Download Soal Siap Uas 1 Bahasa Indonesia Kelas 9 Smp/Mts

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester  Download Soal Siap UAS 1 Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 (Sembilan/IX) pdf



Contoh soal siap ujian final semester (UAS) I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs kali ini disajikan dengan harapan sanggup menjadi media berguru bagi para penerima didik kelas 9 SMP/MTs dalam menghadapi ujian final semester I (UAS) yang akan diadakan sekitar awal bulan Desember setiap tahunnya.

Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini bersifat terbuka. Artinya, ia diperbolehkan untuk didownload dan dipakai selama hanya untuk kepentingan edukatif saja.

Dengan demikian, penggunaan Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia untuk kepentingan selain kepentingan edukatif, apalagi untuk kepentingan komersial sangatlah dilarang.

Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini mengacu pada kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bagi yang telah menerapkan Kurikulum 2013, pola soal ini diperlukan sanggup menjadi materi berguru dan pengayaan. Karena persinggunan materi antara kedua kurikulum tersebut tentu saja masih sangat erat.

Berikut yaitu tautan Download Soal Siap Ujian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia pdf:



Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 (Sembilan/IX):

PETUNJUK KHUSUS

Hitamkanlah bulatan pada abjad A, B, C, atau D yang Anda anggap benar pads lembar jawabanl
Perhatlkan kutipan obrolan interaktif berikUt untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Yoga Bagaimana sajian rut Bapak penanganan terhadap korban vaksin palsu ini?
Alan Menurut saya, penanganannya masih sangat kurang optimal. Pemerintah seakan menganggap ini sebagai problem yang tidak terlalu serius. ini terlihat dari penanganan yang masih sangat lamban.
oga Ada informasi bahwa bayi yang diduga terkena vaksin palsu bisa melaksanakan vaksinasi ulang, apakah cara ini sempurna berdasarkan Anda?
Alan Menurut saya cara tersebut sangat tidak efektif dan memerlukan waktu yang cukup panjang.
Masa!ahnya pihak dari rumah sakit nanti harus melaksanakan pendataan ulang terhadap bayi-bayi yang diduga terkena vaksin palsu dan ini prosesnya tidaklah cepat. Jadi, berdasarkan saya pemerintah dalam hal ini menteri kesehatan secepatnya harus membuat metode yang sekiranya bisa diap!ikasikan untuk bayi-bayi entah itu yang diduga terkena atau mungkin niscaya terkena vaksin palsu ini, jadi dampak buruknya bisa dirninima!isasi.

1. Terna kutipan obrolan interaktif tersebut yaitu ....
A. dampak jelek korban vaksin palsu C. penanganan terhadap koroan vaksin palsu
B. pendataan jumlah korban vaksin palsu D. upaya rumah sakit menangani korban vaksin palsu

2. lsi kutipan obrolan interaktif tersebut yaitu ...
A. Pemerintah masih kurarig optimal dalam menangani para korban vaksin palsu.
B. Vaksinasi ulang akan segera dilakukan pemerintah untuk menanqani korban vaksin palsu.
C. Pemerintah, dalam hal ini menteri kesehatan membuat metode untuk bayi yang terkena vaksin palsu.
D. Sejumlah rumah sakit berupaya menangani korban vaksin palsu dengan cara melaksanakan vaksinasi ulang.

Perhatikan kutipan obrolan interaktif berlkut!

2 • UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

Penyiar : Pak Jamal, sebaqai pakar psikologi, baqairnana Pak Jamal menyikapi permasalahan kenakalan pandai balig cukup akal yang .tergabungdalam geng motor yang meresahkan itu?
'Narasumber : Masa pandai balig cukup akal memang masa pencarian jati diri. Setiap pandai balig cukup akal • merasa ingin diakui di
lingkungan pergaulannya. Jika lingkungan ltu.balk' maka pandai balig cukup akal akan ikut menjadi baik. Jika
. lingkungan itu jelek maka pandai balig cukup akal pun akan menjadi buruk. Geng motor yaitu salah satu
. , lingkungan jelek yang telah menimbulkan pandai balig cukup akal berterirna di kalanqan mereka. Penyiar : Mengapa pandai balig cukup akal bisa tergelincir ke lingkungan jelek tadi? . •
Narasumber : Faktor pendidikan keluarga yang tidak mendukunq. Orang renta tidak menawarkan perhatian
.. yang lebih kepada anak-anak. Oranq renta hanya mernberi tetapi tidak mendidik dengan baik.
3. Komentar yang sesuai dengan pendapat narasumber pada kutipan obrolan interaktif tersebut yaitu ...
A. Geng• motor merupakan wadah bagi pandai balig cukup akal untuk menyalurkan hobi bersepeda motor.
R . Pemerintah perlu menawarkan perhatian kepada pandai balig cukup akal biar tidak ada kenakalan remaja.
C. Para orang renta seharusnya menawarkan perhatian penuh terhadap tumbuh kembang remaja.
D. Adanya geng motor tidak perlu membuat gundah lantaran itu merupakan ajarig berkumpulnya remaja. Perhatikan ilustrasi berikut!
• Temanmu menulis sebuah cerpen dengan judul "Aki bat Bangun Kesiangan". Kamu diminta untuk menil=+
cerpe11 yang dibentuk oleh temanmu. . • .)
4. Kalimat kritikan yang sempurna terhadap cerpen tersebut yaitu ...
A. Judul cerpen itu tidak berkualitas lantaran jalan ceritanya gampang ditebak.
B. Cerpen itu tentu banyak yang tidak suka lantaran jalan ceritanya kurang menarik.
C. Carpen itu akan lebih menarik apabila konflik dalam dongeng itu lebih dipertajam laqi.
D. Sebaiknya membuatcerpen dengan inspirasi dongeng yang lain biar banyak pembaca yang suka. Perhatikan ilustrasl berikut!

Temanmu menulis sebuah cerpen dengan.judul "Aki bat Bangun Kesiangan". Kamu diminta untuk menilai cerpen yang dibuatoleh temanmu. • •
•. 5. Kalimat kebanggaan yang sempurna terhadap pementasan drama tersebut yaitu .. :
A Bagus sekali pementasan drama itu, para pemainnya sanqat menghayati tugas masing-masing. B. Pemen.tasandrama itu menarik sekali, apalagi didukung oleh para pemain yang begitu cantik.
C. Sudah sewajarnya pementasan drama itu bagus lantaran pementasannya didukung dengan dana yang
besar.
D. • Sungguh bagus pementasan drarnanya, para pemainnnya niscaya sudah latihan berkali-kali sebelum . pementasan.

Perhatikan kutipan laporan berikut!

(1) Untuk mencegah hal-hal tersebut, AKBP Sukendar Eka Restyan Putra memerintah anqqotanya di seluruhf polsek untuk turun ke sekolah, Sekolah Menengah Pertama dan SMNsederajat. •
(2) Bullying sering dilakukan para senior kepada ingusan yang gres bergabung di sekolah .. (3) MasaOrientasi Siswa (MOS) menjadi salah satu acara prasekolah.
(4) Selain sebagai pemantau, para anqqota kepolisian itu menjadi narasumber.
(5) Biasanya,pada masa kini ajang tersebut kerap terjadi pelecehan, penghinaan, atau penganiayaan.
6. Kalimat-kalimattersebut akan menjadi laporan yang sistematis apabila di susun dengan urutan ....
A. 2, 1, 4, 3, 5 C. 3, 2, 5, 1, 4
B. 2, 4, 3, 5, 1 D. 3, 5, 2, 1, 4
Perhatikan kutipan iklan berikut!
ftT Diskon besar-besaran semua kebutuhan. (2) Ahli servis segala brand HP dan kornputer'
(3) Pusat IT Gadget terbesar dan terlengkap. _
(4) .. KLinjungi"Pusat Kulakan", Pasar lnduk, Jin. A. YaniWonosobo. (5) Buka setiap hari mulai 09.'00-17 .30 WIB.

7. Kalimat fakta dalam kutipan iklan tersebut ditandai denqan nomor ....

Perhatikan kutipan lklan berikut!

(1) Promo Liburan Desa Bahasa Borobudur. (2) English Conversation hanya 6 hari.
(3) Dijamin eksklusif bisa bicaradan berpidato.
(4) Biayaterjanqkau, hanya 1 juta.

3 . UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W
(5) Pendaftaranlewat email: desabahasa@gmail.com.
8. Kali mat opini pada iklan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1 dan 2 C. 1 dan 3
B. 3 dan 4 D. 3 dan 5

Perhatikan kutipan indeks berikut!

pemilihan topik, 109-112 penalaran, 48-56 pencatatan data, 173-177 ' pendahuluan, 235, 239-241, 295 pendekatan, 126-127

9. lnformasi mengenai pencatatan data dalamkutipan daftar indeks tersebut sanggup dibaca pada halaman ...._ A. 48 dan 56
B. 48 sampai'dengail 56
•c. 173dan 177
D. 173 hingga dengan 177,

Perhatikan kutipan indeks berlkut!

adegan, 55, 56 alur,42, 43, 132, 136
analisis, 16, 107, 110, 120, 136, 137, 138 aplikasi, 21, 96, 97, 99
aplikasi internet, 96, 97 argumen, 97, 98, 100, 103, 11 O
1 o. Pernyataanyang sempurna sesuai dengan daftar indeks tersebut yaitu • : .
A lnformasi mengenai adegan sanggup ditemukan pada halaman 21, 96, dan 99.
B. lnformasi mengenai alur sanggup ditemukan pada halarnan 42, 43, 132, dan 136.
C. lnformasi mengenai argumen sanggup diternukan pada halaman 21 dan 96 sarnpai 99. D. lntorrnasi mengenai aplikasi sanggup ditemukan pada halaman 42, 43, 132 hingga 136.
Perhatikan kutipan daftar indeks berikut! (1) • Hibrida, 110, 111
(2) Konservasi,8, .133
(3) Pestisida, 11 O (4) Konseptual, 10 (5) Sianida, 136
(6) Polutan, 139 (7) Eksistensi, 54

11. Urutan indeks yang benar berdasarkan daftar indeks tersebut yaitu ....
A. 7, 1, 2, 4, 6, 3, 5 •C. 1, 2, 4, 6, 3, 5, 7
B. 7, 1,4,2,3,6,5 D. 1, 7,4,2,6,3,5

Perhatikan iklan berikut!
Dijual tanpa mediator sebuah rumah, kemudahan lengkap, SHM, LT/LB300/240, PLN 1200, lokasi strategis, ... hubungi Karyo085345543111pukul 08.00 s.d. 16.00WIB. •
12.. Kata yang sesuai untuk melengkapi iklan •yang rumpang tersebut yaitu ....
A. kondisi bagus
B. ada garasi
C. harga 400 jt(nego) D. akrab jalan raya •

Perhatikan ilustrasi berikut!

Sebuah forum pendidikan membutuhkan 2 orang guru bahasa lnggris dan 1 orang guru matematika, Persyaratanpria atau wanita, usia 24-35 tahun, lulusan S1 keguruan. Pengalaman mengajar minimal 2 tahun. Bagi yang berrninat bawa lamaran eksklusif ke Global Studi, Jalan Delima Raya No. 22-23 Semarang.

13. lklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu ...
A. Dbthkn 2 gr b.lnggris dan 1 mtk, syrt: P/W, usia 24-35 th, S1 kequruan, pnglmn rnin.z th. Dtg lgsg ke
Global Studi, JI. Delima Raya 22-23 Smg. •
B. Dbthkn 2 gr b. lnggris dan mtk, syrt: P/W, usia miri.24, maks.35, S1, pnglmn 2th. Bw Imm ke Global
Studi, Jalan Delima Raya No. 22-23 Smg.
C. Dbthkn 2 gr b. lnggris dan 1 mtk, syrt: P/W, usia 24-35 th, min. S1 kequruan, penglmn 2th. Hubungi
• Global Studi, JI. Delima Raya 22-23 Smq,
D. Dbthkn 2 gr b. lnggris dan 1 mtk, syrt: P/W, usia 24-35 th, min. S 1 keguruan, penglmn 2th. Krm lam. ke
Global Studi, JI. Delima Raya 22-23 Smg. - Perhatikan iklan baris berikut!
JI. Obt btk hrbl dim btl 100 ml, hrga 25 rb/btl. Djmn cpt smbh. Hub. Andrian, Hp 08883542116

• 14. llustrasi yang sesuai dengan iklan baris tersebut yaitu ...
A. Andrian menjual. obat batuk herbal dalam kemasan botol isi 100 ml, Harga obat tersebut adalah
25 ribu, Beli 2 gratis 1. Bagi yang berminat sanggup menghubungi Andrian, Hp 08883542116.
B. Andrian menjual obat batuk herbal dalam kemasan botol isi 100 ml. Harga obat tersebut adalah
25 ribu. Dijaminbatuk cepat sembuh. Bagiyang berminatdapat menghubungi Andrian, Hp 08883542116. C. Andrian menjual obat batuk da!am kemasan botol isi 100 ml. Harga obat tersebut yaitu 25 ribu. Tidak
sembuh dijamin uang kembali. Bagi yang berminat sanggup menghubungi Andrian, Hp 08883542116.
D. Andrian menjual obat batuk dalam kemasan botol isi 100 ml. Harga obat tersebut yaitu 25 ribu, bisa ditawar.Dijaminbatuk cepat sembuh. Bagiyang berminatdapat menghubungiAndrian, Hp 08883542116.

Perhatikan kutipan resensi berikut!

Oalambuku ini antara satu insiden dengan insiden lainnya terdapat keterkaitan sehingga bisa menarik pembaca. Dilihat dari isinya juga sangat unik dan menarik sehingga layak untuk dibaca. Bahasa yang dipakai pengarang sederllana, akan tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga rnudah dipahami. Hanya saja, kebiasaan pengarang memakai beberapa kosakata Belanda membuat pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

15. Kekurangan buku dalam kutipan resensitersebut yaitu ...
A. Buku tersebut tidak disusun secara runtut.
B. Bukutersebut memakai bahasa yang sederhana.
C. Buku tersebut banyak menggunakari kosa kata Belanda.
D .. Buku tersebut menuliskan peristiwayang tidak saling berkaitan. Perhatlkan kutipan resensi berikut!
Dilihat dari penyampaian alur dongeng dan gaya bahasa, novel "Sang Pemimpi"ditulis dengan sangat baik.. Jika
ditinjau dari unsur intrinsiknya bisa dikatakan novel ini tanpa celah. Peristiwa dalam buku ini sanggup menggambarkan karakteristik dan juga deskripsi yang sangat berpengaruh pada setiap karakter yang ada. Bahasa yang dipakai dalam buku ini pun sangat menarik, dengan dibumbui ragam kekayaan bahasa dan imajinasi yang sangat luas.

16. Keunggulan buku dalam kutipan resensitersebut yaitu ...
A. • Bahasa yang diqunakan kaya akan imajinasi.
8. Alur dongeng ditulis menarik meskipun berbelit-belit. .
C. Peristiwadalam novel ini menggambarkan kehidupan penulisnya.
D. lmajinasi yang luas menimbulkan novel ini kurang mempunyai karakteristik.

Perhatikan kutipan ldentltas buku berikut!
. .- .
Judul Buku
Editor Penerbit Tebal Keunggulan

Kelemahan

: Dahsyatnya Hypnoparenting
: Yoan Destarina •
: Penebar Plus+
: iv+ 116Halaman
: Kalimat-kalimat sugestiLdalam buku ini sangat bermacam-macam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri yang rnemanq berhasil membentuk sikap anaknya.
: ada ban yak istilah dalam bahasa absurd yang umurnnya sukar dipahami oleh para orang tua.

17. Paraqraf resensi yang sempurna berdasarkan data buku tersebut yaitu ...
A. Buku berjudul Dahsyatnya Hypnoparenting sangat cocok ditujukan untuk para orang renta dan remaaja.
Kalimat-kalimat dalam buku ini terlalu suqestlf dan beragam. Buku ini banyak memakai istilah absurd sehingga sukar dipahami oleh orang tua. .
B. Buku berjudul Dahs,yatnya Hypnoparenting sangat cocok ditujukan untuk para orang renta dan remaja.
Kalimat-kaiirnat dalam buku ini gampang dipahamidan beragamSayangnya, buku ini banyak menggunakan
istilah absurd sehingga sukar dipahami oleh orang tua. •
C. Buku berjudul Dahsyatnya Hypnoparenting sangat eocok ditujukan untuk para orang tua, Kalimat-
kalirnat dalam buku ini sugestif, bermacam-macam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri. Bahasa yang dipakai kornunikatif Hanya saja terlalu banyak desain qarnbar animasi. .
D. Buku berjudul Dahsyatnya Hypnoparenting sangat cocok ditujukan untuk para orang tua, Kalimat- kalimatnya sugestif, bermacam-macam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri dan berhasil membentuk sikap anaknya. Hanya saja buku ini banyak istilah absurd ya.ng sulit dipahamL.
• Perhatikan kutipan resensi berikut!'

(1) Mulai dari cara menentukan dan rnembeli, mengenal variasi warna; corak bulu, cara merawat, serta mernperslapkan kucing ke area kontes:
(2) Meskipun ukuran abjad yang dipakai terlalu kecil, buku ini tetap layak untuk dibaca.
(3) Buku berjudul Merawat Kucing Persia ini mengupas seluk beluk memelihara kucing persia.
(4) Selain itu, di dalam buku disaji an gambar jenis-jenis kucing yang.dapat menarik pembaca.

18. Urutan paragraf resensi yang sempurna yaitu .... , A. 3, 2, 1, 4
B. 3, 1, 4, 2
c. •3, 4, 1, 2
D. 3, 2, 4, 1

Perhatikan kutlpan resensi berikut!

Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 buah cerita, Cerpen tersebut mengisahkan perihal kesaksian perihal revolusi kernerdekaan, Perlu diketahui bahwa tidak banyak karya sastra rnenarnpilkan kisah-kisah di revolusi, yan•g kisahnya dialarni sendiri oleh pengarangnya. Perang yang diceritakan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudut insiden yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya Dal am buku Hujan Kepagian ini jug a bisa djlihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri jug a terlibat eksklusif dalam usaha kernerdekaan dikala menjadi anggota tentara pelajar.

19. Yang diunqkapkari dalam paragraf resensi buku tersebut yaitu ....
A. kekurangan isi buku •
B.. kelebihan isi buku
C. ldentitas buku
D. citra isi buku
.I
Perhatlkan kallmat berikutl
! '.'Wahyu mengiba-iba! "Bertahanlah?Torijangan pergi! Jangantakluk? •
20. Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut yaitu .. :
A. "Wahyu mengiba-iba,, Bertahanlah, Ton! Janqan pergi, Jangan taklukl"
• B. "Wahyu menqiba-ibar'Bertahanlah,Ton! Jangan pergi. Jangan takluk. C. Wahyu menqlba-iba, "Bertahanlah, Ton! Jangan pergi! Jangantakluk!" D. ahyu mengiba-iba, "Bertahanlah, Ton! Jangan pergi, Janqan takluk!"

Perhatikan kalimat berikut!

j Setiap siswa diperlukan menyiapkan alat tulis pulpen pens ii 28, penghapus dan rautan ..

21. Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalirnat tersebut yaitu ...
A. Setiap siswa diperlukan menyiapkan alat tulis, pulpen, pensil 28, penghapus, dan rautan.
8. Setiap siswa diperlukan menyiapkanalat tulis: pulpen, pensil 28, penghapus, dan rautan. C. Setiap siswa diperlukan menyiapkan alat tulis, pulpen, pensil 28, penghapus dan rautan.
0. Setiap siswa diperlukan menyiapkan alat tulis pulpen, pensil 28, penghapus, dan rautan.

Perhatikan kalimat berikut!
j Narasumberdalam seminaritu yaitu drs. Wijaya Herlambang M.PD.
22. Penulisan gelar yang sempurna kalimat tersebut yaitu ....
A. drs. Wijaya Herlambang M.PO. C. Ors. Wijaya Herlambang, M.Pd.
8. Ors. Wijaya Herlambang, M.PD. D. Ors. Wijaya Herlambang M.Pd..

Perhatikan kalimat berikut!
j Sebelum melaksanakan perjalanan, terlebih dahulu kita periksa kelenqkapan yang perlu dibawa.

23.• Perbaikan kalimat tersebut biar efektif yaitu dengan menghilangkan kata ....
A. terlebih, dahulu C. rnelakukan,dahulu
8. terlebih, kita D. melakukan, terlebih

Perhatikan kalimat berikut!
Kita memerlukan pemikiran-pemikiran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan penqernbanqan-penqernbanqan kota.

24. Perbaikan kalimat tersebut biar efektif yaitu ...
A. Kita memerlukan pemikiran untuk memecahkan problem yang berkaitan dengan pelaksanaan pengembangan kota.
B. Kita memerlukan banyak pemikiran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pslaksanaan pengembangan kota.
C. Kita memerlukan banyak pemikiran-pemikiran untuk memecahkan problem yang berkaitan dengan pelaksanaan pengembangan kota.
D. Kitamemerlukan pemikiran-pemikiranuntuk memecahkanmasalahyang berkaitandengan pelaksanaan pengembangan-pengembangan kota.

