Prinsip dan Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Prinsip dan Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Amongguru.com. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat secara aktif mengonstruk konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan ilmiah.

Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akan melibatkan keterampilan proses, seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan.

Di dalam melaksanakan keterampilan tersebut, bantuan guru diperlukan, baik sebagai fasilitator maupun motivator pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran Saintifik

Tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kemampuan intelektual, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
  2. Membentuk kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematis.
  3. Memperoleh hasil belajar yang tinggi.
  4. Melatih peserta didik dalam mengkomunikasikan ide-ide, khususnya dalam menulis ilmiah.
  5. Mengembangkan karakter peserta didik.

Prinsip-prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Beberapa prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai berikut.

  1. Berpusat pada peserta didik, yaitu kegiatan aktif peserta didik secara fisik dan mental dalam membangun makna atau pemahaman suatu konsep, hukum, dan prinsip.
  2. Membentuk istudent self concept, yaitu membangun konsep berdasarkan pengalaman peserta didik sendiri.
  3. Menghindari verbalisme.
  4. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip.
  5. Mendorong terjadinya peningkatan kecakapan berpikir peserta didik.
  6. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  7. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih kemampuan dalam berkomunikasi.
  8. Memungkinkan adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang dikonstruksi peserta didik dalam struktur kognitifnya.
  9. Melibatkan keterampilan proses sains dalam mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip.
  10. Melibatkan pronsep kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan inetelektual, khususnya keterampian berpikir tingkat tinggi (HOTS, Higher Order Thinking Skills ) peserta didik.

Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Secara umum, pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan melalui sejumlah langkah sebagai berikut.

  1. Melakukan pengamatan terhadap aspek-aspek dari suatu fenomena untuk mengidentifikasi masalah.
  2. Merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang ingin diketahui dan menlar untuk merumuskan hipotesis (jawaban sementara) berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.
  3. Mencoba atau mengumpulkan data informasi dengan berbagai teknik.
  4. Mengasosiasi atau menganalisis data atau informasi untuk menarik simpulan.
  5. Mengkomunikasikan simpulan

Hasil yang diperoleh dari pembelajaran dengan pendekatan saintifik berupa konsep, hukum, atau prinsip yang dibangun oleh peserta didik dengan bantuan dari guru.

Di dalam kondisi tertentu, data yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan tidak mungkin diperoleh secara langsung oleh peserta didik, karena terkadang data tersebut perlu dikumpulkan dalam waktu yang lama.

Guru dapat memberikan data yang dibutuhkan tersebut untuk kemudian dianalisis oleh peserta didik.

Demikian ulasan mengenai Prinsip dan Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Prinsip dan Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel