkan oleh gambar ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

Jawab : B
Pembahasan :

Hewan yang tergolong Arthropoda (hewan beruas- ruas) ditunjukkan oleh nomor (1) laba-laba masuk dalam kelas Arachnoidea dan (3) kepiting masuk dalam kelas Crustaceae. Adapun nomor (2) dan (4) termasuk dalam kelompok Mollusca.

4. Soal Aplikasi

Perhatikan gambar percobaan berikut!

Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP MTs Materi Makhluk Hidup Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP Materi Makhluk Hidup

Setelah beberapa saat eosin bergerak ke arah dalam tabung. Percobaan tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri …

A. bergerak

B. bernapas

C. peka terhadap rangsang

D. beradaptasi

Jawab : B
Pembahasan :

Percobaan pada gambar tersebut menggunakan respirometer, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan respirasi. Makhluk hidup yang digunakan adalah belalang. Fungsi larutan

KOH adalah untuk mengikat CO2. Larutan eosin digunakan sebagai penanda kecepatan respirasi. Setelah beberapa saat eosin bergerak ke arah dalam tabung. Percobaan tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri bernapas

5. Soal Penalaran

Asri melakukan percobaan untuk mengetahui salah satu ciri makhluk hidup. Ia meletakkan pot yang berisi tumbuhan sejajar dengan tanah.

Setelah beberapa minggu, tumbuhan dalam pot tersebut berubah arah seperti pada gambar berikut ini!

Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP MTs Materi Makhluk Hidup Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP Materi Makhluk Hidup

Percobaan yang dilakukan Asri tersebut membuktikan bahwa tumbuhan sebagai makhluk hidup memiliki ciri ….

A. bernapas

B. bergerak

C. tumbuh

D. berfotosintesis

Jawab : B
Pembahasan :

Tumbuhan dalam pot yang yang sejajar tanah memiliki batang yang lurus, setelah beberapa minggu terkena cahaya matahari, batang tumbuhan bergerak membelok ke arah datangnya cahaya matahari.

Jadi, percobaan tersebut membuktikan bahwa tumbuhan sebagai makhluk hidup memiliki ciri bergerak

6. Soal Penalaran

Ketika Bagas bermain di pantai, ia menemukan seekor hewan yang memiliki ciri-ciri tubuh tertutupi duri yang terbuat dari CaCO2, hidup di laut, dan alat geraknya berupa ambulakral. Hewan tersebut termasuk kelompok ….

A. Mollusca

B. Arthropoda

C. Echinodermata

D. Coelenterata

Jawab : C
Pembahasan :

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, hewan tersebut masuk dalam kelompok Echinodermata (hewan berkulit duri) karena memiliki ciri-ciri: tubuh ditutupi duri dari CaCO3, hidup di laut dan memiliki kaki ambulakral.

  • Mollusca (hewan bertubuh lunak), contoh: bekicot, cumi-cumi, kerang.
  • Arthropoda (hewan berbuku), contoh: serangga, laba-laba, kaki seribu.
  • Coelenterata (hewan berongga), contoh: Hydra sp.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ringkasan dan latihan soal UN IPA SMP MTs materi Makhluk Hidup. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ringkasan dan Latihan Soal UN IPA SMP Materi Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel