Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Amongguru.com. Hari tanpa bayangan (Vernal Equinox) merupakan sebuah fenomena alam tahunan dimana matahari akan tepat berada di atas ekuator atau khatulistiwa.

Kondisi tersebut menyebabkan pada siang hari ketika terik di atas kepala, akan muncul saat dimana sebuah objek terlihat tanpa bayangan.

Ketika objek terlihat tanpa bayangan, maka pada saat itu Matahari akan mencapai titik puncak atau kulminasi.

Selanjutnya, matahari akan turun perlahan hingga terbenam di titik barat sekitar enam jam kemudian.

Peristiwa Hari Tanpa Bayangan

Dengan adanya fenomena hari tanpa bayangan ini, maka penduduk yang tinggal di wilayah khatulistiwa akan mengalami matahari tepat berada di atas kepala mereka. Hal inilah yang menyebabkan tidak adanya bayangan atau nir bayangan.

Peristiwa ini terjadi karena bumi beredar mengitari matahari pada jarak 150 juta kilometer dengan periode sekitar 365 hari.

Garis edar bumi berbentuk agak lonjong (elips) yang mengakibatkan bumi kadang bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat melalui bidang edarnya yang dinamakan ekliptika.

Bidang ekliptika ini miring sekitar 23,4 derajat terhadap posisi ekuator bumi, sehingga matahari tampak berada di atas belahan bumi utara selama setengah tahun dan berada di atas belahan bumi selatan juga selama setengah tahun.

Perubahan posisi tampak matahari tersebut menyebabkan terjadinya perubahan musim di bumi, misalnya empat musim di daerah subtropis dan dua musim (kering – basah) di wilayah Indonesia.

Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan
Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Ketika matahari tepat berada di ekuator, maka disebut dengan vernal equinox (vernus = musim semi, equus = sama, noct = malam). Pada hari tersebut, durasi siang dan malam di seluruh dunia akan sama.

Baca juga : Fakta Unik dan Menarik Tentang Air Hujan Saat Turun Ke Bumi.

Di daerah ekuator, ketika matahari tepat di atas kepala pada saat hari tanpa bayangan, sebuah tugu yang tegak akan tampak tanpa bayangan.

Fenomena yang sama akan muncul kembali pada saat autumnal equinox (autumn = musim gugur, equus = sama, noct = malam).

Momen hari tanpa bayangan ini akan berlangsung secara singkat, saat matahari tepat di atas kepala atau pada saat siang hari.

Demikian ulasan Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan. Semoga bemanfaat.

0 Response to "Fakta Unik dan Menarik tentang Fenomena Hari Tanpa Bayangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel