Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus

Amongguru.com. Diabetes merupakan penyakit kronis (jangka panjang), dimana penderitanya akan mengalami kenaikan kadar gula tinggi. Gula darah atau glukosa dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

Penderita diabetes, tubuhnya tidak mampu memproduksi hormon insulin yang bertugas mengontrol kadar gula darah, karena pankreas sebagai organ penghasil insulin mengalami kerusakan.

Tanpa adanya insulin, maka sel-sel tubuh tidak mampu melakukan metabolisme dengan baik, termasuk tidak mampu menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Gejala paling umum yang terjadi pada penderita diabetes, antara lain mudah lapar dan haus, cepat lelah, mudah mengantuk, sering buang air kecil pada malam hari, turunnya berat badan secara drastis.

Ciri lainnya adalah penglihatan menjadi kabur, penyembuhan luka yang lama, dan sering mengalami mual serta  muntah.

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus

Penderita diabetes memerlukan pengaturan pola makan yang ketat untuk menjaga kadar gula darahnya agar tidak naik secara signifikan. Telur rebus dapat Anda gunakan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus
Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus

Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan telur rebus untuk menjaga kadar gula darah, karena telur rebus terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu yang singkat.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kandungan vitamin, kalsium, protein yang ada di dalam telur akan dapat diserap dengan sempurna di dalam tubuh Anda,.

Dengan demikian mampu membantu metabolisme tubuh termasuk membantu sel-sel tubuh mengubah glukosa menjadi sumber energi.

Baca juga :

Semua nutrisi yang terkandung dalam sebuah kuning telur akan dapat memberikan suntikan energi dalam tubuh dengan baik.

Selain itu mampu memperkuat tulang, yang sering menjadi dampak pengiring dari penyakit diabetes.

Berikut ini cara mengontrol gula darah penderita diabetes menggunakan telur rebus.

  • Ambil sebutir telur masih dengan cangkangnya dan letakkan di dalam cangkir atau mangkuk, kemudian isi cangkir tersebut dengan cuka. Pastikan bahwa telur tersebut tenggelam.
  • Diamkan telur dalam wadah yang sudah diberi cuka tersebut selama sehari, sehingga cuka akan melarutkan cangkang telur tersebut.
  • Setelah satu hari, maka sebagian besar kulit telur akan hancur kecuali membran telur. Selanjutnya pecahkan telur dan campur dengan cuka.
  • Konsumsi telur rebus ini sebanyak satu sendok teh dengan ditemani secangkir air hangat, selama tiga  kali sehari.

Demikian salah satu cara untuk mengontrol gula darah menggunakan yang sederhana, yaitu telur rebus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Telur Rebus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel