Kisi-Kisi Soal Ukg Tahun 2017 Sd: Kelas Rendah Dan Tinggi
Sunday, December 9, 2018
Add Comment
Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2017 Guru Kelas SD:Kelas Tinggi dan Kelas Rendah. Pretest UKG SIMPKB
Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru SD yang pindah mata pelajaran.
Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru, maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting ialah dengan membaca kisi-kisi UKG tersebut.
Bagi Anda para guru SD yang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan dua tautan download penting, yaitu: kisi-kisi UKG guru SD kelas tinggi dan kisi-kisi UKG guru SD kelas rendah.
Kisi-kisi mengacu pada kisi-kisi UKG tahun 2015 yang tentu saja bahannya sanggup didapatkan pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Nah, berikut ialah tautan downloadnya:
Berikut ialah cuplikan dariKisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2017 Guru Kelas SD:Kelas Tinggi dan Kelas Rendah. Pretest UKG SIMPKB:
NO | KOMPETENSI INTI GURUSD | KOMPETENSI GURU(KG) | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) SD KELAS AWAL | ||
---|---|---|---|---|---|
a | c | d | e | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.1 Menjelaskan tahapan perkembangan sikap dan langsung akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.2 Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan sikap dan langsung akseptor didik terhadap pendidikan | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.3 Membedakan aneka macam jenis kecerdasan akseptor didik menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.4. Membedakan aneka macam aspek perkembangan akseptor didik menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.5 Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuan intelektual akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.6 Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalam kemampuan intelektual menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.7 Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.8 Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalam kecerdasan emosi menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.9 Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.10 Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalam kecerdasan spiritual menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.11. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.12 Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalam keterampilan sosial menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.13 Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek susila akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.14 Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalam perkembangan susila menurut ciri-cirinya | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.15 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik remaja | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.16 Mendeskripsikan ciri-ciri cukup umur yang sehat secara fisik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.1 Mengidentifikasi talenta akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.2 Mengidentifikasi minat akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.3 Mengidentifikasi kecerdasan emosi akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.4 Mengidentifikasi kecerdasan spiritual akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.5 Mengidentifikasi keterampilan sosial akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.6 Mengidentifikasi perkembangan aspek susila akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensipeserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.2.7 Mengidentifikasi pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas akseptor didik | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.3 Mengidentifikasikemampuan awal akseptor didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.3.1 Menjelaskan cara mengidentifikasi kemampuan asuh awal | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.4.1 Menjelaskan pengertian kesulitan belajar | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.4.2 Menjelaskan cara memilih kesulitan belajar | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.4.3 Menentukan kesulitan belajar | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.4.4 Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar | ||
1 | Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitanpeserta berguru usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | 1.4.5 Menjelaskan cara mengatasi kesulitan berguru melalui pembelajaran dalam lima mata pelajaran SD/MI | ||
2 | Menguasai teori belajar | 2.1 Memahami aneka macam teori | 2.1.1 Menganalisis teori berguru yang sesuai dengan karakteristik siswa SD/MI | ||
2.2.5. Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih | |||||
2.3 Menerapkan pendekatan | 2.3.1. Menganalisis rasional penerapan pendekatan pembelajaran tematik terpadu di SD/MI | ||||
pembelajaran tematis, | 2.3.2. Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik terpadu | ||||
khususnya di kelas-kelas awal | 2.3.3. Mendeskripsikan tahapan pembelajaran tematik terpadu | ||||
SD/MI | 2.3.4. Mengidentifikasi teladan acara pembelajaran tematik terpadu sesuai prinsip keterpaduan | ||||
3 | Mengembangkan | 3.1 Memahami prinsip-prinsip | 3.1.1 Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum | ||
kurikulum yang terkait | pengembangan kurikulum. | 3.1.2 Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum | |||
dengan mata | 3.1.3 Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum | ||||
pelajaran/bidang | 3.2 Menentukan tujuan lima | 3.2.1 Menganalisis keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar | |||
pengembangan yang | mata pelajaran SD/MI. | 3.2.2 Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar | |||
diampu. | 3.2.3 Mengidentifikasi teladan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar | ||||
3.3 Menentukan pengalamanbelajar yang sesuai untuk | 3.3.1 Mengindentifikasi pengalaman berguru yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI | ||||
mencapai tujuan lima matapelajaran SD/MI | 3.3.2 Memilih pengalaman berguru yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI | ||||
3.4 Memilih materi lima matapelajaran SD/MI yang terkait | 3.4.1 Menganalisis materi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik akseptor didik usiaSD/MI | ||||
dengan pengalaman berguru dan | 3.4.2 Mengidentifikasi kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi dasar | ||||
tujuan pembelajaran. | 3.4.3 Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan | ||||
3.4.4 Menganalisis kesesuaian materi asuh dengan pengalaman berguru yang telah ditentukan | |||||
3.4.5 Mengklasifikasikan materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman berguru dan tujuanpembelajaran yang telah ditentukan | |||||
3.5 Menata materipembelajaran secara benar | 3.5.1 Menentukan urutan materi pembelajaran menurut hirarkhi sesuai dengan tututan KD akseptor didik usia SD/MI. | ||||
sesuai dengan pendekatan yang | 3.52. Menentukan Materi Pembelajaran sesuai Tema | ||||
dipilih dan karakteristik pesertadidik usia SD/MI. | 3.5.3 Menyusun materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik akseptor didik usia SD/MI | ||||
3.6 Mengembangkan indikator | 3.6.1.Menganalisis Indikator pada pemetaan Kompetensi dasar | ||||
dan instrumen penilaian | 3.6.2 Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi sesuai KD dari lima mata pelajaran SD/MI | ||||
3.6.3 Menganalisis Bentuk Penilaian menurut KI, KD dan indikator | |||||
3.6.4 Menentukan Instrumen Penilaian menurut bentuk penilaan sesuai dengan Indikator | |||||
3.6.5. Menyusun Rubrik penilaian sesuai degan Instrumen yang digunakan | |||||
4 | Menyelenggarakan | 4.1 Memahami prinsip-prinsip | 4.1.1 Mengindentifikasi prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. | ||
4.6.3 Menentukan KD dan indikator dari lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup ditematikan sesuai dengan situasi yang | |||||
berkembang | |||||
4.6.4 Mengevaluasi keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang. | |||||
5 | Memanfaatkan teknologi | 5.1 Memanfaatkan teknologi | 5.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi gosip dan komunikasi dalam pembelajaran | ||
informasi dan komunikasiuntuk kepentingan | informasi dan komunikasi dalampembelajaran. | 5.1.2 Memilih media teknologi gosip dan komunikasi yang sesuai untuk membantu proses pembelajaran | |||
pembelajaran. | 5.1.3 Memanfaatkan media teknologi gosip dan komunikasi yang sesuai untuk membantu proses pembelajaran | ||||
6 | Memfasilitasi | 6.1 Menyediakan berbagai | 6.1.1 Mengidentifikasi kemampuan aspek pengetahuan akseptor didik | ||
pengembangan potensipeserta didik untuk | kegiatan pembelajaran untukmendorong akseptor didik | 6.1.2 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapaiprestasi berguru optimal akseptor didik | |||
mengaktualisasikanberbagai potensi yang | mencapai prestasi berguru secaraoptimal. | 6.1.3 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapaiprestasi berguru optimal akseptor didik | |||
dimiliki. | 6.1.4 Mengidentifikasi kemampuan aspek keterampilan akseptor didik | ||||
6.1.5 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapaiprestasi berguru optimal akseptor didik | |||||
6.1.6 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapaiprestasi berguru optimal akseptor didik | |||||
6.2 Menyediakan berbagaikegiatan pembelajaran untuk | 6.2.1 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi aktualisasi talenta untuk mencapai prestasi berguru optimalpeserta didik | ||||
mengaktualisasikan potensipeserta didik, termasuk | 6.2.2 Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi aktualisasi talenta untuk mencapai prestasi berguru optimal pesertadidik | ||||
kreativitasnya | 6.2.3 Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi minat untuk mencapai prestasi berguru optimal akseptor didik | ||||
6.2.18 Melaksanakan aneka macam latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah | |||||
7 | Berkomunikasi secaraefektif, empatik, dan | 7.1 Memahami aneka macam strategiberkomunikasi yang efektif, | 7.1.1 Mengidentifikasi aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara verbal maupun tulisanbagi akseptor didik kelas awal. | ||
santun dengan pesertadidik. | empatik dan santun, baik secaralisan maupun tulisan. | 7,1.2 Menentukan taktik komunikasi yang efektif, tenggang rasa dan santun, baik secara verbal maupun goresan pena bagi pesertadidik kelas awal. | |||
7.1.3 Memilih taktik komunikasi yang efektif, empati, dan santun, baik secara verbal maupun tulisan, untuk mendukungpembelajaran bagi akseptor didik kelas awal. | |||||
7.2 Berkomunikasi secaraefektif, empatik, dan santun | 7.2.1 Memotivasi akseptor didik untuk menyiapkan kondisi psikologis dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yangkhas secara efektif, empati, dan santun. | ||||
dengan akseptor didik denganbahasa yang khas dalam | 7.2.2 Menanggapi pertanyaan dan pendapat akseptor didik untuk mendukung penyiapan kondisi psikologis akseptor didikkelas awal dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun | ||||
interaksi pembelajaran yangterbangun secara siklikal dari (a) | 7.2.3 Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada akseptor didik untuk merespons dalam interaksipembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun. | ||||
penyiapan kondisi psikologispeserta didik, (b) memberikan | 7.2.3 Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada akseptor didik untuk merespons dalam interaksipembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun | ||||
pertanyaan atau kiprah sebagaiundangan kepada akseptor didik | 7.2.4 Merespon pendapat dan pertanyaan akseptor didik kelas awal dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khassecara efektif, empati, dan santun | ||||
untuk merespons, (c) responspeserta didik, (d) reaksi guru | 7.2.5 Memberikan jawaban terhadap respon akseptor didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khassecara efektif, empati, dan santun | ||||
8 | Menyelenggarakan | 8.1 Memahami prinsip-prinsip | 8.1.1 Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran | ||
penilaian dan evaluasi | penilaian dan penilaian proses | 8.1.2 Menjelaskan jenis dan bentuk penilaian | |||
proses dan hasil belajar. | dan hasil berguru sesuai dengan | 8.1.3 Menjelaskan pengertian tes dan nontes | |||
karakteristik lima mata | 8.1.4 Membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes | ||||
pelajaran SD/MI. | 8.1.5 Menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran | ||||
8.1.6 Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran | |||||
8.1.7 Menjelaskan lingkup penilaian dalam pembelajaran | |||||
8.1.8 Menjelaskan ketuntasan berguru dalam pembelajaran | |||||
8.1.9 Mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan karakteristik lima matapelajaran SD/MI. | |||||
8.1.10 Mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi sikap spiritual dansosial. | |||||
8.1.11 Mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi pengetahuan danketerampilan | |||||
8.1.12 Mengembangkan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintefik sesuai dengankarakteristik lima mata pelajaran SD/MI. | |||||
8.2 Menentukan aspek-aspek | 8.2.1 Menjelaskan aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar | ||||
proses dan hasil berguru yangpenting untuk dinilai dan | 8.2.2 Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar penilaian proses dan hasil berguru yang penting untuk dinilai dan dievaluasisesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. | ||||
dievaluasi sesuai dengan | 8.2.3 Mengidentifikasi aspek penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. | ||||
karakteristik lima matapelajaran SD/MI. | 8.2.4 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil berguru yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengankarakteristik lima mata pelajaran SD/MI. | ||||
8.3 Menentukan prosedur | 8.3.1 Menjelaskan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. | ||||
penilaian dan penilaian proses | 8.3.2 Menjelaskan mekanisme penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan | ||||
dan hasil belajar. | 8.3.3 Mengidentifikasi teknik penyusunan butir instrumen penilaian hasil belajar | ||||
8.3.4 Menentukan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | |||||
8.4 Mengembangkan instrumenpenilaian dan penilaian proses | 8.4.1. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar8.4.2. Menentukan instrumen penilaian proses dan hasil belajar | ||||
dan hasil belajar. | 8.4.3. Merancang tahapan proses penilaian dan hasil belajar | ||||
8.4.4. Menyusun kisi-kisi penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi | |||||
8.4.5. Memvalidasi soal yang akan digunakan | |||||
8.4.6. Memvalidasi instrumen yang akan digunakan | |||||
8.4.6. Menganalisis butir-butir soal yang digunakan | |||||
8.4.7. Menganalisis dan merevisi instrumen yang digunakan | |||||
8.5 Mengadministrasikan | 8.5.1. Memverifikasi hasil penilaian sesuai dengan jenis-jenis penilaian | ||||
penilaian proses dan hasil | 8.5.2. Menentukan mekanisme sistem pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar | ||||
belajar secara | 8.5.3. Menyusun laporan hasil penilaian dan penilaian pembelajaran | ||||
8.6 Menganalisis hasil penilaianproses dan hasil berguru untuk | 8.6.1. Mengidentifikasi hasil penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian hasil belajar. | ||||
berbagai tujuan. | 8.6.2. Mengolah hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk aneka macam tujuan. | ||||
8.6.3. Menyimpulkan hasil penilaian proses dan hasil belajar | |||||
8.7 Melakukan penilaian proses | 8.7.1. Mengumpulkan data hasil proses penilaian dan penilaian belajar. | ||||
dan hasil belajar | 8.7.2. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar | ||||
8.7.3. Menentukan langkah-langkah teknik penilaian penilaian proses dan hasil belajar | |||||
8.7.4. Menerapkan teknik penilaian proses dan hasil belajar | |||||
8.7.5 Menyusun laporan hasil penilaian proses dan hasil belajar. | |||||
8.7.6. Menyimpan data dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar | |||||
9 | Memanfaatkan hasilpenilaian dan evaluasi | 9.1 Menggunakan informasihasil penilaian dan evaluasi | 9.1.1 Menentukan Kreteria Ketuntasan berguru dengan menggnakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | ||
untuk kepentingan | untuk memilih ketuntasan | 9.1.2. Mengkonstruksikan hasil penilaian dan penilaian dengan KKM yang sudah ditentukan | |||
pembelajaran. | 9.2 Menggunakan informasi | 9.2.1. Menentukan tujuan dan sasaran acara remedial dan pengayaan | |||
hasil penilaian dan evaluasiuntuk merancang program | 9.2.2. Merancang acara remedial dengan memakai hasil penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran | ||||
remedial dan pengayaan. | 9.2.3. Merancang acara pengayaan dengan memakai hasil penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran | ||||
9.3 Mengkomunikasikan hasil | 9.3.1 Membuat laporan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran | ||||
penilaian dan penilaian kepadapemangku kepentingan. | 9.3.2 Mengkomunikasikan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran kepada siswa, wali murid/orang tua,kepala sekolah, pemangku kepentingan, dan pemerintah | ||||
9.4 Memanfaatkan informasihasil penilaian dan evaluasi | 9.4.1 Memanfaatkan gosip hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi penyusunan rancanganpembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. | ||||
pembelajaran untukmeningkatkan kualitas | 9.4.2 Memanfaatkan gosip hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi perbaikan proses belajar | ||||
pembelajaran. | 9.4.3 Memanfaatkan gosip hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi pengayaan proses belajar | ||||
9.4.4 Memanfaatkan gosip penilaian untuk pengembangan penilaian pembelajaran | |||||
10 | Melakukan tindakan | 10.1 Melakukan refleksi | 10.1.1 Menjelaskan konsep dan definisi kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | ||
reflektif untuk | terhadap pembelajaran yang | 10.1.2 Menjelaskan prinsip reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | |||
peningkatan kualitas | telah dilaksanakan. | 10.1.3 Menjelaskan tujuan dan sasaran Reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | |||
pembelajaran. | 10.1.4 Menjelaskan teknik-teknik reflektif | ||||
10.1.5 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | |||||
10.2 Memanfaatkan hasilrefleksi untuk perbaikan dan | 10.2.1 Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki dan dikembangkan menurut hasil refleksipembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | ||||
pengembangan lima matapelajaran SD/MI | 10.2.2 Menentukan permasalahan yang harus diselesaikan menurut hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembanganlima mata pelajaran SD/MI. | ||||
10.2.3 Merancang acara remidial dan pengayaan dari hasil refleksi pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | |||||
10.2.4 Menyusun laporan hasil Reflektif (Jurnal Belajar) | |||||
10.3 Melakukan penelitian | 10.3.1 Menjelaskan pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK | ||||
tindakan kelas untukmeningkatkan kualitas | 10.3.2 Identifikasi dasar-dasar penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima matapelajaran SD/MI. | ||||
pembelajaran lima matapelajaran SD/MI. | 10.3.3 Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup dipecahkandengan PTK. | ||||
10.3.4 Memilih duduk kasus di kelas yang sanggup dipecahkan dengan PTK terkait lima mata pelajaran SD/MI | |||||
10.3.5 Merumuskan duduk kasus di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang sanggup dipecahkan dengan PTK | |||||
10.3.6 Melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah di lakukannya selama mengajar | |||||
10.3.7 Membuat rancangan tindakan yang akan dilaksanakan | |||||
10.3.8 Menyusun kerangka pikir dalam bentuk diagram | |||||
10.3.9 Pengembangan tawaran Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terkait pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | |||||
10.3.10 Melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | |||||
10.3.11 Melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah di lakukannya selama mengajar | |||||
11 | Menguasai materi,struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung matapelajaran yang diampu. | ||||
Bahasa ndonesia | 20.1 Memahami hakikat bahasa | 20.1.1 menjelaskan hakikat bahasa | |||
dan pemerolehan bahasa. | 20.1.2 membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa | ||||
20.1.3 menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak | |||||
20.1.4 mengidentifikasi faktor-faktor yang menghipnotis pemerolehan bahasa | |||||
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. | 20.2.1 menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia | ||||
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. | 20.2.2 membedakan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia | ||||
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. | 20.2.3 Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia | ||||
20.2 Memahami kedudukan,fungsi, dan ragam bahasaIndonesia. | 20.2.4 menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.1 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.2 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaanbahasa Indonesia yang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.3 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (akronim dan singkatan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.4 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, relasi makna=polisemi, sinonim, antonim,hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.5 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3 6 menerapkan kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3 7 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaanbahasa Indonesia yang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.8 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (akronim dan singkatan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.9 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, relasi makna=polisemi, sinonim, antonim,hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.10 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.11 Mengidentifikasi unsur-unsur wacana | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.12 Mengidentifikasi isi perihal (konten IPS) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.13 Mengidentifikasi jenis perihal (konten IPS) | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.14 Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacana | ||||
20.3 Menguasai dasar-dasar dankaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 20.3.15 Menyusun perihal yang kohesif dan koheren | ||||
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | 20.4.1 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara verbal (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca danmenulis) | ||||
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | 20.4.2 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara diskrit: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | ||||
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | 20.4.3 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis) | ||||
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | 20.4.4 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa menurut konteks (akademis, formal, vokasional) | ||||
20.4 Memiliki keterampilanberbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | 20.4.5 Menerapkan prinsip dan mekanisme berbahasa secara verbal produktif. Berbicara (monolog, bercerita, pidato,ceramah, khotbah, dialog, wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama) | ||||
sehari-hari | 20.9. 3 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilanganberpangkat dan akar, FPB dan KPK | ||||
20.9. 4 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bundar dan bilangan pecahansederhana | |||||
20.9.5 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perbandingan | |||||
20.9.6 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu | |||||
20.9.7 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi danpersegipanjang | |||||
20.9.8 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari dengan memakai taktik gambar atau modelmatematika sederhana | |||||
20.10 Mampu menggunakan | 20.10.1 Menggunakan alat peraga matematika sesuai dengan fungsinya | ||||
alat peraga, alat ukur, alat | 20.10.2 Menggunakan alat ukur sesuai besaran yang diukur (panjang, waktu, sudut, berat) | ||||
hitung, dan piranti lunakkomputer. | 20.10.3 Menggunakan piranti pengolah kata untuk mengetik simbol/notasi matematika dan menggambar obyek geometri | ||||
20.10.4 Menggunakan piranti pengolah angka untuk pengolahan nilai | |||||
20.10.5 Menggunakan piranti presentasi untuk kegiatan pembelajaran di kelas. | |||||
13 | 20. Menguasai materi, | 20.13 Memahami struktur IPA | 20.13.1 Mendeskripsikan relasi antara struktur anggota badan insan dengan fungsinya | ||
struktur, konsep, dan pola | termasuk relasi fungsional | 20.13.2 Mendeskripsikan relasi antara struktur panca indera dengan fungsinya. | |||
20.13.3 Menjelaskan perawatan badan dan pemeliharaan kesehatan tubuh. | |||||
20.13.4 mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup. | |||||
20.13.5 mendeskripsikan komponen-komponen penyusun lingkungan hidup. | |||||
20.13.6 menjelaskan aneka macam jenis ekosistem. | |||||
20.13.7 mendeskripsikan pengertian populasi | |||||
20.13.8 mendeskripsikan perawatan binatang dan tumbuhan | |||||
20.13.9 mendeskripsikan daur hidup hewan | |||||
20.13.10 mendeskripsikan perkembangbiakan tanaman | |||||
20.13.11 mendeskripsikan sifat benda padat. | |||||
20.13.12 mendeskripsikan sifat benda cair | |||||
20.13.13 mendeskripsikan sifat benda gas | |||||
20.13.14 mengidentifikasi perubahan wujud benda | |||||
20.13.15 mendeskripsikan pengertian perubahan fisika | |||||
20.13.16 mendeskripsikan pengertian perubahan kimia | |||||
20.13.17 menjelaskan teknik memanfaatkan perubahan benda | |||||
20.13.18 menjelaskan cara mencegah terjadinya perubahan kimia | |||||
20.13.19 membedakan gabungan homogen dari gabungan heterogen | |||||
20.13.20 mengidentifikasi gabungan homogen dan gabungan heterogen | |||||
20.13.21 memilih kadar kadar zat dalam campuran | |||||
20.13.22 menjelaskan konsep larutan | |||||
20.13.23 membedakan larutan dengan campuran | |||||
20.13.24 menjelaskan teknik pemisahan gabungan secara sederhana | |||||
20.13.25 mengubah satuan dalam besaran fisika | |||||
20.13.26 Menentukan suatu hasil pengukuran | |||||
20.13.27 Mengoperasikan aneka macam alat ukur besaran pokok | |||||
20.13.28 Menjelaskan imbas gaya terhadap gerak benda | |||||
20.13.29 Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana | |||||
20.13.30 Menjelaskan sifat-sifat cahaya | |||||
20.13.31 Mendeskripsikan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari-hari | |||||
20.13.32 Membedakan pengertian suhu dan kalor | |||||
20.13.33 Menjelaskan imbas kalor pada benda | |||||
20.13.34 Mengkonversi penunjukkan skala termometer | |||||
20.13.35 Mendeskripsikan pemanfaatan kalor dalam kedidupan sehari-hari | |||||
20.13.36 Menentukan suatu hasil pengukuran dalam suatu rangkaian listrik | |||||
20.13.37 Membedakan jenis-jenis rangkaian listrik | |||||
20.13.38 Menjelaskan relasi antara tanda-tanda kelistrikan dengan kemagnetan | |||||
20.13.39 Mendeskripsikan pemanfaatan tanda-tanda kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari | |||||
20.13.1.40 Menjelaskan bentuk-bentuk energi | |||||
20.13.41 Menjelaskan perubahan energi | |||||
20.13.42 Mendeskripsikan pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari | |||||
20.13.43 Menjelaskan aneka macam kejadian alam | |||||
20.13.44 Menyebutkan jenis-jenis sistem penanggalan | |||||
pelajaran/bidangpengembangan yang diampu. | 21.2 Memahami kompetensidasar lima mata pelajaranSD/MI. | 21.2.1 memilih IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI . | |||
21.3 Memahami tujuan | 21.3.1 memilih tujuan pembelajaran sesuai IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI | ||||
pembelajaran lima mata | 21.3.2 menganalisis acara pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran | ||||
22 | Mengembangkan materipembelajaran yang diampu | 22.1 Memilih materi lima matapelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan akseptor didik. | 22.1.1 Menentukan ruang lingkup materi/bahan asuh sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VI | ||
22.2 Mengolah materi limamata pelajaran SD/MI secara integratif dan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan akseptor didik. | 22.2.1 Menyusun materi pembelajaran dari lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d. Kelas VI secara integratif dan kreatifsesuai dengan tingkat perkembangan akseptor didik. | ||||
15 | Mengembangkan | 23.1 Melakukan refleksi | 23.1.1. Memilih materi refleksi yang sempurna untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru | ||
keprofesionalan secara | terhadap kinerja sendiri secara | 23.1.2. Menjelaskan cara refleksi terhadap kinerja sendiri | |||
berkelanjutan dengan | terus menerus. | 23.1.3. Menentukan pokok permasalahan dalam pembelajaran yang perlu diperbaiki | |||
melakukan tindakanreflektif. | 23.2 Memanfaatkan hasilrefleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. | 23.2.1. Menentukan tindakan perbaikan pembelajaran yang sempurna menurut hasil refleksi | |||
23.3 Melakukan penelitian | 23.3.1 mengetahui konsep dan mekanisme penelitian tindakan kelas | ||||
tindakan kelas untuk | 23.3.2. Menjelaskan cara pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas | ||||
dengan berguru dari berbagai | 23.4.2. Menggunakan TIK untuk mencari gosip pembelajaran | ||||
sumber. | 23.4.3. mengetahui macam dan karakteristik lembaga ilmiah yang sesuai bagi peningkatan keprofesionalisan guru | ||||
16 | Memanfaatkan teknologi | 24.1 Memanfaatkan teknologi | 24.1.1 Menggunakan email untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD. | ||
informasi dan komunikasi | informasi dan komunikasi dalam | 24.1.2 Menggunakan web-blog sebagai sarana komunikasi antar akseptor KKG. | |||
untuk berkomunikasi dan | 24.2 Memanfaatkan teknologi | 24.2.1 Menggunakan mesin pencari untuk mencari acuan penelitian tindakan kelas. | |||
mengembangkan diri. | informasi dan komunikasi untukpengembangan diri. | 24.2.2 Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pembinaan online bagi guru SD kelas IV s.dVI. |
0 Response to "Kisi-Kisi Soal Ukg Tahun 2017 Sd: Kelas Rendah Dan Tinggi"
Post a Comment