Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar
Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar
Judul Proposal :
KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014.
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan program pembelajaran yang dipandang sebagai suatu usaha mengubah tingkah laku siswa dengan menggunakan materi agama Islam. Tingkah laku yang diharapkan tersebut terjadi setelah siswa mempelajari pembelajaran agama.
Bentuk tingkah laku atau hasil belajar yang diharapkan dalam pendidikan agama Islam meliputi tiga aspek, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif, meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan keterampilan atau kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut.
Aspek afektif meliputi perubahan-perubahan dalam segi sikap mental, perasaan dan kesadaran. Sedangkan aspek psikomotor, meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentukbentuk tindakan motorik.
Ketiga hasil belajar atau perubahan bentuk tingkah laku tersebut dapat diketahui hasilnya setelah dilakukan evaluasi yang dilaksanakan oleh seorang guru. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas lembaga pendidikan.
Selain itu, dengan dilakukannya evaluasi hasil belajar akan diketahui seberapa besar tingkat keberhasilan yang dicapai siswa. Kemampuan mengevaluasi sangat penting artinya bagi seorang guru.
Data yang diperoleh dari hasil evaluasi, diolah untuk menjadi sebuah informasi dan selanjutnya informasi tersebut memberikan gambaran yang tepat mengenai keberhasilan anak didik.
Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai peserta didik. Informasi mengenai prestasi belajar tersebut diperoleh melalui kegiatan evaluasi. Evaluasi pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan kinerja lembaga, dan tujuan ini dapat dicapai apabila ada tindak lanjut dari kegiatan evaluasi.
Informasi inilah yang seharusnya digunakan guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Evaluasi merupakan komponen terpadu dari keseluruhan proses pendidikan. Selain sebagai pengontrol, evaluasi dapat memberikan arah dan menentukan upaya atau tindakan-tindakan pendidikan.
Melalui evaluasi akan diketahui relevansi kemajuan belajar siswa dengan tujuan atau standar yang telah ditetapkan, kemajuan dan perubahan tingkah laku yang telah dicapai oleh siswa, kemungkinan perilaku yang akan datang dari kelemahan-kelemahan yang telah dilalukan dalam kegiatan pembelajaran.
Di dalam kegiatan proses pcmbelajaran, guru Pendidikan Agama lslam juga dituntut untuk memiliki kemampuan melakukan kegiatan evaluasi hasil belajar. Agar evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam teriaksana dengan baik, maka dalam melakukan evaluasi, guru PAI tidak cukup hanya mengetahui teknik-teknik evaluasi dan melaksanakan evaluasi, tetapi alat evaluasi yang digunakan harus benar-benar valid dan reliabel.
Valid artinya soal-soal tes yang digunakan harus benar-benar bisa digunakan untuk mengukur aspek yang akan diukur, sedangkan reliabel adalah soal tes itu memiliki hasil yang ajeg ketika digunakan untuk mengukur aspek yang sama.
Sesuai uraian di atas nenunjukkan bahwa kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seseorang guru pendidikan agama lslam, termasuk guru pendidikan agama Islam di tingkat Sekolah Dasar.
Di dalam pengamatan sementara, guru-guru pendidikan agarna Islam di Sekolah Dasar se-kecamatan Lumbir kurang berminat dalam melakukan evaluasi hasil belajar baik di awal pembelajaran, selama berlangsungnya proses pembelajaran maupun di akhir pembelajaran.
Pada pembuatan rencana penilaian, guru PAI di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir masih belum sesuai dengan pedoman dan tuntunan yang berlaku, misalnya untuk pembuatan soal-soal tes hasil belajar, sebagian besar guru masih menggunakan soal-soal yang ada di buku paket, sehingga kualitas soal belum jelas, apakah soal tersebut sudah valid dan reliabel.
Di dalam menuliskan butir-butir soal, guru PAI masih belum menggunakan kisi-kisi soal, yang seharusnya dibuat terlebih dahulu sebelum menulis butir soal. Begitu juga masih rendahnya kemampuan guru PAI dalam menganalisis butir soal, sehingga soal-soal yang ada jarang dianalisis.
Sesuai dengan realita tersebut, maka perlu diadakan sebuah penelitian agar dapat diketahui gambaran sesungguhnya tentang kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar Pendidikan Agama lslam di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir.
B. Rumusan Permasalahan
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
- Bagaimanakah pengetahuan guru tentang penguasaan teknik evaluasi hasil belajar PAI di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014?
- Bagaimanakah kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar PAI di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014?
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar se-Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas tahun 2014, yang meliputi hal-hal berikut.
- Pengetahuan guru tentang penguasaan teknik evaluasi hasil belajar
- Kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar
D. Manfaat Penelitian
- Secara teori, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan teoritis dalam hal pengembangan kompetensi pedagodik guru dalam hal kemampuan evaluasi hasil belajar.
- Secara praktis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak berikut.
- Guru : sebagai bahan kajian atau referensi dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang evaluasi hasil belajar, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Dasar.
- Sekolah : sebagai bahan rujukan bagi sekolah untuk mengadakan pengembangan profesionalisme guru, khususnya yang terkait dengan guru sebagai evaluator.
- Penulis : sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Strata 1 (S-1) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto.
Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar secara lengkap dapat Anda unduh di sini.
0 Response to "Contoh Proposal Skripsi Lengkap PAI SD Evaluasi Hasil Belajar"
Post a Comment