Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1
Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1
Amongguru.com. Penyusunan Soal Ujian Nasional 2019 didasarkan pada kisi-kisi yang telah ditetapkan.
Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).
Kisi-kisi Soal Ujian Nasional 2019 menggambarkan kedalaman dan keluasan materi serta level kognitif yang diukur.
Baca Juga
Di dalam membantu belajar peserta didik mempersiapkan diri menghadapai Ujian Nasional tahun 2019, berikut ini adalah prediksi soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1.
-
Materi : benda biotik dan abiotik
-
Indikator : mengidentifikasi benda biotik dan abiotik pada lingkungan tertentu
Perhatikan data berikut ini!
- Rumput
- Kadal
- Ikan gabus
- Katak
- Belalang
- Cicak
- Burung elang
- Tikus
Benda-benda biotik biasa terdapat di kebun jagung yang harus diberantas atau dibuang adalah ….
A. 1 , 5, dan 8
B. 2 , 3, dan 6
C. 3 , 5, dan 7
D. 4 , 5, dan 8
-
Materi : Penggunaan mikroskop
-
Indikator : Menerapkan penggunaan mikroskop
Perhatikan gambar penggunaan mikroskop berikut!
Tujuan langkah yang dilakukan adalah ….
A. memperbesar atau mengecilkan objek yang diamati
B. mengfokuskan bayangan benda yang diamati
C. memperbanyak cahaya yang diperlukan
D. mengeser objek yang akan diamati
-
Materi: Ciri makhluk hidup
-
Indikator : Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Perhatikan gambar kegiatan yang dilakukan makhluk hidup berikut ini!
Ciri makhluk hidup memerlukan makanan dan berkembangbiak secara berurutan ditunjukan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
-
Materi : Sel tumbuhan dan sel hewan
-
Indikator : (1) Menjelaskan fungsi bagian sel; (2) menjelaskan fungsi jaringan pada makhluk hidup.
Perhatikan tabel berikut ini!
Pasangan antara sel, jaringan dan fungsi yang sesuai adalah ….
A. I
B. II
C. III
D. IV
-
Materi : (1) Rantai dan jaring-jaring makanan; (2) Simbiosis
-
Indikator : (1) Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem (jaring-jaring makanan); (2) Menjelaskan contoh simbiosis/hubungan antar mahluk hidup.
Perhatikan Jaring-jaring makanan berikut ini!
Jika pada kedua jaring-jaring makanan tersebut, belalang dibasmi oleh petani maka yang akan terjadi adalah ….
A. katak di kebun akan punah sedangkan di sawah tetap hidup
B. burung pipit dikebun dan ayam di sawah akan punah
C. tikus di keduanya akan mengalami peningkatan.
D. katak dikebun dan di sawah akan punah
-
Materi : Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap makhluk hidup dan lingkungannya
-
Indikator : Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap makhluk hidup dan lingkungannya
Perhatikan grafik berikut ini !
Berdasarkan grafik di atas , penyataan yang terkait dengan pertumbuhan penduduk adalah ….
A. tingkat pencemaran di kota A lebih cepat karena peningkatan pertumbuhan penduduknya dibandingkan dengan kota lainnya
B. tingkat kerusakan di kota C lebih cepat karena peningkatan pertumbuhan penduduknya dibandingkan dengan kota lainnya
C. tingkat pencemaran di kota B lebih cepat karena penurunan pertumbuhan penduduknya dibandingkan dengan kota lainnya
D. tingkat polusi di kota C lebih tinggi karena peningkatan pertumbuhan penduduknya dibandingkan dengan kota lainnya
-
Materi : Usaha pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan
-
Indikator : (1) Menganalisa pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan; (2) Menjelaskan keuntungan dan kelemahan dari usaha yang dilakukan mengatasi pencemaran/kerusakan makhluk hidup/lingkungan.
Nelayan sering menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang lebih banyak dan cepat, akan tetapi dapat menimbulkan kerusakan ekosistem air. Usaha yang dilakukan oleh dinas perikanan dengan membuat terumbu karang baru. Keuntungan dari usaha ini adalah ….
A. meningkatnya keanekaragaman hewan –hewan karang
B. bertambahnya populasi ikan-ikan besar
C. berkurangnya pencemaran di permukaan dasar laut
D. menurunnya populasi ikan-ikan kecil
-
Materi : (1) Kunci determinasi makhluk hidup; (2) Dasar pengelompokan makhluk hidup.
-
Indikator : (1) menerapkan prosedur pengklasifikasian makhluk hidup; (2) pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
Perhatikan kunci determinasi tumbuhan berikut ini!
1. a. Tumbuhan tidak berpembuluh ………………….. Bryophyta
b tumbuhan berpembuluh……………………………. Trachaeophyta
2. a. Belum memilki batang dan daun …………………. lumut hati
b. memiliki rizoid, batang dan daun …………………. lumut daun
3. a. biji tidak ditutupi bakal buah …………………….. Gymnospermae
b. biji tertutupi bakal buah …………………………… Angiospermae
4. a. Memilki bentuk daun seperti jarum …………… Coniferae
b. memilki bentuk daun tidak seperti jarum …….Genetinae
5. a. Berbiji tunggal …………………………………………… Monokotil
b. Berbiji belah ……………………………………………… Dikotil
Kunci determinasi yang sesuai dengan ciri-ciri tanaman mangga (Manggifera indica) adalah ….
A. 1a , 3a , 5a
B. 1a , 3b , 5b
C. 1b , 3a , 5a
D. 1b ,3b , 5b
-
Materi : Otot, tulang, dan persendian
-
Indikator : Mendiskripsikan Sistem gerak pada manusia (persendian)
Perhatikan gambar berikut!
Proses gerak dan sendi yang berperan pada gerakan ini adalah ….
A. otot lengan melakukan adduksi dengan sendi peluru pada bahunya
B. otot lengan melakukan abduksi dengan sendi engsel pada lengan atasnya
C. otot lengan melakukan abduksi dengan sendi engsel pada bahunya
D. otot lengan melakukan adduksi dengan sendi peluru pada sikunya
-
Materi : (1) Gangguan organ pencenaan; (2) Uji makanan
-
Indikator : Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia (ganggauan); (2) Menentukan kandungan zat makanan.
Jika mengalami gejala nyeri, rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, mual dan muntah, maka gangguan pencernaan makanan ini adalah ….
A. tukak lambung disertai dengan luka pada lambung
B. sembelit karena air pada sisa makanan di usus besar berkurang
C. gastritis dan peningkatan asam lambung
D. diare, karena pengaturan air pada sisa makanan terlalu encer
-
Materi : (1) Mekanisme peredaran darah; (2) Karakter organ peredaran darah
-
Indikator : (1) Menentukan mekanisme peredran darah; (2) Menjelaskan organ peredaran darah berdasarkan karakternya.
Perhatikan gambar berikut.
Perbedaan antara pembuluh X dan Y adalah ….
A. X mengalirkan darah yang mengandung karbon dioksida dan Y mengalirkan darah yang mengandung Oksigen
B. X jika terluka darahnya memancar sedangkan Y darahnya menetes
C. X mengalirkan darah dari jantung dan Y mengalirkan darah menuju jantung
D. X denyutnya terasa dan Y tidak terasa
-
Materi : Proses pernafasan dan percobaannya
-
Indikator : (1) Mediskripsikan sistem pernapasan; (2) Menyimpulkan hasil percobaan sistem pernapasan
Perhatikan gambar percobaan pernafasan berikut!
Proses yang terjadi pada pernafasan manusia pada percobaan tersbut adalah …..
A. fase inspirasi ketika karet ini ditarik sebagai selaput diafragma sehingga volume rongga dada meningkat maka balon udara sebagai paru-paru mengembang
B. fase ekspirasi ketika karet ini ditarik sebagai selaput diafragma sehingga volume rongga dada meningkat maka balon udara sebagai paru-paru mengembang
C. fase ekspirasi ketika karet ini ditarik sebagai selaput diafragma sehingga volume rongga dada mengcil maka balon udara sebagai paru-paru mengembang
D. fase inspirasi ketika karet ini ditarik sebagai selaput diafragma sehingga volume rongga dada mengecil maka balon udara sebagai paru-paru mengembang
-
Materi : (1) Proses pada organ ekskresi; (2) Gangguan/penyakit sistem ekskresi
-
Indikator : (1) Menjelaskan sistem ekskresi; (2) Mengidentifikasi gangguan atau penyakit sistem ekskresi
Jika suhu lingkungan dingin maka organ yang mengluarkan sisa metabolisme yang berupa air, garam mineral dan sisa perombakan protein adalah ….
A. kulit
B. ginjal
C. hati
D. paru-paru
-
Materi : Organ reproduksi
-
Indikator : Menjelaskan sistem reproduksi manusia
Perhatikan gambar berikut!
Proses pada organ yang ditunjuk P adalah ….
A. fertilisasi
B. pembentukan sel telur
C. mensturasi
D. pertumbuhan embrio
-
Materi : Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
-
Indikator : (1) Mendiskripsikan jaringan tumbuhan; (2) Menghubungkan keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan; (3) Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
Perhatikan gambar percobaan tanaman pacar air berikut !
Pada percobaan tersebut, larutan eosin naik lebih cepat pada pot A dibanding pot B. Faktor yang mempengaruhi kejadian ini adalah ….
A. daya isap daun
B. tekanan akar
C. kapilaritas batang
D. tekanan air
-
Materi : Fotosintesis
-
Indikator : (1) Menganalisis percobaan fotosintesis; (2) Menentukan faktor yang mempengaruhi pada fotosintesis
Perhatikan percobaan fotosintesis berikut!
Setelah dilakukan percobaan selama 4 menit diperoleh data berikut ini.
Berdasarkan data hasil percobaan ini dapat disimpulkan bahwa ….
A. kecepatan fotosintesis pada tumbuhan dipengaruhi oleh sinar matahari langsung sebagai sumber energi dan karbon dioksida yang terlarut dalam air
B. kecepatan fotosintesis pada tumbuhan dipengaruhi oleh sinar matahari langsung sebagai sumber energi saja
C. kecepatan fotosintesis pada tumbuhan dipengaruhi oleh karbon dioksida yang terlarut dalam air saja
D. kecepatan fotosintesis pada tumbuhan dipengaruhi oleh jumlah klorofil dan karbon dioksida yang terlarut dalam air
Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1
-
Materi : Perkembangbikan dan seleksi alam pada makhluk hidup
-
Indikator : (1) Memahami cara perkembangbiakan pada makhluk hidup; (2) Menjelaskan faktor yang mempengaruhi seleksi alam
Perhatikan gambar cara perkembangbiakan berikut!
Tanaman yang dapat dilakukan cara perkembangbiakan seperti tanaman di atas adalah ….
-
Materi : Persilangan
-
Indikator : Menganalisis hasil persilangan genotip/fenotip
Perhatikan persilangan tanaman ercis berikut!
Perbandingan fenotif hasil persilangan tanaman ercis pada F2, bulat kuning : Bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau adalah ….
A. 9 : 3 : 3 : 1
B. 8 : 4 : 3 : 1
C. 4 : 2 : 1 : 1
D. 1 : 1 : 1 : 1
-
Materi : Bioteknologi untuk peningkatan kulitas pangan/lingkungan dan pelestarian makhluk hidup.
-
Indikator : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi
Di daerah tertentu banyak dihasilkan kedelai, maka dapat sebagai bahan untuk pembuatan tempe, sehingga bisa memenuhi kebutuhan protein masyarakatnya, maka biotehnologi yang digunakan adalah ….
A. melakukan peragian untuk mengubah protein kedelai menjadi protein sederhana oleh Rhizopus oryzae
B. melakukan fermentasi untuk mengubah protein kedelai menjadi protein sederhana oleh Lactobacillus lactis
C. melakukan fermentasi untuk mengubah protein kedelai menjadi protein sederhana oleh Streptococcus lactis
D. melakukan peragian untuk mengubah protein kedelai menjadi protein sederhana oleh Saccharomyces cerviseae
-
Materi : (1) Zat aditif; (2) Zat adiktif dan psikotropika
-
Indikator : (1) Menjelaskan fungsi zat aditif tertentu; (2) Menjelaskan dampak zat adiktif dan psikotropika.
Perhatikan komposisi minuman adalah gula, asam sitrat,sodium siklamat, ekstrak jeruk dan tatrazine. Bahan yang berfungsi sebagai pemanis sintetis dan pewarna adalah ….
A. gula dan ekstrak jeruk
B. asam sitrat dan tatrazine
C. sodium siklamat dan tatrazine
D. asam sitrat dan ekstrak jeruk
Baca juga : Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 2.
Demikian Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
0 Response to "Prediksi Soal Ujian Nasional 2019 IPA Biologi SMP/MTs Paket 1"
Post a Comment