J A. Kami tiba agak terlambat. Oleh karenanya, kami tidak sanggup mengikuti program pembukaan.
B. Kami tiba agak terlambat. Oleh lantaran itu, kami tidak sanggup mengikuti program pembukaan. C. Kami tiba agak terlambat, balasannya kami tidak sanggup mengikuti program pembukaan.
D. Kami tiba agak terlambat sehinqqa tidak sanggup mengikuti program pembukaan.
Bacalah paragraf berikut!
I Seiring dengan perkembangan waktu, insan telah banyak menyusun penemuan gres salah satunya gawai.
26. Perbaikan pilihan kata bercetak miring pada kalimat tersebut yaitu ....
A. zaman, membuat C. zaman,menggunakan
8. zaman,mengadakan D. zaman, mengumpulkan
Bacalah paragraf berikut!

Para penjual kuliner mengeluhkan atas ketinggian harga 88M. Pasalnya, naiknya nilai B8M membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil ukuran atau menaikkan harga kuliner yang mereka jual.

27. Perbaikan pilihan kata bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ....
A. kenaikan,ongkos, harga C. naiknya, ongkos, bentuk
8. kenaikan.harqa, bentuk D. tingginya, ongkos, bentuk

Bacalah paragraf berikutl

7 UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

Sejak bertahun-tahun lalu, olahraga telah terbukti mempunyai manfaat bagi banyak orang. Penelitian terbaru memperlihatkan bahwa olahraga sanggup meningkatkan kemampuan individu untuk mempelajari konsep mental. Olahraga sanggup dilakukan pada waktu pagi, siang, maupun sore hari.•Selain itu, olahraga juga merangsang terbentuknya senyawa kimia tertentu yang bisa meningkatkan memori manusia.

28. Kalimat yang harus dihilangkan biar paragraf tersebut padu yaitu ...
A. Olahraga telah terbukti niemiliki manfaat bagi banyak orang.
B. Olahraga sanggup dilakukan pada waktu pagi, siang, maupun sore hari.
C. Olahraga sanggup meningkatkan kemampuan individu untuk mempelajari konsep mental.
D. Olahraqa juga merangsang terbentuknya senyawa kimia tertentu yan.g bisa meningkatkan memori rnanusia.

Bacalah paragraf berikut!
Rekayasa (1) kemudian lintas selama pengerjaan (2) sodetan (3) sungai ciliwung di (4) Jalan (5) otto iskandar dinata 3, Jakarta ( 6) timur dari tang gal 12 September hingga 30 Oktober.

29. Kata yang abjad pertamanya harus ditulis dengan abjad kapital ditandai nornor ....
A. (1), (2), (3) C. (3), (4), (5)
B. (2), (3), (4) D. (3), (5), (6)
Bacalah paragraf berikut!
Saat berwisata ke Yogyakarta, kami berbelanja Gula Jawa di Pasar Beringharjo. Sebelumnya, kami juga menikmati kuliner khas Yogyakarta, yaitu Bakpia Pathuk. Oieh lantaran itu, sepulangnya dari Yogyakarta, kami mempunyai materi dongeng yang cukup untuk disampaikan kepada adik dan kakakkarni.

30. Penggunaan abjad kapital yang sempurna pada paragraf tersebut yaitu ....

Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Rematik dan asam urat memang mempunyai kesamaan gejala.
(2) Banyak orang beranggapan bahwa rematik dan asam urat sarna.
(3) Ternyata kedua penyakittersebut mempunyai perbedaan yang sanqat jauh. (4) Gejala itu yaitu timbulnya rasa sakit pada persendian.
(5) Namun, anggapan tersebut l
31. Susunan kalimat-kalimat tersebut biar menjadi paragraf yang padu yaitu ....

Bacalah paragraf berikut!

Makassar yaitu salah satu kota favorit untuk kuliner. Makassar rnenyajikan aneka ragam masakan yang menggugah selera. [ ... ] Kami memulai perjalanan pada tanggal 18 Juli 2016 di pagi har! tepatpukul 07.00
WITA di l panjang kali ini.

32. • Kalimat yang sempurna untukmelenqkapl pecahan yang dirumpangkan pada paragraf tersebut yaitu .. : A. Kami pun mencoba Sop l C. lsinya daging dilenqkapl ketupat kecil yang dibelah.
D. Sop berkuah ini kaya akan rempah c;lengan isi daging.

Bacalah syair berikut!

Bersyairlah burunq cenderawasiti Pungguk ini rindukan kekasih Melihat bulan cahayanya persik Cinta yang lain banyak menyisih (Syair Bu rung Pungguk)

8 UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

. 33. Pesan yang disampaikan dalam syair tersebut yaitu ...
A. Cinta yang lari banyak rnenyisih.
B. Cinta yang ikhlas akan diharqai orang. ' .
C. Cinta yang higienis menyerupai cahaya bulan.
D. Cinta yang merindu menyerupai cenderawasih

Bacalah puisi-puisi berikut!

1. Bila kita bersama sudah Dunia ini terlalu indah Dinda•cantik permata bertahta Cantik rupa bicara petuah . . 3. Buah rambutan masak sebuah Kalau dimakan manis rasanya Nona yang berbaju merah Sudahkah ada yang punya?
) 2. Ditenun kain dengan kapas Bermacam-macam warna ragi Perahu lilin layar kertas Berarukulanqqar lautan api 4. Air dalam bertambah dalam Hujan di hulu belum lagi teduh Hati dendam bertambah dendam
Dendam dahulu belum lagi disentuh

34. Puisi tersebut yang merupakan syair yaitu ....
A. puisi 1
B. puisi 2

Bacalah syair berikutr

Wahai cowok kenali dirimu
• lalah bahtera tamsil tubuhmu Tiadalah beberapa usang hidupmu Ke.akhirat jua baka dirimu
C. puisi 3
D. puisi 4 •

35. lsi syair tersebut yaitu .... .
A. Para pernuda harus mengetahui tamsil dirinya
B. Para cowok harus memakai waktu hidupnya
C. Para cowok harus menqenali dirinya sebaik mungkin
0 D. Para cowok harus menyadari hidup ini hanya sementara
Bacalah syair berikut!

Lalulah berjalan en Tarnbuhan Di iring penglipurdengan tadahan Lemah lernbut berjalan dengan perlahan-lahan Lakunya manis memberi kasihan

Tunduk menangis segala puteri
Masing-masing berkata sama sendiri
Jahatnya perangai para permaisuri ..
Lakunya menyerupai Jin dan peri

36. Ternasyair tersebut yaitu ....
A.• agama
B. sejarah•
C. percintaan
D. kemanusiaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!

9 UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

"Kurang ajar! Akan kucari dan kubunuh keparat itu" teriakku denganmengepalkan tangan kuat-kuat, Bagiku kehormatan istriku yaitu segala-galanya, jauh di atas kehormatan diriku sendiri. Kesucian istriku sarna dengan kesucian kitab suci,tidak boleh ada seorang pun yang menodainya apalagi menginjak-injaknya. Kesucian istriku adatah nyawaku. Ketika ada orang yang berusaha menjamah kesuciannya maka nyawaku akan kupertaruhkan untuk membelanya. Seandainya saya punyaseribu nyawa akan kukorbankan semuanya untuk menjag_a kesucian istriku tercinta. Aku rela dijuluki apa saja untuk membela kesucian istriku tercinta. (Ayat-AyatCinta, Habiburrahman El Shirazy)

37. Ternakutipan cerpen tersebut yaitu ....
A. cinta yang buta
B. kehidupan yang penuh cinta
C. pengorbanan cinta seorang suami
D. pembelaan terhadap seorang perempuan
Bacalah kutipan cerpen berikut!

Tolakansepatunya selalu berpacu di atas lantai licin. Sernua pandangan akan tertuju pada langkah sigap itu. Seorang pasien yang didorong dalam keadaan sadar atau tidak, silih berganti tanpa kepastian. Ranjang yang " rnarin dipakai untuk mendorong orang mati, hari ini dipakai untuk mendorong orang yang hidup.
38. Latar tempat kutipan cerpen tersebut yaitu ....
A. rumah sakit C. rumah makan
B. rumah duka

Bacalah kutipan cerpen berikut!

D. rumah glamor

(1) Aneh, Bapak selalu terlihat ceria dan semangat yang tak pemah luntur, padahal seharian lelah memancing, tapi tak ada hasilnya. (2) Namun, yang kulihat di wajah Bapak hanyalah sernanqat dan senang yang tak pernah saya Ii hat dari bapak-bapak manapun. (3) Sepanjang jalan pulang, Bapak selalu mengajakku bersenda gurau.(4) Aku yang sangat lelah dan bosan hanya ikuttersenyumsaja meladeni Bapak. (5) Aku tak bisa menyerupai Bapak. •

39. Bukti tokoh Bapak berwatak ceria terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (3) C. (3) dan (5)
B. (2) dan (4) D. (1) dan (4)
Bacalah kutlpan cerpen berikut!

Pikiran Yuni tetap tak beralih dari kartu-kartu pos yang ingin dibacanya. Malam itu juga ia mengajak ibunya mengambil kartu-kartu itu kembali dari gudang. Tetapi ibunya menasihati, kalau sudah larut malarn dan sbalknya kartu-kartu itu dicari esok hari saja. Yuni bekerjsama tidak bisa menerima. Tapi, apa boleh buat, ia dar, ia harus banyak beristirahat sehabis pulang dari rumah sakit. .

40. Konflik dalarn kutipan cerpen tersebut yaitu ...
A. Yuni ingin ibunya mengambil kartu pos di gudang.
B. Pikiran Yuni tertuju padakartu pos yang ingin dibaca di gudang.
C. Yuni bermaksud mencari kartu pos di gudang tetapi dihentikan ibunya.
D. f:(einginanYuni mengambil kernbali kartu pas di gudang, tetapi ia sadar harus beristirahat. •

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Setelah mengetahui uang kembaliannya lebih, cukup usang Nuning termangu dan berpikir. Akhirnya, ia memutuskan untuk tidak mengembalikan uang kembalian yang lebih itu. la tampak gembira sekali. Segera dikayuhnya sepedanya perlahan-lahan sambil bersiul meninggalkan toko itu. Menurutnya, pelayan toko itu sudah lupa akan kekeliruannya. "lni kan rezekiku,"katanya dalam hati, Hari-hari berikutnya Nuning gelisah, tidaktenang karenaselalu memikirkan hal itu.

41. Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ...
A. Berhati-hatilah bila belanja apalagi memakai sepeda di jalan raya,
B. Jangan terlalu usang merenung dan berpikir dalam memutuskan sesuatu.
C. Bila mendapatkan uang kembalian lebih ketika berbelanja, anggaplah hal itu sebagai rezekimu.
. D. Jika menerimasesuatu yang bukan milik kita, kembalikan kepada pemiliknya biar perasaankita tenang.

