Download Contoh Silabus Smk/Mak Mapel Tinjauan Seni: Pola Terbaru 2017
Sunday, February 10, 2019
Add Comment
Download Contoh Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru
Silabus yaitu kerangka pola penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran berisi komponen identitas mata pelajaran, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, bahan pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan alternatif penilaian. Silabus juga merupakan citra umum kegiatan serta sasaran yang akan dicapai mata pelajaran, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas kegiatan pembelajaran.
Keberadaan silabus menjadi penting, alasannya akan menjadi pola dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengelolaan media, sumber berguru dan pengembangan sistem penilaian.
Berikut yaitu link Download Contoh Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru 2017 dari Direktorat Pembinaan SMK:
BACA JUGA:
Berikut yaitu kutipan dari Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Tinjauan Seni Berdasarkan Acuan Terbaru 2017:
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | Alternatif Penilaian |
---|---|---|---|---|---|
3.1 Memahami konsep dasar seni4.1 Mengomunikasikan konsep dasar seni | 3.1.1 Menguraikan deskripsi seni3.1.2 Menguraikan seni sebagai ekspresi3.1.3 Menguraikan seni dalam kehidupan manusia4.1.1 Melakukan kajian seni dalam kehidupan masyarakat sekitar4.1.3 Mempresentasikan fungsi seni tradisional dan modern | Definisi seni Seni sebagai ekspresi Seni dalam kehidupan manusia Teknik kajian dan presentasi | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana konsep dasar seni Mengumpulkan data wacana seni dalam kehidupan masyarakat sekitar Mengolah data wacana seni dalam kehidupan masyarakat sekitar Mengomunikasikan wacana mengkomunikasikan seni dalam kehidupan masyarakat sekitar | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.2 Memahami cabang- cabang seni4.2 Mendeskripsikan cabang-cabang seni | 3.2.1 Membedakan jenis-jenis seni3.2.2 Menerangkan bentuk dan isi dalam seni3.2.3 Menguraikan seni memesis dan representasional4.2.1 Membuat kajian seni memesis dan representasional4.2.2 Mempresentasikan seni | Cabang-cabang seni Bentuk dan makna dalam seni Seni memesis dan representasional | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana cabang-cabang seni. Mengumpulkan data wacana kajian senimemesis danrepresentasional Mengolah data wacana kajian seni memesis dan representasional | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
memesis dan representasional | Mengomunikasikan wacana kajian seni memesis dan representasional | ||||
3.3 Memahami konsep estetika4.3 Mengomunikasikan konsep estetika | 3.3.1 Menerangkan deskripsi estetika3.3.2 Menguraikan estetika diIndonesia3.3.3 Menguraikan unsur-unsur keindahan4.3.1 Melakukan kajian estetika dalam karya seni tradisional4.3.2 Melakukan kajian estetika dalam karya seni modern4.3.3 Mempresentasikan hasil kajian estetika | Estetika dalamSeni EstetikaIndonesia Estetika seni tradisional dan modern Teknik presentasi | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana konsep estetika Mengumpulkan data wacana kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern Mengolah data wacana kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern Mengomunikasikan wacana kajian estetika dalam karya seni tradisonal dan modern | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.4 Menganalisis konsep karya seni Nusantara4.4 Menyajikan hasil | 3.4.1 Mengklasifikasi karya seniNusantara3.4.2 Menyimpulkan bentuk dan makna karya seni Nusantara3.4.3 Menguraikan fungsi karya seni Nusantara4.4.1 Melakukan kajian bentuk, | Keberagaman karya seni Nusantara Bentuk dan makna karya seni Nusantara Fungsi karya seni Nusantara | 8 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana konsep karya seni Nusantara Mengumpulkan data wacana bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/ |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
analisis konsep karya seni Nusantara | makna, dan fungsi karya seni Nusantara4.4.2 Mengomunikasikan bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | Mengolah data wacana bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara Mengomunikasikan wacana bentuk, makna, dan fungsi karya seni Nusantara | penugasan• Portofolio | ||
3.5 Menganalisis sejarah seni Nusantara4.5 Menyajikan hasil analisis seni Nusantara | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Nusantara3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Nusantara setiap periode4.5.1 Melakukan kajian sejarah seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan sejarah seni Nusantara | Sejarah seniNusantara Krakteristik seniNusantara | 8 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana sejarah seni Nusantara Mengumpulkan data wacana kajian sejarah seni Nusantara Mengolah data wacana kajian sejarah seni Nusantara Mengomunikasikan wacana kajian sejarah seniNusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaianunjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.6 Menganalisis konsep karya seni Timur4.6 Menyajikan hasil | 3.4.1 Mengklasifikasi konsep karya seni Timur3.4.2 Menyimpulkan karakteristik karya seni Timur4.4.1 Melakukan kritik karya seni | Konsep seniTimur Karakteristik karya seni Timur | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana konsep karya seni Timur | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
analisis konsep karya seni Timur | Timur4.4.2 Mengomunikasikan hasil kritik karya seni Timur | Mengumpulkan data wacana bentuk dan makna seni Timur Mengolah data wacana bentuk dan makna seni Timur Mengomunikasikan wacana bentuk dan makna seniTimur | unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio | ||
3.7 Menganalisis sejarah seni Timur4.7 Menyajikan hasil analisis sejarah seni Timur | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Timur3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Timur setiap negara4.5.1 Melakukan kajian efek seni Timur terhadap seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan efek seni Timur terhadap seni Nusantara | Sejarah perkembangan seni Timur Karakter seniTimur | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana sejarah seni Timur Mengumpulkan data wacana efek seni Timur terhadap seni Nusantara Mengolah data wacana efek seni Timur terhadap seni Nusantara Mengomunikasikan wacana efek seni Timur terhadap seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.8 Menganalisis konsep karya seni Barat | 3.4.1 Mengklasifikasi konsep karya seni Barat3.4.2 Menyimpulkan | Konsep seniBarat | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
4.8 Menyajikan hasil analisis konsep karya seni Barat | karakteristik karya seniBarat4.4.1 Melakukan kritik karya seniBarat4.4.2 Mengomunikasikan hasil kritik karya seni Barat | Karakteristik karya seni Barat | tentang konsep karya seniBarat Mengumpulkan data wacana bentuk dan makna seni Barat Mengolah data wacana bentuk dan makna seni Barat Mengomunikasikan wacana bentuk dan makna seni Barat | • PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio | |
3.9 Menganalisis sejarah seni Barat4.9 Menyajikan hasil analisis sejarah seni Barat | 3.5.1 Menyimpulkan perkembangan seni Barat3.5.2 Menemukan ciri-ciri karakteristik seni Barat4.5.1 Melakukan kajian efek seni Barat terhadap seni Nusantara4.5.2 Mengomunikasikan efek seni Barat terhadap seni Nusantara | Sejarah perkembangan seni Barat | 6 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana sejarah seni Barat Mengumpulkan data wacana efek seni Barat terhadap seni Nusantara Mengolah data wacana efek seni Barat terhadap seni Nusantara Mengomunikasikan wacana efek seni Barat terhadap seni Nusantara | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | JP | Kegiatan Pembelajaran | AlternatifPenilaian |
3.10 Menganalisis resensi karya seni4.10 Membuat resensi karya seni | 3.10.1 Merumuskan sistimatika resensi karya seni3.10.2 Merumuskan resensi karya seni4.10.1 Menyusun resensi karya seni4.10.2 Menyajikan resensi karya seni | Definisi resensi karya seni Sistimatika resensi karya seni Teknik pembuatan resensi karya seni | 4 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana resensi karya seni Mengumpulkan data wacana resensi karya seni Mengolah data wacana resensi karya seni Mengomunikasikan wacana resensi karya seni | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
3.11 Mengevaluasi karya seni4.11 Mengembangkan karya seni | 3.11.1 Menguraikan deskripsi penilaian karya seni3.11.2 Menguraikan teori penilaian karya seni3.11.2 Menerangkan instrumen penilaian karya seni4.11.1 Membuat instrumen penilaian karya seni4.11.2 Melakukan penilaian karya seni4.11.3 Membuat konsep pengambangan karya seni | Evaluasi karya seni Kritik seni Instrumen penilaian karya seni Penciptaan karya seni | 10 | Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan problem wacana penilaian karya seni Mengumpulkan data wacana pengembangan karya seni Mengolah data wacana pengembangan karya seni Mengomunikasikan wacana pengembangan karya seni | Pengetahuan:• Tes tulis• Tes lisan• Penugasan• PortofolioKeterampilan:• Penilaian unjuk kerja• Proyek/penugasan• Portofolio |
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Download Contoh Silabus Smk/Mak Mapel Tinjauan Seni: Pola Terbaru 2017"
Post a Comment