Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi

Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi 

Amongguru.com. Penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005 dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Hasil Ujian Nasional nantinya akan dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di daerahnya masing-masing.

Selain itu, pelaksanaan Ujian Nasional juga memiliki beberapa tujuan lain sebagai berikut.

  1. Menjadi pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.

Peserta Ujian Nasional

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, nonformal kesetaraan dan informal wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik wajib mengikuti Ujian Nasional rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Berdasarkan hal tersebut, maka setiap peserta didik diwajibkan untuk mengikuti UJian Nasional dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi lulusan secara nasional.

Nilai Hasil Ujian Nasional

Nilai hasil Ujian Nasional dilaporkan dalam rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus), dengan tingkat pencapaian kompetensi lulusan dalam kategori sebagai berikut.

  1. Sangat Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 85 (delapan puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 100 (seratus);
  2. Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 70 (tujuh puluh) dan lebih kecil dari atau sama dengan 85 (delapan puluh lima);
  3. Cukup, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 55 (lima puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 70 (tujuh puluh); dan
  4. Kurang, jika nilai Ujian Nasional lebih kecil dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima).

Kriteria Kelulusan 

Kriteria kelulusan peserta didik pada tingkat satuan pendidikan ditentukan oleh ketiga komponen berikut.

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.
  3. Lulus ujian Satuan Pendidikan/program pendidikan.

Ruang Lingkup Kisi-kisi Soal Ujian Nasional SMP MTs

Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi  Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi
Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi

Sebagai upaya menghadapI soal-soal Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.

Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.

Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal ujian yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional.

Selain itu, materi hendaknya dapat dibuat menjadi soal yang baik dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Ruang Lingkup Kisi-kisi UJian Nasional IPA SMP MTs

Berikut ini ruang lingkup kisi-kisi soal Ujian Nasional untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat SMP MTs.

IPA Fisika dan Kimia

  1. Pengukuran, zat, dan sifatnya
  2. Mekanika dan tata surya
  3. Gelombang, listrik, dan magnet

IPA Biologi

  1. Makhluk hidup dan lingkungannya
  2. Struktur dan fungsi makhluk hidup

Baca juga : KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) SMP IPA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Untuk melengkapi ruang lingkup kisi-kisi UN IPA SMP MTs tersebut, berikut admin bagikan latihan soal IPA SMP dilengkapi pembahasan dan ringkasan materi. 

Latihan soal ini dapat dijadikan referensi belajar peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional, khususnya pada mata pelajaran IPA untuk jenjang SMP MTs.

Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi dapat di unduh pada link berikut ini.

IPA FISIKA

IPA BIOLOGI

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai latihan soal UN IPA SMP dilengkapi pembahasan dan ringkasan materi. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Latihan Soal UN IPA SMP Dilengkapi Pembahasan dan Ringkasan Materi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel