Kisi-Kisi Soal Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Guru Paud Dan Tk

 Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi gu Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Guru PAUD dan TK

Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Guru PAUD dan TK


Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru PAUD/TK yang pindah mata pelajaran.

Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru PAUD dan TK, maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting ialah dengan membaca kisi-kisi UKG tersebut.

Bagi Anda para guru PAUD dan Taman Kanak-kanak yang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan dua tautan download penting, yaitu: kisi-kisi UKG guru PAUD dan TK.

Baca Juga: 


Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2017 Guru Kelas SD:Kelas Tinggi dan Kelas Rendah. Pretest UKG SIMPKB

Kisi-kisi mengacu pada kisi-kisi UKG tahun 2015 yang tentu saja bahannya sanggup didapatkan pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Nah, berikut ialah tautan downloadnya:



Berikut ialah cuplikan dari Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Guru PAUD dan TK:


No Kompetensi Utama KOMPETENSI GURU KELAS Indikator Esensial/Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
a b d e
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.1. Menelaah aspek perkembangan nilai agama dan budpekerti menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.2. Menelaah aspek perkembangan fisik-motorik menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.3. Menelaah aspek perkembangan kognitif menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.4. Menelaah aspek perkembangan bahasa menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.5. Menelaah aspek perkembangan sosial emosional menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 1. Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini A.1.6. Menelaah aspek perkembangan seni menurut karakteristik AUD
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.1. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan aspek perkembangan nilai agama dan moral
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan fisik-motorik
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.3 Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan kognitif
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.4. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan bahasa
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.5. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan sosial emosional
1 Pedagogik 2. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada aneka macam aspek perkembangan A.2.6. Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangan kebutuhan seni
1 Pedagogik 3. Mengidentifikasi kemampuan awal anak usia dini dalam aneka macam bidang pengembangan A.3.1. Melakukan deteksi kemampuan awal anak usia dini dalam aspek nilai agama dan moral
1 Pedagogik 3. Mengidentifikasi kemampuan awal anak usia dini dalam aneka macam bidang pengembangan A.3.2. Melakukan deteksi kemampuan awal anak usia dini dalam aspek fisik-motorik
1 Pedagogik 3. Mengidentifikasi kemampuan awal anak usia dini dalam aneka macam bidang pengembangan A.3.3. Melakukan deteksi kemampuan awal anak usia dini dalam aspek kognitif
Roseau, Frobel, sesuai dengan prinsip-prinsip bermain sambil berguru yang mendidik yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD
B.2.3. Menelaah teori berguru Abdullah Nasheh Ulwan, Ibnu Qoyim Aljauziah (Filsuf Muslim) sesuai dengan prinsip-prinsip bermain sambil berguru yang mendidik yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD
3. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil berguru yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD B.3.1. Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran anak usia dini
3. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil berguru yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD B.3.2. Menerapkan metode pembelajaran yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD
3. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil berguru yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD B.3.3. Menerapkan teknik bermain sambil berguru yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.1. Merancang kegiatan bermain melalui pendekatan saintifik dalam model kelompok dengan kegiatan pengaman
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.2.. Merancang kegiatan bermain melalui pendekatan saintifik dalam model sudut
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.3. Merancang kegiatan bermain melalui pendekatan saintifik dalam model area
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.4. Merancang kegiatan bermain melalui pendekatan saintifik dalam model sentra
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.5. Merancang kegiatan bermain menerapkan aneka macam metode pembelajaran yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di PAUD
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.6. Merancang kegiatan bermain dengan teknik bermain sambilbelajar yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di
4. Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini B.4.6. Merancang kegiatan bermain dengan teknik bermain sambilbelajar yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan aneka macam bidang pengembangan di
3 Pedagogik 1. Menyusun isi jadwal pengembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan anak usia dini pada aneka macam aspek perkembangan C.1.1. Menyusun kerangka KTSP PAUD
3 Pedagogik 1. Menyusun isi jadwal pengembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan anak usia dini pada aneka macam aspek perkembangan C.1.2. Melakukan analisis KI, KD, Indikator, tema, sub tema dan sub sub tema sesuai dengan kebutuhan AUD
3 Pedagogik 2. Membuat rancangan kegiatan bermain
dalam bentuk jadwal tahunan, semester, mingguan, dan harian C.2.1. Menyusun jadwal semester sesuai dengan kebutuhan AUD
dalam bentuk jadwal tahunan, semester, mingguan, dan harian C.2.2. Menyusun RPPM sesuai dengan kebutuhan AUD
dalam bentuk jadwal tahunan, semester, mingguan, dan harian C.2.3. Menyusun RPPH sesuai dengan kebutuhan AUD
4 Pedagogik 1. Memilih prinsip-prinsip pengembangan yang mendidik dan menyenangkan D.1.1. Menentukan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan
4 Pedagogik 1. Memilih prinsip-prinsip pengembangan yang mendidik dan menyenangkan D.1.2. Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap dalam kelas (in door)
4 Pedagogik 2. Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatandi dalam kelas, maupun luar kelas D.2.1. Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap di luar kelas (out door)
4 Pedagogik 3. Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, autentik, dan bermakna D.3.1. Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, autentik, dan bermakna (kontekstual)
5 Pedagogik 1. Memilih teknologi isu dan komunikasi serta materi latih yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini E.1.1. Mengidentifikasi teknologi isu dan komunikasi yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini
5 Pedagogik 1. Memilih teknologi isu dan komunikasi serta materi latih yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini E.1.2. Menentukan materi latih berbasis teknologi isu dan komunikasi pada anak usia dini
5 Pedagogik 1. Memilih teknologi isu dan komunikasi serta materi latih yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini E.1.3. Menyusun materi latih berbasis teknologi isu dankomunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik
5 Pedagogik 2. Menggunakan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik E.2.1. Memanfaatkan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan proses pembelajaran yang mendidik
5 Pedagogik 2. Menggunakan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik E.2.2. Menggunakan materi latih berbasis teknologi isu dankomunikasi yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik 1. Memilih sarana kegiatan dan sumber berguru pengembangan anak usia dini F.1.1. Mengidentifikasi kebutuhan sarana kegiatan berguru pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik 1. Memilih sarana kegiatan dan sumber berguru pengembangan anak usia dini F.1.2.. Mengidentifikasi kebutuhan sumber berguru pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik F.1.2.. Mengidentifikasi kebutuhan sumber berguru pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik F.1.2.. Mengidentifikasi kebutuhan sumber berguru pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik 2. Membuat media kegiatan pengembangan anak usia dini F.2.1. Mengidentifikasi kebutuhan sumber berguru pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik 3. Mengembangkan potensi dan kreatifitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil belajar F.3.1. Membuat media kegiatan pengembangan anak usia dini
6 Pedagogik 3. Mengembangkan potensi dan kreatifitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil belajar F.3.2. Mengembangkan potensi dan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil berguru dalam aspek fisik motorik
6 Pedagogik 3. Mengembangkan potensi dan kreatifitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil belajar F.3.3. Mengembangkan potensi dan kreativitas anak usia dini
F.3.4. Mengembangkan potensi dan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil berguru dalam aspek bahasa
F.3.5. Mengembangkan potensi dan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil berguru dalam aspek seni
F.3.5. Mengembangkan potensi dan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil berguru dalam aspek seni
7 Pedagogik 1. Memilih aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. G.1.1. Mengidentifikasi teknik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini.
7 Pedagogik 1. Memilih aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. G.1.2. Menentukan teknik komunikasi efektif yang efektif, empatik dan santun dengan orang tua
7 Pedagogik 1. Memilih aneka macam taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini. G.1.3. Menentukan teknik komunikasi efektif yang efektif, empatik dan santun dengan rekan sejawat
7 Pedagogik 2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini G.2.1. Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan anak usia dini
7 Pedagogik 2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini G.2.2. Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan orang tua
7 Pedagogik 2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini G.2.3. Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan rekan sejawat
G.2.3. Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan rekan sejawat
8 Pedagogik 1. Memilih pendekatan, metode dan teknik asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan pada anak usia dini H.1.1. Menetapkan kriteria pemilihan pendekatan, metode, dan teknik asesmen pembelajaran anak usia dini
8 Pedagogik 1. Memilih pendekatan, metode dan teknik asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan pada anak usia dini H.1.2. merancang instrumen dan rubrik asesmen di PAUD.
8 Pedagogik H.1.2. merancang instrumen dan rubrik asesmen di PAUD.
8 Pedagogik H.1.2. merancang instrumen dan rubrik asesmen di PAUD.
8 Pedagogik 2. Menggunakan prinsip dan mekanisme asesmen proses dan hasil kegiatanpengembangan anak usia dini H.2.1. Memberikan referensi penggunaaan prinsip dan mekanisme asesmen dalam pengembangan anak usia dini
8 Pedagogik 3. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil berguru secara berkesinambungandengan mengunakan aneka macam instrumen H.3.1. Memberikan referensi sistem manajemen asesmen pembelajaran anak suai dini
8 Pedagogik 4. Menentukan tingkat capaian perkembangan anak usia dini H.4.1. Merumuskan kritera BB, MB, BSH, dan BSB dalam asesmen pembelajaran anak usia dini
8 Pedagogik 5. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk aneka macam tujuan H.5.1. Melakukan analisis hasil asesmen anak usia dini
8 Pedagogik 6. Melakukan penilaian proses dan hasil belajar H.6.1. Memberikan referensi pelaksanaan aesemen proses dan hasil pembelajaran anak usia dini
6. Melakukan penilaian proses dan hasil belajar H.6.1. Memberikan referensi pelaksanaan aesemen proses dan hasil pembelajaran anak usia dini
9 Pedagogik 1. Melaksanakan penilaian, penilaian proses dan hasil berguru anak usia dini I.1.1. melakukan asesmen proses dan hasil berguru Anak Usia
2. Membuat laporan penilaian, penilaian proses dan hasil belajar I.2.1. Membuat laporan asesmen anak usia dini
2. Membuat laporan penilaian, penilaian proses dan hasil belajar I.2.1. Membuat laporan asesmen anak usia dini
10 Pedagogik 1. Melakukan refleksi terhadap kegiatan pengembangan anak usia dini yang telahdilaksanakan J.1.1. Melakukan refleksi kegiatan refleksi hasil pengembangan penerima didik
10 Pedagogik 2. Meningkatkan kualitas pengembangan anak usia dini melalui penelitian tindakankelas J.2.1. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK)
10 Pedagogik 3. Melakukan penelitian tindakan kelas J.3.1. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas
Pedagogik 3. Melakukan penelitian tindakan kelas J.3.1. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas
11 Pedagogik 1. Menggunakan isu hasil penilaian dan penilaian untuk kesinambungan belajaranak usia dini K.1.1. Memberikan referensi penerapan isu hasil penilaian untuk tindak lanjut pengembangan anak usia dini
11 Pedagogik 2. Melaksanakan jadwal remedial dan pengayaan K.2.1. Merancang jadwal pemberian sumbangan dan pengembangan kepada penerima didik
11 Pedagogik 3. Memanfaatkan isu hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untukmeningkatkan kualitas pembelajaran K.3.1. Memberikan referensi pengembangan kualitas pembelajaran menurut hasil penilaian dan evaluasi
11 Pedagogik 4. Mengomunikasikan hasil penilaian pengembangan dan penilaian programkepada pemangku kepentingan K.4.1. Menggunakan teknik presentasi dalam mengkomunikasikanhasil penilaian pengembangan dan penilaian jadwal kepada pemanggku kepentingan
4. Mengomunikasikan hasil penilaian pengembangan dan penilaian programkepada pemangku kepentingan K.4.1. Menggunakan teknik presentasi dalam mengkomunikasikanhasil penilaian pengembangan dan penilaian jadwal kepada pemanggku kepentingan
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.1. Menjelaskan konsep dasar agama dan budpekerti sesuai dengankebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.2. Menjelaskan konsep dasar sosial emosional sesuai dengankebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.3. Menjelaskan konsep dasar kognitif sesuai dengankebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.4. Menjelaskan konsep Dasar Bahasa sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.5. Menjelaskan konsep dasar fisik motorik sesuai dengankebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.6. Menjelaskan Konsep dasar Seni sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini.
12 Profesional 1. Menelaah konsep dasar keilmuan bidang matematika, sains, bahasa, studi sosial, seni dan agama yang sesuai dengan kebutuhan, tahapan perkembangan dan psikomotorik anak usia dini. A.1.7. Menjelaskan tahap perkembangan anak
12 Profesional 2. Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, acara dan konten dalam pengembangan anak usia dini A.2.1. Memberkan referensi perkembangan agama dan budpekerti anak usia 4 -6 tahun.
12 Profesional 2. Mengorganisasikan konsep dasar keilmuan sebagai alat, acara dan konten dalam pengembangan anak usia dini A.2.2. Memberkan referensi perkembangan motorik garang anak usia

0 Response to "Kisi-Kisi Soal Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Guru Paud Dan Tk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel