Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar

Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar

Judul Proposal :

KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014.

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama  Islam  (PAI) merupakan  program  pembelajaran  yang dipandang  sebagai  suatu  usaha  mengubah  tingkah  laku  siswa  dengan menggunakan  materi agama  Islam.  Tingkah  laku  yang  diharapkan tersebut terjadi  setelah  siswa  mempelajari  pembelajaran  agama.

Bentuk  tingkah  laku  atau hasil belajar yang  diharapkan dalam  pendidikan  agama  Islam  meliputi  tiga  aspek,  yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik.  Aspek kognitif, meliputi  perubahan-perubahan  dalam  segi  penguasaan  pengetahuan dan  perkembangan  keterampilan atau kemampuan  yang  diperlukan  untuk menggunakan  pengetahuan  tersebut.

Aspek  afektif  meliputi perubahan-perubahan  dalam  segi  sikap  mental,  perasaan  dan  kesadaran. Sedangkan aspek psikomotor,  meliputi  perubahan-perubahan  dalam  segi  bentukbentuk  tindakan  motorik.

Ketiga  hasil belajar  atau  perubahan  bentuk  tingkah  laku  tersebut  dapat  diketahui  hasilnya  setelah  dilakukan  evaluasi  yang dilaksanakan  oleh  seorang  guru. Evaluasi  merupakan  salah  satu  rangkaian  dalam  meningkatkan  kualitas  dan produktivitas  lembaga  pendidikan.

Selain itu, dengan  dilakukannya evaluasi  hasil belajar  akan  diketahui  seberapa besar tingkat  keberhasilan yang  dicapai  siswa.  Kemampuan  mengevaluasi sangat penting  artinya  bagi  seorang  guru.

Data  yang  diperoleh  dari hasil  evaluasi,  diolah  untuk menjadi  sebuah  informasi  dan  selanjutnya  informasi  tersebut  memberikan gambaran  yang  tepat  mengenai  keberhasilan  anak  didik.

Keberhasilan  pembelajaran dapat  dilihat  dari  prestasi  belajar yang  dicapai  peserta didik. Informasi mengenai prestasi belajar tersebut diperoleh melalui  kegiatan  evaluasi. Evaluasi  pada  prinsipnya  bertujuan  untuk  meningkatkan  kinerja  lembaga,  dan tujuan  ini  dapat dicapai  apabila ada  tindak  lanjut  dari  kegiatan  evaluasi.

Informasi  inilah  yang  seharusnya  digunakan  guru untuk memperbaiki  proses pembelajaran. Evaluasi  merupakan  komponen  terpadu  dari keseluruhan  proses pendidikan. Selain sebagai  pengontrol,  evaluasi  dapat  memberikan  arah dan  menentukan  upaya  atau  tindakan-tindakan  pendidikan.

Melalui evaluasi akan  diketahui  relevansi  kemajuan  belajar  siswa  dengan  tujuan  atau  standar yang  telah  ditetapkan,  kemajuan  dan  perubahan  tingkah  laku  yang  telah dicapai  oleh  siswa,  kemungkinan  perilaku  yang  akan  datang  dari kelemahan-kelemahan  yang  telah  dilalukan  dalam  kegiatan  pembelajaran.

Di dalam  kegiatan  proses  pcmbelajaran, guru  Pendidikan Agama  lslam  juga  dituntut  untuk  memiliki  kemampuan  melakukan  kegiatan evaluasi  hasil belajar.  Agar  evaluasi  hasil  belajar  pendidikan  agama  Islam  teriaksana  dengan baik, maka  dalam  melakukan  evaluasi, guru  PAI  tidak  cukup  hanya  mengetahui teknik-teknik  evaluasi  dan  melaksanakan  evaluasi,  tetapi  alat  evaluasi yang  digunakan  harus  benar-benar  valid  dan  reliabel.

Valid artinya  soal-soal tes  yang  digunakan  harus  benar-benar  bisa  digunakan  untuk  mengukur  aspek yang  akan  diukur,  sedangkan  reliabel  adalah  soal  tes  itu  memiliki  hasil  yang ajeg  ketika  digunakan untuk mengukur  aspek yang  sama.

Sesuai uraian  di atas  nenunjukkan  bahwa  kemampuan  dalam  mengevaluasi hasil  belajar  merupakan  hal yang  sangat  penting  dan  harus  dimiliki oleh  seseorang  guru  pendidikan  agama  lslam,  termasuk  guru  pendidikan agama  Islam  di  tingkat  Sekolah Dasar.

Di dalam  pengamatan  sementara,  guru-guru  pendidikan  agarna  Islam  di Sekolah Dasar se-kecamatan Lumbir  kurang  berminat  dalam  melakukan  evaluasi  hasil belajar  baik di  awal pembelajaran,  selama  berlangsungnya  proses  pembelajaran  maupun  di akhir pembelajaran.

Pada pembuatan  rencana  penilaian, guru  PAI di  Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir masih belum  sesuai  dengan  pedoman  dan  tuntunan  yang  berlaku, misalnya  untuk pembuatan soal-soal  tes  hasil  belajar,  sebagian  besar  guru  masih menggunakan  soal-soal  yang  ada  di  buku  paket,  sehingga  kualitas  soal  belum jelas,  apakah  soal  tersebut  sudah  valid  dan  reliabel.

Di dalam  menuliskan  butir-butir  soal, guru PAI  masih belum  menggunakan  kisi-kisi  soal,  yang  seharusnya dibuat  terlebih  dahulu  sebelum  menulis  butir  soal.  Begitu  juga  masih rendahnya  kemampuan  guru  PAI  dalam  menganalisis  butir  soal,  sehingga  soal-soal  yang  ada  jarang dianalisis.

Sesuai dengan realita  tersebut,  maka perlu diadakan sebuah penelitian  agar  dapat  diketahui  gambaran  sesungguhnya  tentang  kemampuan guru  dalam  mengevaluasi  hasil  belajar Pendidikan Agama  lslam  di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir.

B.  Rumusan Permasalahan

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

  1. Bagaimanakah pengetahuan guru tentang penguasaan teknik evaluasi hasil belajar PAI di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014?
  2. Bagaimanakah kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar PAI di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014?

C.  Tujuan Penelitian

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  pengetahuan  dan kemampuan  guru dalam mengevaluasi  hasil  belajar Pendidikan  Agama  Islam  di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014,  yang  meliputi hal-hal berikut.

  1. Pengetahuan guru  tentang  penguasaan  teknik  evaluasi  hasil  belajar
  2. Kemampuan guru  dalam  melaksanakan  evaluasi  hasil  belajar

D.  Manfaat Penelitian

  1. Secara teori, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan teoritis dalam hal pengembangan kompetensi pedagodik guru dalam hal kemampuan evaluasi hasil belajar.
  2. Secara praktis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak berikut.
  • Guru : sebagai bahan kajian atau referensi dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang evaluasi hasil belajar, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Dasar.
  • Sekolah : sebagai bahan rujukan bagi sekolah untuk mengadakan pengembangan profesionalisme guru, khususnya yang terkait dengan guru sebagai evaluator.
  • Penulis : sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Strata 1 (S-1) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto.

Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar secara lengkap dapat Anda unduh di sini.

Demikian Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel