Download Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017

Download Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017

Amongguru.com. Penilaian hasil belajar dapat diartikan sebagai kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik.

Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, dan penilaian oleh pemerintah.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka setiap satuan pendidikan selain harus melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga wajib melakukan penilaian hasil belajar (dalam hal ini dilaksanakan oleh pendidik).

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan belajar.

Penilaian hasil belajar juga berfungsi sebagai umpan balik dalam melakukan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian tersebut.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Rapor utuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 Penilaian hasil belajar dapat diartikan sebagai kegiatan pengumpulan dan pengolahan infor Download Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017
Kenali Aplikasi e-Rapor untuk Penilaian Hasil Belajar Lebih Akurat

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 (K13) telah diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014.

Komponen penting dalam implementasi Kurikulum 2013 tersebut adalah pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik. Penilaian berbasis proses dan otentik ini bertujuan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai pada peserta didik.

Dibutuhkan sarana yang efektif dan memadai untuk menindaklanjuti dan memanfaatkan proses pembelajaran serta hasil penilaian sesuai harapan dari Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 mengamanatkan adanya upaya perubahan paradigma penilaian yang semula lebih mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning), menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning),

e-Rapor SMP merupakan aplikasi penilaian berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini  cukup diinstal pada satu komputer yang difungsikan sebagai server.

Sedangkan client dalam hal ini adalah admin, guru, wali kelas, peserta didik, dan kepala sekolah dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan, baik internet maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Aplikasi e-Rapor SMP ini dikembangkan dengan merujuk kepada Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Dapodik menyediakan data referensi pokok yang diperlukan oleh e-Rapor SMP, antara lain data sekolah, data siswa, data rombel, data anggota rombel, data guru mata pelajaran dan data pembelajaran.

e-Rapor akan mengambil data referensi dari Dapodik terdebut melalui proses ambil data Dapodik yang  dilakukan oleh admin e-Rapor. Guru mapel, guru BK, dan wali kelas  melakukan input nilai ke aplikasi e-Rapor SMP dan selanjutnya admin akan mengirim data server.

Admin adalah orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses dalam pengoperasian e-Rapor.

Peran admin dalam pengisian e-Rapor sangat penting, karena tugas utama admin adalah mempersiapkan data referensi baik data yang diambil dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, sehingga e-Rapor dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Admin memiliki tugas sebagai berikut.
  • Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
  • Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
  • Mengedit profil sekolah.
  • Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik, kepala sekolah dan orang tua
    siswa.
  • Menyosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
  • Memetakan mata pelajaran
  • Menyesuaikan data muatan lokal
  • Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
  • Menginput interval predikat mata pelajaran.
  • Menginput data tanggal rapor.
  • Mencetak rapor.
  • Mengirim nilai ke dapodik.
  • Melakukan backup dan restore data.
  • Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX
Berikut ini adalah beberapa panduan untuk Anda lebih mengenali aplikasi e-Rapor.
(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)
Aplikasi e-Rapor dapat Anda unduh secara gratis di sini.

Demikian ulasan mengenai Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Download Aplikasi dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel