Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017
Wednesday, March 6, 2019
Add Comment
Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf
Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini ditulis dengan tujuan semoga para siswa mempunyai kompetensi berbahasa Indonesia untuk banyak sekali fungsi komunikasi dalam banyak sekali acara sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diperlukan sanggup membantu siswa membuatkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diperlukan sanggup menumbuhkan minat baca dan minat menulis.
Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan menurut pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi. Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).
Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini hadir sebagai panduan penting dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan Bahasa Indonesia dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi klarifikasi karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik organisasi kompetensi dasar pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik evaluasi autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Petunjuk khusus pada tiap potongan berisi pola pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media buku siswa. Pada setiap potongan terdapat pola indikator, pola materi, pola tema yang sanggup dipakai sebagai materi pengembangan materi, pola pengalokasian waktu pada stiap bab, pola langkah pelaksanaan acara pembelajaran, dan pola rubrik evaluasi autentik. Karena bersifat contoh, guru sangat diperlukan untuk sanggup memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah. Penilaian pengetahuan belum banyak diberikan pada Buku Guru dan guru diperlukan sanggup menyusun evaluasi pengetahuan yang sesuai.
Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan Bahasa Indonesia, terutama kelas VII. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam memakai Buku Siswa untuk mencapai hasil secara maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara gemilang. Materi dalam buku siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah pola dan sangat terbuka untuk divariasikan sesuai konteks.
Semoga Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini bermanfaat bagi semua guru Bahasa Indonesia yang akan melukis masa depan bangsa. Para pelukis masa depan... Selamat berkarya!
Berikut ialah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf:
Berikut kami kutipkan daftar isi dari buku guru Bahasa Indonesia Kelas 7 tersebut:
Daftar Isi
Kata Pengantar ............................................................................................................ iii
Daftar Isi ............................................................................................................. v
Petunjuk Umum ............................................................................................ 1
A. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ........................ 1
B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ............................... 3
C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia ................................... 4
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII ....................................... 6
E. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ............ 15
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan .................................................................... 33
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 33
2. Indikator ................................................................................................ 34
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 35
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 35
5. Materi ..................................................................................................... 35
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 36
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 37
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi .......................................... 47
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 47
2. Indikator ................................................................................................ 48
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 49
4. Aspek Kebahasaan dan Aspek Kesastraan yang Dilatihkan ........... 50
5. Materi ..................................................................................................... 50
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 51
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 51
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur ...................................... 61
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 61
2. Indikator ................................................................................................ 62
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 63
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 63
5. Materi ..................................................................................................... 63
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 64
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 65
Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi ............................... 75
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 75
2. Indikator ................................................................................................ 76
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 77
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 77
5. Materi ..................................................................................................... 77
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 79
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 79
Bab 5 Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat ................... 89
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 89
2. Indikator ................................................................................................ 90
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 91
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 91
5. Materi ..................................................................................................... 91
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 92
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 92
Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel .......................................... 103
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 103
2. Indikator ................................................................................................ 104
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 105
4. Aspek Sikap yang Ditumbuhkan ........................................................ 105
5. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 106
6. Materi ..................................................................................................... 106
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 107
Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas ............... 117
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 117
2. Indikator ................................................................................................ 118
3. Pemilihan Tema .................................................................................... 119
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan ................................................... 119
5. Materi ..................................................................................................... 120
6. Sikap yang Ditumbuhkan .................................................................... 121
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran ...................................... 121
Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif ................................................................... 133
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ........................ 133
2. Indikator ................................................................................................ 134
Pendahuluan ............................................................................................. 135
Daftar Pustaka ........................................................................................................... 139
Profil Penulis ............................................................................................................. 141
Profil Penelaah ............................................................................................................ 144
Profil Editor ............................................................................................................. 146
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment