Macam Dan Jenis Metode Pembelajaran


<

Berbagai Macam dan Jenis Metode Pembelajaran


Berbagai Macam dan Jenis Metode Pembelajaran Macam dan Jenis Metode Pembelajaran
Image by: Pixabay
<





Baiklah, sebelum kita membahas wacana pengertian metode pembelajaran dan macam serta jenisnya, kita harus paham dahulu wacana makna dan pengertian dari Metode itu sendiri. Apa sih yang dimaksud dengan metode? Pengertian Metode ialah suatu cara yang fungsinya ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode bisa juga diartikan sebagai suatu cara yang dipakai oleh guru dalam melaksanakan acara berguru mengajar di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Metode pembelajaran mempunyai banyak macam-macam dan jenisnya, dan mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk lebih memaksimalkan hasil mengajar, para guru biasanya tidak hanya memakai satu metode saja, tetapi juga mengombinasikan penggunaan lebih dari satu metode yang hingga detik ini masih banyak dijumpai dalam proses berguru mengajar. Berikut ini akan kami beberkan wacana macam-macam/ jenis-jenis metode pembelajaran:

1. Metode Ceramah (Preaching Method)

Dalam metode ceramah ini proses berguru mengajar yang dilaksanakan umumnya didominasi dengan cara ceramah oleh guru. Metode ceramah ialah penerangan secara ekspresi atas materi pembelajaran kepada sekelompok audiens guna pencapaian tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Metode ceramah ini sesuai untuk penyampaian materi berguru yang berupa warta dan apabila kesulitan dalam mendapatkan materi ajarnya.

2. Metode Diskusi ( Discussion Method )

Metode diskusi ialah suatu metode mengajar yang mempunyai fokus utama dalam hal memecahkan persoalan (problem solving). Metode ini jamak disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion).
Suatu diskusi dianggap menunjang keaktifan siswa jikalau diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan persoalan (problem solving). Cara supaya metode diskusi ini sanggup maksimal dan berjalan dengan baik sebaiknya harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

- Harus ada yang memimpin diskusi
- Topik yang didiskusikan harus menarik dan bermutu
- Peserta diskusi wajib aktif mendapatkan dan memberi materi diskusi
- Suasana diskusi harus netral dan bebas dari tekanan

3. Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab ialah suatu cara mengelola pembelajaran dengan menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut. Metode tanya jawab akan efektif jikalau materi yang menjadi topik bahasannya menarik dan mempunyai nilai aplikasi yang relatif tinggi. Pertanyaaan yang dilontarkan harus bervariasi, mencakup pertanyaan tertutup (pertanyaan yang jawabannya hanya satu kemungkinan) dan pertanyaan terbuka (pertanyaan dengan banyak kemungkinan jawaban).

4. Metode Demonstrasi ( Demonstration Method )

Metode demonstrasi ialah suatu metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melaksanakan suatu kegiatan, baik secara pribadi maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Demonstrasi sanggup dilakukan dengan memperlihatkan benda baik yang sebenarnya, model, maupun imitasinya dan disertai dengan klarifikasi lisan. Demonstrasi akan menjadi evektif apabila dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukan oleh siswa. Metode ini sanggup dilakukan untuk acara yang alatnya terbatas tetapi akan dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.

5. Metode Pemberian Tugas

Metode sumbangan kiprah adalah teknik mengajar melalui penugasan siswa untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Pemberian kiprah sanggup secara individual maupun secara kelompok dan boleh bersifat sama ataupun berbeda. Agar sumbangan kiprah sanggup menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka:

- Tugas harus sanggup dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa
- Hasil dari acara ini sanggup ditindaklanjuti dengan presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yang lain atau oleh guru yang bersangkutan
- Pada selesai acara harus ada kesimpulan yang diperoleh

6. Metode Percobaan ( Experimental Method )

Metode percobaan yakni metode sumbangan kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melaksanakan suatu proses atau percobaan. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, menandakan dan menarik kesimpulan sendiri wacana obyek yang dipelajari itu. Dimungkinkan dilakukan dengan cara demonstrasi, jikalau alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.

7. Metode Tutorial/Bimbingan

Metode tutorial yaitu suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa. Dibandingkan dengan metode yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar, teknik ini banyak sekali digunakan, khususnya pada ketika siswa sudah terlibat dalam kerja kelompok. Dalam tahapan ini, guru berfungsi sebagai fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing yang sangat dibutuhkan oleh siswa dalam mendampingi mereka membahas dan menuntaskan tugas-tugasnya.

8. Metode Karya Wisata

Metode karya wisata berarti kunjungan diluar kelas. Metode karya wisata ialah suatu teknik mengajar yang direkayasa terlebih dahulu oleh pendidik dan diperlukan siswa menciptakan laporan dan didiskusikan bersama dengan akseptor didik lainnya serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian diformat dalam bentuk buku.

9. Metode Latihan Keterampilan ( Drill Method )

Metode latihan keterampilan adalah suatu metode mengajar dimana siswa diajak ke kawasan latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara menciptakan sesuatu, bagaimana cara menggunakannya, mengapa dibuat, apa keuntungannya dan sebagainya.

10. Metode Mengajar Beregu ( Team Teaching Method )

Metode mengajar beregu ialah suatu teknik mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai koordinator. Cara dan teknik pengujiannya, tiap pendidik menciptakan soal dan digabung menjadi satu. Apabila ujiannya berformat ujian ekspresi maka setiap siswa yang diuji harus pribadi bertatap muka dengan team pendidik itu.

Sebenarnya masih ada beberapa metode pembelajaran yang lainnya, akan tetapi kiranya cukup 10 metode ini dulu yang perlu kami sampaikan. Semoga macam-macam dan jenis metode pembelajaran di atas sanggup menawarkan manfaat bagi kita semua umumnya serta bagi para pendidik dan murid pada khususnya. Di postingan berikutnya semoga sanggup kami uraikan pula kelebihan serta kekurangan/ kelemahan dari berbagai metode pembelajaran yang telah kami uraikan di atas.

0 Response to "Macam Dan Jenis Metode Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel