Jelaskan pengertian pemanasan global dan apa penyebabnya!

Jelaskan pengertian pemanasan global dan apa penyebabnya!

Jawab :

Pemanasan global (global warming) merupakan kondisi meningkatnya suhu rata-rata Bumi akibat konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih.

Penyebab terjadinya pemanasan global adalah meningkatknya kadar karbondioksida di atmosfer, karena meningkatnya emisi gas rumah kaca dan bahan bakar fosil, pencemaran laut, pembakaran hutan, dan mencairnya es di kutub

Penjelasan 

Pemanasan global dipicu oleh meningkatnya kadar CO2 (karbondioksida) di udara. Pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan dapat meningkatkan kadar karbon dioksida di atmosfer.

Karena karbon dioksida merupakan salah satu gas rumah kaca, maka meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer akan berkontribusi terhadap terjadinya pemanasan global.

Konsensus ilmiah bersepakat bahwa suhu rata-rata Bumi meningkat antara 0,4 sampai dengan 0,8ºC dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Diperkirakan, suhu rata-rata Bumi akan mengalami peningkatan 1,4 sampai dengan 5,8 ºC pada tahun 2100 yang akan datang.

Dampak Pemanasan Global

Berikut ini adalah dampak dari adanya pemanasan global terhadap kehidupan di Bumi.

  1. Meningkatnya temperatur Bumi secara terus menerus. Beberapa wilayah di Bumi mungkin temperaturnya menjadi lebih tinggi dan wilayah lainnya mungkin tidak.
  2. Mencairnya es akibat kenaikan temperatur dari tahun ke tahun. Hal tersebut berakibat peningkatan kadar air laut. Begitu pula daratan pantai yang landai, lama kelamaan akan mengalami peningkatan akibat penggenangan air.
  3. Hilangnya terumbu karang. Para ilmuwan memprediksi bahwa terumbu karang akan mengalami kondisi terburuk pada tahun 2100, karena peningkatan suhu dan pengasaman laut.
  4. Musim kemarau menjadi lebih panjang. Pemanasan global dapat menyebabkan musim kemarau lebih panjang pada sebagian besar wilayah di dunia, terutama di wilayah dua musim seperti Indonesia.
  5. Suhu laut menjadi semakin hangat. Kondisi ini memberikan dampak yang lebih besar, yaitu matinya koral. Jika koral di lautan mati, maka sebagian besar ekosistem di laut akan sangat rentan untuk musnah.
  6. Permafrost (tanah beku) mencair. Jika permafrost mencair, maka karbon dioksida yang membeku di tanah dapat lepas ke atmosfer dan memperparah efek rumah kaca.
  7. Salju dan es menjadi semakin sedikit. Salju dan es di puncak-puncak gunung akan menipis yang tentu akan memperkecil suplai air tawar ke sungai-sungai.
  8. Musim menjadi tidak menentu. Pergantian musim akan menjadi tidak menentu terutama pada wilayah khatulistiwa.
  9. Badai dan tornado menjadi lebih kuat dari biasanya. Akibat dari efek ini, banjir akan melanda makin banyak wilayah di dunia setiap tahunnya.
  10. Siklus hidup tumbuhan dan migrasi binatang menjadi berubah. Karena musim dan iklim yang menjadi tidak menentu, maka migrasi binatang menjadi berubah. Selain itu, siklus hidup tanaman juga akan berubah.
  11. Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon berfungsi melindungi Bumi dari bahaya radiasi sinar ultraviolet (UV). Berdasarkan hasil pengamatan satelit, diketahui bahwa lapisan ozon secara berangsur-angsur mengalami penipisan sejak pertengahan sejak tahun 1970.

Upaya Mengatasi Pemanasan global

Penyebab terbesar dari pemanasan global adalah emisi gas karbon dioksida yang dilepaskan pada saat bahan bakar fosil, seperti minyak dan batu bara yang dibakar untuk menghasilkan energi.

Besarnya bahan bakar fosil untuk aktivitas manusia akan menyumbangkan peningkatan karbon dioksida di udara.

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global, antara lain sebagai berikut.

  1. Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, minyak, dan bahan organik lainnya.
  2. Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.
  3. Melakukan penghematan energi listrik.
  4. Menghentikan penebangan hutan secar liar dan melakukan tebang pilih.
  5. Mengurangi penggunaan bahan CFC atau menggantinya dengan produk yang ramah lingkungan.
  6. Mengurangi pemakaian plastik dan bahan rumah tangga yang tidak dapat didaur ulang.
  7. Melakukan penghijauan dengan penanaman pohon, terutama pada daerah yang tandus.
  8. Menggiatkan kampanye tentang pemanasan global, untuk menyadarkan bahayanya terhadap kehidupan manusia di Bumi.

0 Response to "Jelaskan pengertian pemanasan global dan apa penyebabnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel