Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Amongguru.com. Penyusunan Soal Ujian Nasional 2019 didasarkan pada kisi-kisi yang telah ditetapkan.
Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.
Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).
Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 menggambarkan kedalaman dan keluasan materi serta level kognitif yang diukur.
Di dalam membantu belajar peserta didik mempersiapkan diri menghadapai Ujian Nasional tahun 2019 untuk mata ujian Matematika SMP/MTs, berikut ini adalah Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan.
- Materi Pola Bilangan
Indikator soal 1
- Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang pola bilangan, barisan dan deret.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pola bilangan, barisan dan deret serta dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret.
Soal nomor 1
Diketahui barisan bilangan 12, 20, 30, 42, 56, …. Suku ke-22 adalah ….
A. 624
B. 600
C. 575
D. 552
Soal nomor 2
Suku ke-10 dari barisan bilangan : 15, 24, 35, 48, 63, … adalah ….
A. 120
B. 143
C. 168
D. 195
Soal nomor 3
Perhatikan pola berikut!
Pada pola di atas banyak noktah pada pola ke-8 adalah ….
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14
Soal nomor 4
Perhatikan pola pada gambar berikut!
Banyak batang korek api untuk membuat pola ke-20 adalah ….
A. 67
B. 71
C. 75
D. 79
Soal nomor 5
Gambar berikut ini adalah pola segitiga yang disusun dari batang korek api.
Banyak batang korek api yang diperlukan untuk membuat pola ke-7 adalah ….
A. 45
B. 63
C. 84
D. 108
Soal nomor 6
Perhatikan gambar berikut!
Banyaknya persegi satuan pada pola yang ke-10 adalah ….
A. 40
B. 30
C. 20
D. 10
Soal nomor 7
Perhatikan gambar persegi berikut!
Selisih antara banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir pada pola ke
delapan adalah ….
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Soal nomor 8
Diketahui barisan bilangan 4, 7, 10, 13, 16, ….
Suku ke-33 adalah ….
A. 99
B. 100
C. 103
D. 105
Soal nomor 9
Diketahui barisan bilangan 6, 11, 16, 21, 26, ….
Suku ke-35 adalah ….
A. 181
B. 176
C. 124
D. 80
Soal nomor 10
Diketahui barisan bilangan 5, 12, 19, 26, 33, ….
Suku ke-34 adalah ….
A. 226
B. 233
C. 236
D. 243
Soal nomor 11
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 9, 3, 1, … adalah ….
Soal nomor 12
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 2, 4, 8,16, … adalah ….
Soal nomor 13
Perhatikan gambar pola berikut!
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 20
B. 100
C. 110
D. 200
Soal nomor 14
Perhatikan gambar berikut!
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 10
B. 21
C. 23
D. 55
Soal nomor 15
Diketahui barisan bilangan 5, 10, 17, 26, ….
Suku ke-10 dari barisan bilangan tersebut adalah ….
A. 97
B. 99
C. 117
D. 122
Soal nomor 16
Dua suku berikutnya dari barisan 3, 4, 6, 9, …adalah ….
A. 13, 18
B. 13, 17
C. 12, 26
D. 12, 15
Soal nomor 17
Diketahui Nilai dari adalah ….
A. 154
B. 82
C. 72
D. 26
Soal nomor 18
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 2, 5, 10, 17 … adalah ….
A. 11 dan 13
B. 25 dan 36
C. 26 dan 37
D. 37 dan 49
Soal nomor 19
Perhatikan pola berikut!
Zaenal menyusun kelereng dalam petak-petak persegi membentuk pola seperti gambar. Banyak kelereng pada pola ke-7 adalah ….
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31
Soal nomor 20
Perhatikan pola susunan bola berikut!
Banyak bola pada pola ke-10 adalah ….
A. 40
B. 45
C. 55
D. 65
Soal nomor 21
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 50, 45, 39, 32, … adalah ….
A. 24, 15
B. 24, 16
C. 25, 17
D. 25, 18
Soal nomor 22
Rumus suku ke-n barisan adalah Un = 2n (n – 1) . Hasil dari U9 – U7 adalah ….
A. 80
B. 70
C. 60
D. 50
Soal nomor 23
Perhatikan gambar pola berikut!
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 99 buah
B. 104 buah
C. 115 buah
D. 120 buah
Soal nomor 24
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 0, 4, 10, 18, … adalah ….
Soal nomor 25
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan daerah yang dibentuk oleh tali busur dalam lingkaran, 1 buah tali busur membentuk 2 daerah, 2 busur membentuk 4 daerah, 3 busur membentuk 6 daerah. Berapa yang dapat dibentuk jika dibuat 25 buah tali busur?
A. 25
B. 35
C. 49
D. 50
Soal nomor 26
Dua suku berikutnya dari pola bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2
B. 5, 0
C. 2, –5
D. 1, – 8
Soal nomor 27
Barisan bilangan yang suku ke-n nya dinyatakan oleh n2 – 2n adalah ….
A. –1, 0, 2, 4, …
B. –1, 0, 3, 8, …
C. –2, –1, 0, 1, …
D. –2, –1, 0, 4, ..
Soal nomor 28
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan adalah
Empat suku pertama barisan bilangan tersebut adalah ….
Soal nomor 29
Gambar di bawah ini menunjukkan pola yang disusun dari batang korek api.
Banyaknya batang korek api pada pola ke-9 adalah …
A. 24 batang
B. 25 batang
C. 28 batang
D. 33 batang
Soal nomor 30
Batang-batang korek api disusun sedemikian sehingga membentuk pola seperti gambar di
bawah ini.
Banyaknya batang korek api pada pola ke-12 adalah ….
A. 20
B. 21
C. 23
D. 25
Soal nomor 31
Banyaknya persegi pada setiap pola pada gambar yang diarsir di bawah menunjukkan barisan bilangan.
Banyaknya persegi pada pola ke-5 adalah ….
A. 17
B. 18
C. 19
D. 20
Soal nomor 32
Diketahui barisan bilangan 2, 5, 9, 14, 20, … suku ke-30 barisan bilangan tersebut adalah …
A. 348
B. 395
C. 485
D. 495
Soal nomor 33
2, 2, 4, 6, 10, 16, …, Tiga bilangan yang harus ditambahkan agar pola bilangan tersebut benar adalah ….
A. 26, 32, 56
B. 26, 40, 66
C. 26, 42, 68
D. 26, 52, 78
Soal nomor 34
Suku pertama dan kelima suatu barisan geometri berturut-turut 5 dan 80. Suku ke-9 barisan tersebut adalah ….
A. 90
B. 405
C. 940
D. 1.280
Soal nomor 35
Suatu barisan geometri suku ke-3 dan ke-5 berturut-turut 18 dan 162. Suku ke-9 barisan tersebut adalah ….
A. 13.122
B. 13.075
C. 12.888
D. 12.122
Soal nomor 36
Seutas tali dipotong menjadi 5 bagian sehingga membentuk deret geometri. Jika panjang potongan tali terpendek 4 cm dan potongan tali terpanjang 324 cm, maka panjang tali semula adalah ….
A. 328 cm
B. 484 cm
C. 648 cm
D. 820 cm
Soal nomor 37
Ayah akan membagikan sejumlah uang kepada lima anaknya. Uang yang akan dibagikan terdiri dari lembaran dua ribuan. Banyak uang yang dibagikan ke masing-masing anak membentuk barisan geometri. Jika dua anak terakhir berturut-turut memperoleh 8 lembar dan 4 lembar, total uang yang dibagikan ayah adalah ….
A. Rp124.000,00
B. Rp144.000,00
C. Rp248.000,00
D. Rp300.000,00
Soal nomor 38
Seutas tali dibagi menjadi enam bagian, sehingga panjang masing-masing bagian membentuk barisan geometri. Jika panjang tali terpendek 5 m dan tali terpanjang 160 m, maka panjang tali mula-mula adalah ….
A. 320 m
B. 315 m
C. 300 m
D. 275 m
Soal nomor 39
Jumlah bilangan kelipatan 3 antara 200 dan 400 adalah ….
A. 19.500
B. 20.100
C. 30.360
D. 40.200
Soal nomor 40
Diketahui suatu barisan aritmatika dengan U2 = 6 dan U7 = 31. Suku ke-40 adalah ….
A. 206
B. 201
C. 200
D. 196
Soal nomor 41
Suku ke-5 dan ke-7 dari barisan aritmatika adalah 23 dan 33. Suku ke-20 dari barisan tersebut adalah ….
A. 93
B. 98
C. 103
D. 108
Soal nomor 42
Dari barisan aritmatika diketahui U3 = 18 dan U7 = 38. Jumlah 24 suku pertama adalah ….
A. 786
B. 1.248
C. 1.572
D. 3.144
Soal nomor 43
Sebuah besi dipotong menjadi 5 bagian, sehingga membentuk barisan aritmatika. Jika panjang besi terpendek 1,2 m dan terpanjang 2,4 m, maka panjang besi sebelum dipotong adalah ….
A. 7,5 m
B. 8,0 m
C. 8,2 m
D. 9,0 m
Soal nomor 44
Di dalam ruang sidang terdapat 15 baris kursi, baris paling depan terdapat 23 kursi, baris berikutnya 2 kursi lebih banyak dari baris di depannya. Jumlah kursi dalam ruangan sidang tersebut adalah ….
A. 385
B. 555
C. 1.110
D. 1.140
Soal nomor 45
Suku ke-2 suatu barisan aritmatika adalah 11. Jika suku ke-5 barisan itu adalah 23 maka suku ke-75 adalah ….
A. 296
B. 303
C. 333
D. 340
Soal nomor 46
Suatu barisan aritmatika dengan U3 = 8 dan U7 = 20. Hasil dari U12 + U18 = ….
A. 88
B. 91
C. 94
D. 98
Soal nomor 47
Suatu bakteri tertentu membelah diri menjadi 2 setiap 12 menit. Jika banyaknya bakteri pada pukul 12.40 berjumlah 25, maka banyaknya bakteri pada pukul 14.04 sebanyak ….
A. 800
B. 1.400
C. 1.600
D. 3.200
Soal nomor 48
Dalam gedung pertunjukkan disusun kursi dengan baris paling depan terdiri 14 buah, baris kedua berisi 16 buah, baris ketiga 18 buah dan seterusnya selalu bertambah 2. Banyaknya kursi pada baris ke-20 adalah ….
A. 54 buah
B. 52 buah
C. 40 buah
D. 38 buah
Soal nomor 49
Diketahui amuba membelah diri menjadi dua setiap 45 menit. Jika mula-mula ada 50 amuba, maka banyak amuba setelah 3 jam adalah ….
A. 400
B. 800
C. 1.600
D. 3.200
Soal nomor 50
Budi sedang menumpuk kursi yang tingginya masing-masing 90 cm. Tinggi tumpukan 2 kursi 96 cm, dan tinggi tumpukan 3 kursi 102 cm. Tinggi tumpukan 10 kursi adalah ….
A. 117 cm
B. 120 cm
C. 144 cm
D. 150 cm
Baca juga :
- Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Bilangan Bulat.
- Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Perbandingan.
- Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Aritmetika Sosial.
0 Response to "Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan"
Post a Comment