Bacalah kutipan cerpen berikut!

10 UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

"Saya akan menceritakan sosok seorang Pratama Putra yaitu ayah saya. Dia yaitu seoranq ayah yang menjadi pelabuhan hati saya untuk mengadu. Segala usaha yang ia lakukan selama ini hanya untuk aku, adikku, dan bundaku. Dia yaitu teladan bagiku. Aku ingin menyerupai ia yang selalu membawa kebahagiaan, canda, dan tawa di sisi kami. Tak pernah terbayanq olehku bila ia harus pergi dalam hidupku. Mungkin lebih baik saya yang pergi terlebih dahulu biar saya tidak pernah mencicipi betapa sakitnya kehilangan dia. Ayah, kau seqalanya untukku, jangan pernah berubah sedikit pun dan tetap bersama kami di • sini. Anugerah terindah yang Tuhan berikan padaku yaitu ketika saya terlahir di keluarga ini. lnilah sosok ayah bagiku, "terima kasih" ucapku memaparkan goresan pena yang telah kubuat.a

42. Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh ayah pada kutipan cerpen tersebut yaitu ....
A. melalui obrolan tokoh
B. melalui sikap tokoh
C. diceritakan oleh tokoh aku
D. diceritakan oleh pengarang

Bacalah kutipan eerpen berikut!
(1) Jam memperlihatkan pukul 16.00, seketika itu operasi yang dijalani Qyra selesai, Qyra juga telah sadarkan I diri.(2) Dia heran di samping tempat tidurnya ada seseorang yang diselimuti selimut putih tengah berbarin (3) Dengan rasa penasaran, Qyra membuka selimut itu. (4) Dia sangat terkejut ketika melihat wajah orang yang berbaring di situ ternyata yaitu neneknya. (5) "Dokter, kenapa dengan nenek saya?" tanya Qyra heran. (6) "Nenek kau mendonorkan jantungnya untuk kau dan sekaranq ia telah pergi rnenuju surga," ucap dokter pelan. (7) "Apa... Nenek meninggal?" teriak Qyra dari dalam ruang UGO.

43. Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor
A. (1) dan (3) • B. (3) dan (4) C. (1) dan (4) D. (2) dan (7)

Bacalah kutipan cerpen berikut, untuk mengerjakan soal nomor 44 dan 45!

(1)Pak Marta tertunduk lesu di pematang kebun. Tatapannya tertuju ke kebun singkong miliknya yang sudah porak poranda. Sudah beberapa ahad terakhir ini gajah-gajah liar merusak kebun dan tanaman . milik warga. • • • ;
(2) Berbagai cara telah dilakukan penduduk untuk menghalau gajah. Dari memasang kawat yang dialiri strum listrik hingga ronda menunggu denqan membunyikan kentongan. Namun tetap saja gajah-gajah tiba kolam air bah yang tak bisa di bend ung.
(3) Sebenarnya gajah-gajah itu tidak berniat untuk merusak tanaman warga, tetapi lantaran habitatnya -semakin sempit. Rasalapar itulah yang mendorong gajah tersebut masuk ke perkebunan warga.
(4) Hutan-hutan banyak ditebangi untuk perkebunan sawit. Mereka tidak memperdulikan makhluk lain. Gajah-gajah itujuga perlu habitat untuk hidup.

44. Bukti latar sosial kutipan cerpen tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1) c. (3) B. (2) D. :(4)

45. Nilai sosial yang terdapat pada kutipan cerperr tersebut yaitu ...
A. Lindungi hutan untuk habitat binatang liar. •
B. Menanam pohon singkong di perkebunan.
C. Saling bekerja sama antarwarga untuk rnenjaqakebunnya.
D. Memberi ruang kehidupan untuk makhluk lain menyerupai gajah.

Bacalah kutipan cerpen berikut!

11 UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

Capung yang terus memperhatikan bertanya, "Labc3.-laba, mengapa kau menghancurkan jaring-jaring usang dan merajutjarinq baru?"
"Jaring-jaring usang tidakcukup lengket untuk menangkap serangga," jawab laba-laba.
"Berarti kau harus merajutjaring-jaring gres setiaphari?"
"Tentu saja," jawab laba-laba, "Kaiau saya malas-malasansaya tidak akan mendapat makanan."

46. Nilai pendidikan yang sama sesuai dengan kutipan cerpen tersebut yaitu ...
A. Suatu harisimpanse kecil merengek pada ibunya, meminta makan. lbu simpanse berkata pada anaknya, "Sini, saya akan mengajarimu mendapatkan makanan." lbu simpanse naik ke pohon dan memetik buah. Lalu ia memakai sebuah watu untuk memukul buah itu. Kulit buah yang keras pecah, sehingga terlihat biji di dalamnya.
B. Suatu hari sekumpulan burung hering mendarat di padang rumput mencari rnakanan. Ketika mereka
sedang asik, tiba-tiba terdengar sebuah suara. "Pergi kalian dari sini! Berhati-hatilah kalian di sini lantaran ini yaitu tempat kekuasaanku." Burung hering mendongakkan kepala dan sempurna di depan mata telah bangun seeker badak. la memasang wajah yang angker dan menakutkan.
C. Suati hari ibu tikus jatuh ke dalam bejana dikala mencari makanan.la tidak dapt keluar lantaran dinding bejana sangat tinggi dan licin. Beberapa hari kemudian, anak laki-lakinya menemukan ibu tikus yang terperangkap di dalam ember. la ingin menyelamatkan ibunya tetapi tidak tahu caranya.
D. Padazaman dahulu hidup seorang anak gembala berjulukan Amir. la rnernpunyai sejumlah kambing dan
domba. Setiap hari, Amir duduk di bawah pohon, membaca buku. Sementara binatanq piaraannya mencari rnakan di padang rumput. Dalam kelompok binatanq itu ada seeker domba yang bandel, berjulukan Bimbim. Si Bimbim sering keluar dari kelompok.

Cermati kalimat-kallmat berikut!
,. (1) Keledai itu pun oke dan ia pergi bersama Daud.
(2) Daud bertanya, "Apa yang terjadi padamu keledai?"
(3) Adaseorang anak yang berjulukan Daud. la anak yatim. Padasuatu hari, Daud keluar rnencari pekerjaan • (4) Di tengah perjalanan, ia menemukan seeker keledai renta dan le mah dan bersuara lirih.
(5) Keledai itu menjawab, "Sekarang saya sudah renta renta dan tak bisa melaksanakan apa pun. Majikanku
tak lagi memberiku makan jerami. la menyampaikan bahwa sebentar lagi saya akan mati."
(6) Daud kemudian berkata, " lkutlah bersamaku, kita pasrah saja kepada Tuhan. Tuhanlah yang akan membantu kita. Aku akan membawamu ke hutan dan mencari rumput hijau segar."

47. Urutan insiden dalam kutipan cerpen tersebut yang sempurna yaitu ....
A. 2, 3, 4, 5, 6, 1
B. 2, 4, 5, 6, 3,.1
.oe, C. 3, 4, 2, 5, 6, 1
,'(j;, D. 3,2,5,6,4, 1
Bacalah kutipan cerpen bei'ikut!

"Harga di pasar mungkin bisa lebih, Di! Tetapi Nenek sudah tidak berpengaruh menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau tiba membeli di sini saja sudah untung," kata nenek lagi. Nadanya pasrah dan mendapatkan apa adanya saja. "Hm ... kalau boleh, kami akan menjualnya, Nek! Pokoknya, paling sedikit Nenek sanggup tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?" Tanya Adi. Nek Warsi tampak
menimbang-nimbang. "Boleh saja. Asal nanti kalian tidak dimarahi orang renta kalian."

48. Nilai kehidupan dalam kutipan cerpen yang patut diteladani yaitu ... A. Kita harus pasrah mendapatkan nasib.
• 8. Nenek yang lemah harus kita manfaatkan.
C. Kita harus menolong orang yang sedang kesusahan.
D. Kita harus rnernanfaatkanwaktu dengan sebaik-baiknya.

Bacalah kutipan cerpen berikutl

12. UAS /Bahasa Indonesia/IX/Kur. 2006/W

Dengan rasa penasaran, saya pergi ke rumah sakit terdekat seorang diri. Aku mulai menceritakan semua keluhanku kepada dokter. Awalnya saya tak percaya dokter menyampaikan saya mengidap penyakit yang mematikan ini, kanker paru-paru. Aku sangatterpukul dikala itu. Seharian penuh, saya mengurung diri di kamar dengan tangisan yang tak henti-hentinya. Saat itu, saya rnerasa semua impianku sirna. Kata dokter, kemungkinan kecil saya bisa sembuh. Aku sempat putus asa. Aku tak tahu, harus dengan cara apa saya bisa sembuh dari penyakit ini.Tiga bulan kemudian, sakitku bertambah parah. Tapi, saya pasrah pada keadaanku. Kini, apa yang menimpaku kuserahkan kepada Tuhan. Aku masih berharap bisaseperti sediakala.

49. Nilai religius dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada_kalimat ...
A. Menyerahkan kesedihan dan kebahagiaan hanya kepada Tuhan.
B. Pasrah pada keadaan lantaran sakit kanker paru-paru bertambah parah.
C. Tetapberharap sembuh meskipun sakit kanker paru-paru bertambah parah.
D. Mengurung diri di kamar seharian penuh untuk mengobati kesedihan yarig rnendalam.

Bacalah kutipan cerpen berikut!

"Kalau ada, kenapa kau biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumuteraniaya semua? Sedang harta bendamu kau biarkan orang iain mengambilnya untuk anak cucu mereka. Dan engkau lebih suka berkelahi antara kau sehdiri, .salinq menipu, sa!ing memeras. Aku beri negeri yang kaya raya, tapi engkau malas. I lebih suka beribadat saja, lantaran beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang. Sedang saya menyuruh engkau semuanya bederma di samping beribadat. Bagaimana engkau bisa bederma kalau enqkau miskin? Engkau kira, Aku ini suka pujian, mabuk disembah saja, hingga kerjamu lain tidak memuji-muji dan menyembah-Ku saja.

50. Helevansinilai-nilai kehidupan dengan kehidupan kini dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ...
A. Di zaman kini pengangguran ada di mana-mana.
B. Selain kita beribadat, kita harus mencari nafkah biar bisa beramal.
C. Di zaman kini orang-orang hanya memburu harta kekayaan saja. D. Kemiskinandapat penyulut kemarahan, berkelahi, dan saling memeras.

Demikian goresan pena perihal

Download Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 (Sembilan/IX) pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Download Soal Siap Uas 1 Bahasa Indonesia Kelas 9 Smp/Mts"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel