Materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018

Materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018

Amongguru.com. Di dalam membantu Bapak/Ibu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, berikut admin bagikan materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018.

Materi ini berdasarkan Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang telah diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi Pokok

Materi Kerajinan Pengolahan Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018 membahas terbagi dalam dua materi pokok dengan rincian sebagai berikut.

A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi

  1. Pengertian
  2. Jenis dan Manfaat
  3. Teknik Pengolahan Makanan dari Setengah Jadi Bahan baku Perikanan dan Peternakan
  4. Tahap Pembuatan Makanan dari Bahan Setengah Jadi Bahan Baku Hasil Perikanan dan Peternakan

B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping

  1. Pengertian
  2. Jenis dan Manfaat
  3. Teknik Pengolahan Makanan dari Produk Samping Bahan Baku Perikanan dan Peternakan
  4. Tahapan Pengolahan
  5. Pengemasan

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi tentang Pengolahan, peserta didik diharapkan mampu :

  1. menyampaikan pendapat tentang pengertian, jenis dan manfaat dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia; dan
  2. mengidentifikasi bahan, alat, metode dan proses pengolahan yang digunakan pada pembuatan produk bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
  3. Merancang pembuatan produk olahan makanan dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
  4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan produk pangan siap konsumsi khas wilayah setempat dari bahan pangan setengah jadi dan bahan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

Peta Konsep

Peta konsep Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk materi Pengolahan tampak pada skema berikut.

Ibu guru menyiapkan perangkat pembelajaran Materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018

Rincian Materi

A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi

Bahan pangan setengah jadi adalah bahan pangan mentah yang telah mengalami pengolahan dengan cara pengawetan.

Bahan pangan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan tidak semuanya siap konsumsi, tetapi masih perlu pengolahan lebih lanjut untuk menjadi makanan siap saji atau siap konsumsi.

Olahan pangan setengah jadi berbahan baku daging sapi dan daging unggas saat ini banyak di minati masyarakat modern, terutama yang memiliki aktivitas bekerja yang padat, karena pengolahan bahan setengah jadi di simpan lama dalam kondisi beku seperti; baso, sosis, nugget atau dapat juga disimpan dalam kondisi kering seperti; dendeng, telur asin dan abon, dengan demikian dapat digunakan kapan saja.

Materi lengkap mengenai makanan dari bahan pangan setengah jadi dapat dilihat di sini.

B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping

Bahan baku berupa daging hasil perikanan dan peternakan merupakan bahan pangan utama manusia, sedangkan bagian tulang, kulit, jeroan, kaki, dan sisik, bagian tubuh yang jarang dimakan dan memiliki kandungan gizi, dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan hasil samping.

Hampir semua bagian dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan manusia. Hal ini menunjukkan betapa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan kebutuhan makanan bagi manusia dengan

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Materi selengkapnya tentang makanan dari bahan produk samping dapat dilihat di sini.

Demikian ulasan materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Materi Pengolahan Prakarya Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel