Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter

Amongguru.com. Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter.

Judul Proposal :

PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI CANDUK 03 KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN  2013/2014.

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Manusia  merupakan  mahkluk  yang  tidak  bisa  berlepas  diri  dari pendidikan, yaitu sebagai pelaku pendidikan itu sendiri (menjadi pendidik atau peserta  didik).  Dengan  kata  lain,  manusia  adalah  makhluk  yang  senantiasa terlibat  dalam  proses  pendidikan,  baik  yang  dilakukan  terhadap  orang  lain maupun  terhadap  dirinya  sendiri.

Inilah  yang menjadi  titik  pembeda  antara  pemberian  akal  dari  Allah  kepada  manusia  dan pemberian akal kepada makhluk lainnya.

Peranan sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting bagi pembangunan suatu bangsa. Bahkan, ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas diyakini sebagai kunci utama keberhasilan pembangunan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki fungsi strategis dalam upaya penciptaan dan peningkatan kualias sumber daya manusia tersebut.

Praktik pendidikan di Indonesia, cenderung berorientasi pada pendidikan berbasis hard skill (keterampilan teknis) yang lebih bersifat mengembangkan kemampuan intelegensi (intelligence quotient), tetapi kurang mengembangkan kemampuan soft skill yang tertuang dalam emotional intelligence (EQ), dan spiritual intelligence (SQ).

Pembelajaran di sekolah lebih menekankan pada perolehan nilai hasil ulangan, hasil tes, atau pun hasil ujian. Banyak guru yang memiliki persepsi bahwa peserta didik yang memiliki kompetensi baik adalah yang memperoleh nilai ulangan atau ujian tinggi.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka sekarang pembelajaran di sekolah harus berbasis pada pengembangan soft skill (interaksi sosial), sebab hal ini sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik.

Pendidikan berkarakter bertujuan untuk mencetak peserta didik yang mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun, dan mampu berinteraksi dengan masyarakat. Pendidikan soft skill bertumpu pada pembinaan mentalitas agar peserta didik dapat menyesuaikan diri dengan realitas kehidupan.

Kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan keterampilan teknis saja, tetapi juga oleh keterampilan mengelola diri dan orang lain.

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan.

Di dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen (stakeholders) harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan etos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah.

Pembinaan karakter merupakan materi yang harus diajarkan dan dikuasai serta direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahannya, pendidikan karakter di sekolah selama ini baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, dan belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pentingnya pendidikan karakter di sekolah, maka evaluasi untuk mengukur kualitas hasil juga harus dilakukan dengan berpijak pada grand design pendidikan karakter itu sendiri. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh peserta didik melalui sistem penilaian yang baik dan tidak bias..

Pendidikan karakter juga dikembangkan dan diintegrasikan  dalam  kurikulum  oleh SD Negeri 03 Canduk Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Dugaan  sementara,  pendidikan  karakter  yang diterapkan SD Negeri 03 Canduk memiliki pengaruh terhadap pembentukan perilaku Islami peserta didik.

Kepala sekolah memberikan  keterangan  bahwa sampai saat ini pengintegrasian  pendidikan  karakter  pada kurikulum  telah dilakukan. Tetapi seberapa besar pengaruh penerapan pendidikan karakter, khususnya terhadap pembentukan perilaku Islami peserta didik belum dapat diketahui secara pasti karena belum adanya evaluasi terhadap hal tersebut.

Pendidikan karakter merupakan usaha untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation) sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya, salah satunya adalah nilai-nilai agama.

Sedangkan pengertian perilaku Islami adalah tingkah laku yang mencerminkan nilai-nilai agama Islam. Sekolah berperan sebagai agen dalam membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran dan pemodelan.

Melalui pendidikan karakter, sekolah harus mampu membawa peserta didik untuk memiliki nilai-nilai karakter mulia, seperti hormat dan peduli dengan orang lain, memiliki disiplin yang tinggi, memiliki tanggung jawab yang besar, dan berintegritas. Tingkah laku Islami mencakup nilai-nilai akhlak mulia tersebut.

Di dalam Alquran, banyak sekali ditemukan pokok-pokok keutamaan karakter atau akhlak yang dapat digunakan untuk membedakan perilaku seorang muslim, seperti perintah berbuat kebaikan (ihsan) dan kebajikan (al-birr), menepati janji (al-fala), sabar, jujur, takut kepada Allah SWT, bersedekah di jalan Allah, berbuat adil, dan pemaaf (QS. Al-Qashash (28): 77; QS. Al-Baqarah (2): 177; QS. Al-Muminun (23): 1–11; QS. Al-Nur (24): 37; QS. Al-Furqan (25): 35–37; QS. Al-Fath (48): 39; dan QS. Ali ‘Imran (3): 134. Ayat-ayat tersebut merupakan ketentuan yang mewajibkan pada setiap muslim melaksanakan nilai karakter mulia dalam berbagai aktivitasnya.

Peneliti menganggap penelitian ini perlu dilakukan untuk membantu pihak sekolah dalam mengevaluasi pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap pembentukan perilaku Islami peserta didik.

Evaluasi dilakukan dalam bentuk pengukuran besarnya pengaruh serta temuan data di lapangan yang dilakukan peneliti melalui observasi dan wawancara dengan sumber penelitian dalam kaitannya dengan variabel yang diteliti.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

  1. Bagaimana penerapan pendidikan karakter yang ada di SD Negeri 03 Canduk kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas?
  2. Bagaimana pengaruh  penerapan  pendidikan  karakter  di  sekolah  terhadap   perilaku Islami peserta didik kelas VI SD Negeri 03 Canduk kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?

C.  Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang ada dalam penelitian, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

  1. Mengetahui penerapan pendidikan karakter yang ada di SD Negeri 03 Canduk kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas.
  2. Mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter  di  sekolah  terhadap   pembentukan perilaku Islami peserta didik kelas VI SD Negeri 03 Canduk kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014.

 D.  Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan muncul dari penelitian ini adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat Teoritis

Secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memantapkan pemahaman teori tentang pengaruh penerapan pendidikan karakter di sekolah terhadap pembentukan perilaku Islami peserta didik Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan kajian pada penelitian lanjutan untuk mengembangkan strategi penerapan pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar, sehingga kualitas perilaku Islami peserta didik dapat ditingkatkan.

  1. Manfaat Praktis

Dari segi praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak berikut.

  1. Bagi guru, hasil penelitian ini dapat djadikan sebagai informasi tentang pengaruh penerapan pendidikan karakter yang dilakukan guru terhadap pembentukan perilaku Islami peserta didik.
  2. Bagi peserta didik, penelitian ini merupakan umpan balik dalam meningkatkan perilaku Islami, baik di sekolah, keluarga, maupun lingkungan masyarakat.

Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan perilaku Islami peserta didik SD Negeri 03 Canduk melalui penerapan pendidikan karakter yang tepat.

Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter dapat Anda unduh di sini.

Baca juga : Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar.

Demikian Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel