Waspadai Pneumonia, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Waspadai Pneumonia, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Amongguru.com. Pneumonia merupakan penyakit infeksi atau peradangan pada kantung udara (alveolus) paru-paru.

Akibat infeksi tersebut, alveolus akan berisi cairan atau nanah yang menyebabkan penderitanya mengalami demam dan kesulitan bernapas.

Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Tanda-tanda pneumonia beragam, mulai dari gejala paling ringan hingga yang berat, tergantung faktor penyebabnya.

 merupakan penyakit infeksi atau peradangan pada kantung udara  Waspadai Pneumonia, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Pneumonia yang perlu diwaspadai adalalah jika menyerang bayi dan anak-anak, serta orangtua yang berusia di atas 65 tahun. Pneumonia juga dapat menjangkiti pada seseorang yag sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Gejala Pneumonia

Seperti yang sudah dikemukakan bahwa gejala pneumonia bisa dari yang paling ringan hingga gejala terberat, sesuai dengan faktor pemicunya.

Gejala pneumonia yang paling ringan adanya flu, sakit demam, serta batuk pilek yang tidak kunjung sembuh. Gejala lebih lanjut yang dapat terjadi adalah demam, berkeringat, dan menggigil.

Baca juga : Kenali Gejala Campak pada Bayi Penyebab dan Cara Pencegahannya

Selain itu, penderita akan mengalami batuk dengan dahak yang kental, nyeri pada saat bernapas atau ketika sedang batuk.

Gejala lainnya yang dapat dialami oleh penderita pneumonia adalah cepat lelah saat beraktivitas, rasa nyeri otot, mual, dan diare. Penderita pneumonia juga sering merasakan sakit kepala.

Penyebab Pneumonia

Penyebab pneumonia  yang paling sering adalah karena adanya infeksi virus atau bakteri. Virus dan bakteri tersebut dapat berasal dari udara yang kita hirup. Jamur juga dapat menjadi penyebab pneumonia.

Berikut ini penjelasan mengenai ketiga faktor penyebab terjadinya pneumonia tersebut.

1. Virus

Virus penyebab pneumonia merupakan jenis virus yang juga menyebabkan pilek dan flu. Virus penyebab pneumonia biasanya menyerang pada anak di bawah usia dua tahun.

Meskipun gejala dari serangan virus ini tergolong ringan, akan tetapi radang paru-paru yang disebabkan oleh virus influenza tertentu dapat akan menyebabkan sindrom pernafasan akut dan hal ini bisa menjadi masalah yang serius.

2. Bakteri

Ada dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan pneumonia, yaitu Streptococcus pneumonia dan Mycoplasma pneumonia.

Kedua jenis bakteri ini dapat menyerang secara langsung atau oun setelah penderita mengalami flu atau batuk sebagai komplikasinya.

3. Jamur

Jamur penyebab pneumonia biasanya dapat ditemukan di tanah maupun kotoran burung. Jenis pneumonia karena jamur adalah yang paling sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah (penderita HIV).

Pneumonia juga bisa menyerang pada orang yang telah menghirup organisme penyebab dalam jumlah yang besar.

Pencegahan Pneumonia

Pneumonia dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi terhadap bakteri penyebab pneumonia dan vaksin influenza.

Pemberian vaksin ini penting untuk orang yang berisiko tinggi terkena pneumonia, misalnya pada penderita asma dan diabetes.

Upaya pencegahan pneumonia yang lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Rajin menjaga kebersihan tubuh, yaitu dengan mandi dan mencuci tangan selesai beraktivitas menggunakan kedua tangan..
  2. Tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol.
  3. Melakukan olahraga yang teratur.
  4. Istirahat dengan frekuensi waktu yan cukup.
  5. Melakukan diet sehat untuk menjaga daya tahan tubuh

Demikian ulasan mengenai. Pneumonia, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Waspadai Pneumonia, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel