Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Amongguru.com. Penyusunan Soal Ujian Nasional 2019 didasarkan pada kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 menggambarkan kedalaman dan keluasan materi serta level kognitif yang diukur.

Di dalam membantu belajar peserta didik mempersiapkan diri menghadapai Ujian Nasional tahun 2019 untuk mata ujian Matematika SMP/MTs, berikut ini adalah Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan.

  • Materi Pola Bilangan

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Indikator soal 1

  1. Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang pola bilangan, barisan dan deret.
  2. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pola bilangan, barisan dan deret serta dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret.
Soal nomor 1

Diketahui barisan bilangan 12, 20, 30, 42, 56, …. Suku ke-22 adalah ….
A. 624
B. 600
C. 575
D. 552

Soal nomor 2

Suku ke-10 dari barisan bilangan : 15, 24, 35, 48, 63, … adalah ….
A. 120
B. 143
C. 168
D. 195

Soal nomor 3

Perhatikan pola berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Pada pola di atas banyak noktah pada pola ke-8 adalah ….
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14

Soal nomor 4

Perhatikan pola pada gambar berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak batang korek api untuk membuat pola ke-20 adalah ….
A. 67
B. 71
C. 75
D. 79

Soal nomor 5

Gambar berikut ini adalah pola segitiga yang disusun dari batang korek api.

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak batang korek api yang diperlukan untuk membuat pola ke-7 adalah ….
A. 45
B. 63
C. 84
D. 108

Soal nomor 6

Perhatikan gambar berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyaknya persegi satuan pada pola yang ke-10 adalah ….
A. 40
B. 30
C. 20
D. 10

Soal nomor 7

Perhatikan gambar persegi berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Selisih antara banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir pada pola ke
delapan adalah ….
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9

Soal nomor 8

Diketahui barisan bilangan 4, 7, 10, 13, 16, ….
Suku ke-33 adalah ….
A. 99
B. 100
C. 103
D. 105

Soal nomor 9

Diketahui barisan bilangan 6, 11, 16, 21, 26, ….
Suku ke-35 adalah ….
A. 181
B. 176
C. 124
D. 80

Soal nomor 10

Diketahui barisan bilangan 5, 12, 19, 26, 33, ….
Suku ke-34 adalah ….
A. 226
B. 233
C. 236
D. 243

Soal nomor 11

Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 9, 3, 1,  dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan… adalah ….

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Soal nomor 12

Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 2, 4, 8,16, … adalah ….

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Soal nomor 13

Perhatikan gambar pola berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 20
B. 100
C. 110
D. 200

Soal nomor 14

Perhatikan gambar berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 10
B. 21
C. 23
D. 55

Soal nomor 15

Diketahui barisan bilangan 5, 10, 17, 26, ….
Suku ke-10 dari barisan bilangan tersebut adalah ….
A. 97
B. 99
C. 117
D. 122

Soal nomor 16

Dua suku berikutnya dari barisan 3, 4, 6, 9, …adalah ….
A. 13, 18
B. 13, 17
C. 12, 26
D. 12, 15

Soal nomor 17

Diketahui  dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan Nilai dari  dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan adalah ….
A. 154
B. 82
C. 72
D. 26

Soal nomor 18

Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 2, 5, 10, 17 … adalah ….
A. 11 dan 13
B. 25 dan 36
C. 26 dan 37
D. 37 dan 49

Soal nomor 19

Perhatikan pola berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Zaenal menyusun kelereng dalam petak-petak persegi membentuk pola seperti gambar. Banyak kelereng pada pola ke-7 adalah ….
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31

Soal nomor 20

Perhatikan pola susunan bola berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak bola pada pola ke-10 adalah ….
A. 40
B. 45
C. 55
D. 65

Soal nomor 21

Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 50, 45, 39, 32, … adalah ….
A. 24, 15
B. 24, 16
C. 25, 17
D. 25, 18

Soal nomor 22

Rumus suku ke-n barisan adalah Un = 2n (n – 1) . Hasil dari U9 – U7 adalah ….
A. 80
B. 70
C. 60
D. 50

Soal nomor 23

Perhatikan gambar pola berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah ….
A. 99 buah
B. 104 buah
C. 115 buah
D. 120 buah

Soal nomor 24

Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 0, 4, 10, 18, … adalah ….

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Soal nomor 25

Perhatikan gambar berikut!

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Gambar di atas menunjukkan daerah yang dibentuk oleh tali busur dalam lingkaran, 1 buah tali busur membentuk 2 daerah, 2 busur membentuk 4 daerah, 3 busur membentuk 6 daerah. Berapa yang dapat dibentuk jika dibuat 25 buah tali busur?
A. 25
B. 35
C. 49
D. 50

Soal nomor 26

Dua suku berikutnya dari pola bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2
B. 5, 0
C. 2, –5
D. 1, – 8

Soal nomor 27

Barisan bilangan yang suku ke-n nya dinyatakan oleh n2 – 2n adalah ….
A. –1, 0, 2, 4, …
B. –1, 0, 3, 8, …
C. –2, –1, 0, 1, …
D. –2, –1, 0, 4, ..

Soal nomor 28

Rumus suku ke-n dari barisan bilangan adalah  dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Empat suku pertama barisan bilangan tersebut adalah ….

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan

Soal nomor 29

Gambar di bawah ini menunjukkan pola yang disusun dari batang korek api.

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyaknya batang korek api pada pola ke-9 adalah …
A. 24 batang
B. 25 batang
C. 28 batang
D. 33 batang

Soal nomor 30

Batang-batang korek api disusun sedemikian sehingga membentuk pola seperti gambar di
bawah ini.

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyaknya batang korek api pada pola ke-12 adalah ….
A. 20
B. 21
C. 23
D. 25

Soal nomor 31

Banyaknya persegi pada setiap pola pada gambar yang diarsir di bawah menunjukkan barisan bilangan.

 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan
Banyaknya persegi pada pola ke-5 adalah ….
A. 17
B. 18
C. 19
D. 20

Soal nomor 32

Diketahui barisan bilangan 2, 5, 9, 14, 20, … suku ke-30 barisan bilangan tersebut adalah …
A. 348
B. 395
C. 485
D. 495

Soal nomor 33

2, 2, 4, 6, 10, 16, …, Tiga bilangan yang harus ditambahkan agar pola bilangan tersebut benar adalah ….
A. 26, 32, 56
B. 26, 40, 66
C. 26, 42, 68
D. 26, 52, 78

Soal nomor 34

Suku pertama dan kelima suatu barisan geometri berturut-turut 5 dan 80. Suku ke-9 barisan tersebut adalah ….
A. 90
B. 405
C. 940
D. 1.280

Soal nomor 35

Suatu barisan geometri suku ke-3 dan ke-5 berturut-turut 18 dan 162. Suku ke-9 barisan tersebut adalah ….
A. 13.122
B. 13.075
C. 12.888
D. 12.122

Soal nomor 36

Seutas tali dipotong menjadi 5 bagian sehingga membentuk deret geometri. Jika panjang potongan tali terpendek 4 cm dan potongan tali terpanjang 324 cm, maka panjang tali semula adalah ….
A. 328 cm
B. 484 cm
C. 648 cm
D. 820 cm

Soal nomor 37

Ayah akan membagikan sejumlah uang kepada lima anaknya. Uang yang akan dibagikan terdiri dari lembaran dua ribuan. Banyak uang yang dibagikan ke masing-masing anak membentuk barisan geometri. Jika dua anak terakhir berturut-turut memperoleh 8 lembar dan 4 lembar, total uang yang dibagikan ayah adalah ….
A. Rp124.000,00
B. Rp144.000,00
C. Rp248.000,00
D. Rp300.000,00

Soal nomor 38

Seutas tali dibagi menjadi enam bagian, sehingga panjang masing-masing bagian membentuk barisan geometri. Jika panjang tali terpendek 5 m dan tali terpanjang 160 m, maka panjang tali mula-mula adalah ….
A. 320 m
B. 315 m
C. 300 m
D. 275 m

Soal nomor 39

Jumlah bilangan kelipatan 3 antara 200 dan 400 adalah ….
A. 19.500
B. 20.100
C. 30.360
D. 40.200

Soal nomor 40

Diketahui suatu barisan aritmatika dengan U2 = 6 dan U7 = 31. Suku ke-40 adalah ….
A. 206
B. 201
C. 200
D. 196

Soal nomor 41

Suku ke-5 dan ke-7 dari barisan aritmatika adalah 23 dan 33. Suku ke-20 dari barisan tersebut adalah ….
A. 93
B. 98
C. 103
D. 108

Soal nomor 42

Dari barisan aritmatika diketahui U3 = 18 dan U7 = 38. Jumlah 24 suku pertama adalah ….
A. 786
B. 1.248
C. 1.572
D. 3.144

Soal nomor 43

Sebuah besi dipotong menjadi 5 bagian, sehingga membentuk barisan aritmatika. Jika panjang besi terpendek 1,2 m dan terpanjang 2,4 m, maka panjang besi sebelum dipotong adalah ….
A. 7,5 m
B. 8,0 m
C. 8,2 m
D. 9,0 m

Soal nomor 44

Di dalam ruang sidang terdapat 15 baris kursi, baris paling depan terdapat 23 kursi, baris berikutnya 2 kursi lebih banyak dari baris di depannya. Jumlah kursi dalam ruangan sidang tersebut adalah ….
A. 385
B. 555
C. 1.110
D. 1.140

Soal nomor 45

Suku ke-2 suatu barisan aritmatika adalah 11. Jika suku ke-5 barisan itu adalah 23 maka suku ke-75 adalah ….
A. 296
B. 303
C. 333
D. 340

Soal nomor 46

Suatu barisan aritmatika dengan U3 = 8 dan U7 = 20. Hasil dari U12 + U18 = ….
A. 88
B. 91
C. 94
D. 98

Soal nomor 47

Suatu bakteri tertentu membelah diri menjadi 2 setiap 12 menit. Jika banyaknya bakteri pada pukul 12.40 berjumlah 25, maka banyaknya bakteri pada pukul 14.04 sebanyak ….
A. 800
B. 1.400
C. 1.600
D. 3.200

Soal nomor 48

Dalam gedung pertunjukkan disusun kursi dengan baris paling depan terdiri 14 buah, baris kedua berisi 16 buah, baris ketiga 18 buah dan seterusnya selalu bertambah 2. Banyaknya kursi pada baris ke-20 adalah ….
A. 54 buah
B. 52 buah
C. 40 buah
D. 38 buah

Soal nomor 49

Diketahui amuba membelah diri menjadi dua setiap 45 menit. Jika mula-mula ada 50 amuba, maka banyak amuba setelah 3 jam adalah ….
A. 400
B. 800
C. 1.600
D. 3.200

Soal nomor 50

Budi sedang menumpuk kursi yang tingginya masing-masing 90 cm. Tinggi tumpukan 2 kursi 96 cm, dan tinggi tumpukan 3 kursi 102 cm. Tinggi tumpukan 10 kursi adalah ….
A. 117 cm
B. 120 cm
C. 144 cm
D. 150 cm

Baca juga :

Demikian Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfat.

0 Response to "Contoh Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP/MTs Materi Pola Bilangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel