Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS

Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS 

Amongguru.com. Tes Kompetensi Dasar merupakan tahapan yang dilalui pelamar CPNS setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Plaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS ini menggunakan sistem Computer  Assisted  Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade).

Sistem CAT merupakan bentuk tes dalam penyelenggaraan penerimaan CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer.

Di dalam sistem CAT dibutuhkan peralatan komputer dan software yang nantinya disediakan instansi yang mengadakan tes CPNS.

Di dalam tes Kompetensi Dasar tersebut, terdapat tiga bentuk soal yang harus dikerjakan. Tiga bentuk tes tersebut, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKD).

Untuk menjamin terpenuhinya kompetensi dasar oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipi diperlukan alat ukur berupa nilai ambang batas (passing grade) tertentu.

Peserta ujian dinyatakan lolos tes Kompetensi Dasar apabila nilai yang diperoleh untuk masing-masing bentuk tes telah melewati passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditetapkan.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah tes yang digunakan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pilar Kebangsaan Indonesia.

Salah satu materi yang diujikan dalam Tes Wawasan Kebangsaan adalah 4 (empat) Pilar Kebangsaan, yang meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu ditambahkan pula materi ujian tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi : Sistem Tata Negara Indonesia, Pemerintah Pusat dan Daerah, Sejarah Perjuangan Bangsa, Peranan Bangsa Indonesia, dan Kemampuan berbahasa Indonesia.

Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS 

Berikut ini adalah kumpulan materi 4 Pilar Kebangsaan tes Kompetensi Dasar CPNS yang dapat Anda jadikan referensi untuk belajar mempersiapkan diri menghadapi tes kompetensi dasar.

Baca juga :

Demikian ulasan Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS. Semoga bermanfaat untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri mengikuti tes Kompetensi Dasar seleksi CPNS.

0 Response to "Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel