Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Amongguru.com. Pemerintah telah membuka cukup banyak lowongan seleksi penerimaan CPNS untuk tahun 2017 ini.

Setelah kemarin pada bulan Agustus dilakukan pendaftaran CPNS Kemenkumham pada tahap I, di bulan September ini pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS tahap II untuk 61 instansi pemerintah.

Baca kembali : Informasi Resmi Lowongan Kerja CPNS Tahap II Tahun 2017.

Tes wawancara merupakan salah satu bentuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam penerimaan CPNS tahun 2017. Peserta ujian yang berhak mengikuti tes wawancara adalah peserta yang telah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sebagai informasi, peserta ujian CPNS dinyatakan berhak untuk ikut pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang, setelah berhasil melewati passing grade.

Untuk mengetahui nilai passing grade kelulusan CPNS 2017 dan bagaimana cara pengukurannya, silahkan Anda baca di sini.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua peserta ujian yang lolos passing grade tes kompetensi dasar dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hanya peserta ujian yang memiliki peringkat tiga besar tes kompetensi dasar pada satu instansi yang berhak untuk ikut Seleksi Kompetensi Bidang.

Melihat animo masyarakat yang begitu besar terhadap informasi penerimaan CPNS tahun 2017, maka dipastikan persaingan untuk memperebutkan kursi CPNS tahun ini sangat ketat.

Para pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri sejak awal, termasuk meng-update berbagai hal yang terkait dengan penerimaan CPNS tahun 2017 ini.

Bagi peserta ujian yang dinyatakan telah lolos Seleksi Kompetensi Dasar dan terpilih dalam peringkat tiga besar, maka harus bersiap untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang.

Di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 disebutkan  bahwa Kompetensi bidang adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri, berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai individu, sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Berdasarkan pengertian kompetensi bidang tersebut, maka seleksi kompetensi bidang lebih difokuskan pada tes tugas jabatan yang dipilih peserta ujian. Salah satu bentuk tes kompetensi bidang tersebut adalah tes wawancara.

Wawancara dapat diartikan sebagai proses tanya jawab secara lisan antara dua orang atau lebih secara langsung.

Ada beberapa tujuan dari wawawancara, antara lain sebagai berikut.

  1. Untuk mendapatkan data atau keterangan dari yang diwawancara (interviewee)
  2. Sebagai pelengkap teknk pengumpulan data lainnya
  3. Untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya

Di dalam tes wawancara seleksi penerimaan CPNS, pewawancara (interviewer) adalah psikolog yang sudah berpenga,alaman di bidangnya.

Perlu diperhatikan bahwa detail gerak gerik pelamar dan jawaban yang diungkapkan oleh pelamar akan selalu dinilai oleh pewawancara. Sikap dan ucapan pelamar saat diwawancarai harus benar-benar dijaga.

Pertanyaan yang diajukan biasanya tertuju pada kepribadian pelamar sehari-hari, bidang pekerjaan yang dilamar, etos kerja, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah (problem solving).

Wawancara merupakan gerbang terakhir sebelum peserta tes CPNS dinyatakan lulus ujian. Sangat disayangkan apabila setelah melalui rangkaian seleksi yang cukup panjang dan berat, peserta ujian tidak lolos dalam tes wawancara.

Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Berikut ini beberapa tips sukses lolos seleksi kompetensi bidang wawancara CPNS 2017 yang dapat Anda praktekkan untuk dapat lulus tes wawancara.

  1. Berusaha untuk tenang dan menguasai diri. Kepanikan, rasa cemas, grogi, hanya akan membuat konsentrasi Anda dalam menjawab pertanyaan menjadi hilang dan jawaban yang Anda berikan tidak maksimal.
  2. Sampaikan jawaban sesuai dengan gaya bicara dan karakter Anda sehari-hari. Ucapan dan bahasa tubuh Anda dalam menjawab pertanyaan  jangan terlalu dibuat-buat, karena tidak mencerminkan karakter pribadi Anda.
  3. Berempati, yaitu berupaya memahami dan menjawab pertanyaan secepat mungkin. Anda dapat menambahkan contoh-contoh atau cara-cara penyelesaian suatu masalah sesuai topik yang ditanyakan.
  4. Berilah jawaban yang logis dan masuk akal. Jangan memberikan jawaban yang sifatnya berandai-andai dan tidak realistis.
  5. Tunjukkan mimik wajah yang ramah. Berusahalah untuk selalu menampilkan senyuman kepada pewanwancara dalam setiap menjawab, meskipun Anda belum bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Contoh pertanyaan yang sering muncul dalam tes wawancara CPSN antara lain sebagai berikut.

  • Apabila Anda diterima bekerja sebagai aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian … / Badan … , maka Anda pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam bekerja. Menurut Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda!

Catatan :

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mendalami karakter pribadi peserta ujian. Anda harus benar-benar jujur dalam menjawab sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya. Interviewer dapat dengan mudah mengetahui tingkat kebenaran Anda dalam menjawab pertanyaan wawancara.

  • Coba Anda ceritakan secara singkat latar belakang pendidikan Anda, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman Anda dalam bekerja!

Catatan :

Pertanyaan ini untuk mengetahui kualifikasi pendidikan Anda dan juga seberapa besar kompetensi sosial yang Anda miliki, sehingga dapat disimpulkan Anda termasuk dalam pribadi yang aktif atau kah pasif di masyarakat.

  • Coba Anda deskripsikan profil Kementerian …./ Badan …. sebagai tempat Anda bekerja nantinya!

Catatan :

Pertanyaan tersebut untuk mengetahui seberapa besar pemahaman Anda terhadap instansi pemerintah yang Anda pilih untuk bekerja nantinya. Anda dapat melihat dan mempelajari profil instansi pemerintah yang Anda tuju melalui web resmi yang disediakan. Pahami juga visi dan misi masing-masing kementerian atau lembaga.

  • Apakah Anda memahami kode etik profesi yang harus Anda laksanakan nantinya sebagai seorang aparatur sipil negara?

Catatan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Anda memahami tanggung jawab terhadap profesi yang akan Anda laknsakana nantinya.

Kode etik masing-masing jabatan berbea-beda, sehingga Anda perlu memahami kode etik profesi yang Anda pilih.

  • Apa motiviasi Anda menjadi Pegawai Negeri Sipil, padahal Anda tahu gaji Pegawai Negeri Sipil tidaklah besar!

Catatan :

Pertanyaan tersebut untuk mengungkap apa sebenarnya tujuan Anda mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Berikan jawaban yang memiliki kesan positif, misalnya untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara.

  • Apakah Anda bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia?

Catatan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Anda menjadi apratur sipil negara. Anda harus menjawab “ya”, untuk pertanyaan tersebut. Hal ini sebagai bukti bahwa Anda benar-benar siap menjadi PNS dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya.

Demikian yang dapat Admin sampaikan terkait Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Semoga informasi tentang tips sukses lolos seleksi kompetensi bidang wawancara CPNS 2017 ini bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang dalam tahap proses melamar lowongan CPNS di tahun 2017.

Sekali lagi, pastikan Anda telah mempersiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya untuk mengikuti setiap tahapan seleksi penerimaan CPNS tahun ini, baik secara fisik maupun mental.

Keberhasilan Anda dalam mengikuti seleksi sampai dengan tes wawancara sangat tergantung pada seberapa besar kesiapan dalam mengikutinya.

Persaingan yang ketat bukan berarti Anda tidak bisa bersaing. Doa dan usaha adalah dua hal yang harus Anda lakukan tanpa henti menghadapi seleksi CPNS tahun 2017 ini. Semoga berhasil …

 

0 Response to "Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel