Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Maag Ketika Berpuasa Ramadhan

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag ketika Berpuasa Ramadhan_Salah satu ibadah wajib yang dihentikan ditinggalkan bagi kaum muslim ialah puasa di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan ini hanya boleh ditinggalkan bagi mereka yang berhalangan untuk menjalankannya, ibarat perempuan yang sedang haid, orang bau tanah yang sudah tidak bisa lagi untuk berpuasa dan orang yang sedang sakit. Salah satu sakit yang selalu mengancam ketika kita tengah berpuasa ialah sakit maag. Sejatinya, orang yang mempunyai sakit maag dianjurkan untuk makan dengan teratur dan sempurna waktu. Lalu bagaimana dengan puasa yang bahkan tidak diperbolehkan untuk makan dan minum seharian?.

Pada dasarnya, kalau kita mempunyai sakit maag sekalipun, tidak akan menghalangi kita untuk tetap berpuasa, yakni dengan tidak melaksanakan hal-hal yang sanggup memicu kambuhnya sakit maag tersebut. Ada beberapa cara untuk mencegah sekaligus mengatasi sakit maag ketika berpuasa. Silakan simak penjelasannya sebagai berikut.

A. Cara Praktis Mencegah Sakit Maag Saat Berpuasa
Bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, tidak perlu khawatir sakit Anda tersebut akan kambuh ketika berpuasa, alasannya di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit tersebut datang, yakni sebagai berikut:

1. Bersahurlah sekalipun Anda merasa enggan. Karena ada banyak manfaat dari bersahur salah satunya ialah sanggup menurunkan tingkat keasaman cairan isi lambung, dan yang sangat dianjurkan ialah hendaknya Anda mengakhiri makan sahur Anda.

2. Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan tidur sesudah sahur, hendaknya Anda tidak melaksanakan hal ini lagi alasannya akan menjadikan gerak kanal cerna akan meningkat, sehingga lambung akan lebih cepat kosong dan asam lambung akan lebih banyak keluar.

3. Tetap lakukan kegiatan meskipun berpuasa, alasannya dengan Anda beraktivitas, hormon katek olamin akan terangsang untuk keluar. Hormon katek olamin ini mempunyai banyak fungsi salah satunya ialah sanggup membantu mengurangi keluarnya asam lambung dan enzim pencernaan.

4. Sebisa mungkin Anda tidak melaksanakan hal-hal yang sanggup menjadikan stress, alasannya stress sanggup menjadikan sekresi asam lambung menjadi berlebihan sehingga sanggup dengan cepat merusak dinding lambung. Tak hanya itu, stress juga sanggup menipiskan lapisan lender yang melindungi dinding lambung.

5. Segerakan berbuka akan tetapi jangan berlebihan apalagi sampai kekenyangan. Awali berbuka dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu, jangan eksklusif memakan masakan yang sifatnya berat ibarat nasi semoga kondisi lambung yang sebelumnya kosong menjadi stabil dulu.

6. Perhatikan sajian untuk berbuka Anda. Hindari masakan yang sifatnya asam dan pedas. Hindari pula minuman yang berkafein ibarat kopi, tetapi konsumsilah air putih yang cukup.

Beberapa cara mencegah sakit maag yang disebutkan di atas tidak hanya dikhususkan untuk penderita maag, tapi juga berlaku bagi Anda yang tidak menginginkan sakit maag menyerang Anda yang sanggup mengganggu ibadah puasa Anda.
Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag ketika Berpuasa Ramadhan Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag ketika Berpuasa Ramadhan

B. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Maag Saat Berpuasa
Sebenarnya, upaya yang paling manis dalam mengatasi sakit maag ialah kesadaran dari penderita untuk tidak melaksanakan hal-hal yang sanggup memicu terjadinya sakit maag. Tetapi kalau Anda khawatir akan terkena maag tiba-tiba, Anda bisa menyiapkan obat maag untuk antisipasi. Obat maag ini sanggup Anda minum ketika berbuka puasa dan ketika sahur, atau bahkan bisa juga diminum sebelum tidur, diadaptasi dengan kebutuhan. Tetapi ada baiknya juga Anda melaksanakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah cara mencegah sakit maag ketika berpuasa di bulan Ramadhan beserta cara mengatasinya. Semoga sanggup membantu Anda sehingga ibadah Anda tidak mengalami hambatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Maag Ketika Berpuasa Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel