Silabus Qur'an Hadist Mts Kelas Tujuh (7/Vii) Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
Monday, April 22, 2019
Add Comment
Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf
SILABUS PEMBELAJARAN Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist
Kelas : VII (Tujuh) Semester : Ganjil Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
Berikut ialah tautan Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf:
Berikut ialah kutipan dari silabus tersebut:
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
---|---|---|---|---|
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1.1 Meyakini Al-Quran danAl-Hadist sebagai pedomanhidup | Kesadaran pentingnya Al- Alquran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup sehari-hari | Pembiasaan kesadaran pentingnya Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup sehari-hari | - Penilaian diri- Penilaian sejawat | |
2.1 Memiliki sikap mencintaiAl-Quran dan Al-Hadistdalam kehidupan | Pembiasaan menyayangi Al-Quran dan Al-Hadist dalamkehidupan | Pembimbingann Pembiasaan pentingnyamencintai Al-Quran dan Al-Hadistdalamkehidupan | - Observasi- Catatan -Jurnal | |
3.1 Memahami kedu-dukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup umat manusia | Kedudukan dan fungsi Al-Quran sebagai pedoman hidup umat manusiaKedudukan dan fungsi Al- | Mengamati- Mengamati gambar, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hariyang terkait dengan kedudukan dan fungsiAl-Quran dan Al-HadistMenanya | Tugas- Mengumpulkan berita/ artikeltentang pengertian dan fungsi Al- Alquran dan Al- | 2 TM(4 x 40Jam) |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
4.1 Mempraktikkan ca-ra hidup yang sesuai dengan Al Alquran dan Al-Hadist | Hadist sebagai pedomanhidup umat manusia | Dengan dimotivasi oleh guru, pesertadidik mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan kedudukan Al-Quran dan Al-HadistMengexplorasi- Secara berkelompok mencari informasiyang terkait dengan pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi Al-Quran dan Al- Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al- Hadist sebagai pedoman hidup dari banyak sekali sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.Mengasosiasi- Mendiskusikandan merumuskan hasil pencarian informasi perihal pengertianAl-Quran dan Al-Hadist, fungsi Al-Quran,dan Al-Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagaipedoman hidup.- Secara berkelompok melaksanakan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusantentang pengertian Al-Quran dan Al- Hadist, fungsi Al-Quran, dan Al-Hadist, dan kedudukan Al-Quran dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup.- Menyusun kesimpulan pengertian dan fungsi Al-Hadist dengan bimbingan guru.Mengkomunikasikan | HadistObservasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dankedalaman informasi yg diperoleh Keaktifan dalamdiskusi Kejelasan dankerapian hasil kerjaPortopolio- Membuat paparan/peta konsep perihal pengertianAl-Quran dan Al- Hadist, fungsi Al- Quran, dan Al- Hadist, dan kedudukan Al- Alquran dan Al- Hadist sebagaipedoman hidup | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
- Menyajikan paparan hasil pencarianinformasi perihal pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi, kedudukan Al- Quran, dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia.- Memberikan jawaban papararan dari hasil pencarian informasi perihal pengertian Al-Quran dan Al-Hadist, fungsi, kedudukan Al-Quran, dan Al- Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia.. | Tes- Tes tulis- Tes lisan | |||
1.2 Meyakini isi kandunganhadist perihal kepercayaan danhadist perihal ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas | Kesadaran pentingnya isikandungan hadist tentangiman dan hadist perihal ibadah yang diterima Allah SWT ialah yang dilakukan dengan ikhlas | Pembiasaan kesadaran pentingnya isikandungan hadist perihal kepercayaan dan hadisttentang ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas | - Penilaian diri- Penilaian sejawat | |
2.2 Terbiasa beribadah danberdoa sebagaiimplementasi dari pemahaman perihal kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dalam kehidupan sehari- hari | Cara beribadah sebagaiimplementasi dari isi tentangisi kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT | Pembimbingan Pembiasaan beribadahsebagai implementasi dari pemahamantentang isi kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT | - Observasi- Catatan -Jurnal | |
3.2. Memahami isi kan-dunganQ.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)tentang | Ayat-ayat Al-Quran Tentangtauhid (QS. al Fatihah, Q.S. an-Nas, Q.S. al-Falaq, Q.S. al-Ikhlas. | Mengamati- Mengamati gambar foto atau tayangan vedio perihal sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1), Q.S. | Tugas- Membuat peta konsep hasildiskusi | 3 TM(6 x 40Jam) |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
tauhid dalam konsep Islam4.2 Menunjukkan pola sikap orang yang mempunyai tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112). | Annas (114), Q.S. al-Falaq (113) dan Q.S.al-Ikhlas (112)- Menyimak bacaan secara tartil dariQ.S.al-Fatihah (1), Q.S. an-Nas (114), Q.S. al- Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)Menanya- Dengan dimotivasi oleh guru, penerima didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan perihal hal-hal yang terkait dengan tayangan yang telah dicermatinya.Mengeksplorasi- Secara kelompok menggali informasitentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari banyak sekali sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak- Menyimak macam-macam bacaan secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari banyak sekali rekaman bacaan.Mengasosiasi- Diskusi perihal tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)- Merumuskan hasil penggalian informasi | Observasi- Mengamatipelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dankedalaman informasi yang diperoleh Keaktifan dalamdiskusi Kejelasan dankerapian hasil kerjaPortopolio- Membuat paparan perihal isi kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al- Ikhlas (112)Tes- Tes tulis- Tes Lisan | ||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
tentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1),an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas(112)- Menyusun kesimpulan isi kandungan ayat dengan bimbingan guru.Mengkomunikasikan- Memaparkan hasil diskusi isi kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112)- Menanggapi paparan isi kandungan Q.S.Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112)- Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) | ||||
1.3 Menghayati kandunganQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) perihal keesaan Allah SWT | Kesadaran pentingnyaMeyakini isi kandunganhadist perihal kepercayaan dan hadist perihal ibadah yang diterima Allah SWT ialah yang dilakukan dengan ikhlas. | Pembiasaan kesadaran pentingnya Meyakiniisi kandungan hadist perihal kepercayaan dan hadisttentang ibadah yang diterima Allah SWTadalah yang dilakukan dengan ikhlas. | - Penilaian diri- Penilaian sejawat | |
2.3 Terbiasa beribadah sebagaiimplementasi daripemahaman perihal kandungan hadist mengenai ibadah yang diterima Allah SWT | Pembiasaan beribadah sebagai implementasi dari pemahamantentang kandungan hadist mengenaiibadah yang diterima Allah SWT | Pembimbingan Pembiasaan pentingnyaberibadah sebagai implementasi dari pemahaman perihal kandungan hadist mengenaiibadah yang diterima Allah SWT | - Observasi- Catatan -Jurnal | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
3.3.Memahami keter-kaitan isikandungan hadist perihal kepercayaan riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majahةفرعنمايملإا( ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلبا)dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattabنلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤتdan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah اهلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقdan hadist perihal ibadah yang diterima Allah SWT hadist riwayat Al-Bazzar dari Ad Dahak:رشأنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعمك | Hadis perihal Iman- Hadistةفرعنمايملإا ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلبا- Hadistنلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤت- Hadistلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقاه- Hadist أنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعمكرش للمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")....ه- Hadistدروهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم( | Mengamati- Mengamati gambar atau tayangan atau cerita perihal orang Islam yang memilikiketeguhan kepercayaan dan berzakat sesuai dengan isi hadist perihal kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT SWT .- Menyimak bacaan hadist-hadist tentangiman dari teman atau guruMenanya- Dengan dimotivasi oleh guru, pesertadidik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan kekerabatan kepercayaan dan amalan yang diterima Allah SWT.- Secara berpasangan siswa bertanya tentaniman dan amalan yang diterimaMengeksplorasi- Mencari arti perkata dari hadist perihal kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT.- Secara kelompok menggali informasi perihal isi kandungan hadist perihal kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT, dari banyak sekali sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak- Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadist perihal kepercayaan dan amal yang | Tugas- Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadist- hadist pada materi.Observasi- Mengamati pelaksanaan diskusi/kerja kelompok dengan memakai lembar observasi yang memuat: Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh Keaktifan dalam diskusi Kejelasan dan kerapian paparanhasil kerja. | 3 TM(6 x 40Jam) |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
.هللمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")...dan hadist riwayat Muslim dari Aisyah)دروهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم(dalam fenomena kehidupan dan akibatnya4.3. Menunjukkancontoh sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadist perihal kepercayaan riwayat Ali bin Abi Thalib dariIbnu Majah:ةفرعنمايملإا()ناكرلأابلمعوناسللابلوقوبلقلباdan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:نلأاقنايملإانعىنبرخأفلاق() ... للهابنمؤتdan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah: | )Terjemah hadist perihal kepercayaan amal yang diterima Allah SWT.Isi kandungan hadisttentang kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT. | diterima Allah SWT. Mencari caramenulis yang benar, hadis perihal kepercayaan dan dan amal yang diterima Allah SWT.- Menggali informasi perihal kondisi keimanan dan pelaksanaan cara beribadahyang ada di masyarakatMengasosiasi- Menghafal hadist perihal kepercayaan dan danamal yang diterima Allah SWT.- Menulis dan menterjemah hadis tentangiman dan amal yang diterima Allah SWT .- Melakukan diskusi perihal isi kandunganhadist perihal kepercayaan dan dan amal yang diterima Allah SWT.- Mengidentifikasi perbuatan yang sesuai dengan kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT.- Menyusun kesimpulan isi kandungan hadis perihal kepercayaan dan dan amal yangditerima Allah SWT. dengan bimbinganguru.Mengkomunikasikan- Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan isi kandungan hadisttentang kepercayaan dan dan amal yang diterimaAllah SWT.- Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan isi kandungan hadist perihal kepercayaan dan amal yang diterima | Portofolio- Membuat paparan perihal isi kandungan hadist- hadist perihal kepercayaan dan ibadah yang diterima Allah SWT.Tes- Tes tulis- Tes lisan. | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
هلضفأفةبعشنوعبسوعضبنايملإا()... اللهلاإلهالالوقاdan hadist perihal ibadah yang diterima Allah SWT riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahlaq:رشأنمفكيرشيرخناأىلاعتهلللااق( يكيرشللوهفاكيرشيعم ك.هللمكلامعأاوصلخاسانلااهيأ")...dan hadist riwayat Muslim dari Aisyah روهفنارمأهيلعسيللامعلمعنم()د | Allah SWT.- Menyajikan pola perbuatan yang sesuai dengan kepercayaan dan amal yang diterima Allah SWT. |
Demikian goresan pena perihal
Download Silabus Qur'an Hadist MTs Kelas Tujuh (7/VII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 pdf
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!SUMBER: SISTEM INFORMASI KURIKULUM MADRASAH KEMENAG RI
0 Response to "Silabus Qur'an Hadist Mts Kelas Tujuh (7/Vii) Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2"
Post a Comment