Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan sebutkan dampaknya bagi bumi!

Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan sebutkan dampaknya bagi bumi!

Jawab :

Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas.

Fenomena efek rumah kaca ini dapat menyakibatkan pemanasan global di Bumi apabila tidak segera ditanggulangi.

Penjelasan

Efek rumah kaca dapat diartikan sebagai proses naiknya suhu bumi yang disebabkan perubahan komposisi atmosfer.

Kondisi tersebut menyebabkan sinar matahari tetap berada di bumi dan tidak dapat dipantukan secara sempurna, keluar atmosfer.

Pada atmosfer Bumi, banyak terdapat gas-gas rumah kaca alami. Gas rumah kaca tersebut membiarkan cahaya Matahari masuk ke dalam Bumi, akan tetapi gas tersebut memantulkannya kembali ke permukaan bumi.

Akibatnya kondisi Bumi tetap dalam keadaan hangat, seperti halnya rumah yang dindingnya terbuat dari kaca.

Efek rumah kaca pertama kali dikenalkan pada tahun 1824 oleh ilmuwan yang bernama Joseph Fourier.

Menurut pendapat yang Joseph Fourier sampaikan pada masyarakat. Dia menganggap efek rumah kaca adalah proses pemanasan yang disebabkan oleh komposisi atmosfer.

Faktor Pemicu Efek Rumah Kaca

Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan sebutkan dampaknya bagi bumi Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan sebutkan dampaknya bagi bumi!

Faktor utama yang memicu terjadinya efek rumah kaca adalah meningkatnya konsentrasi karbondioksida (CO2) dan gas-gas lain di atmosfer.

Peningkatan karbondioksida (CO2) di Bumi banyak disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak, batubara, dan bahan sejenisnya  yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Energi yang masuk ke Bumi, 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer, 25% diserap awan, 45% diserap permukaan Bumi, dan 10% dipantulkan kembali oleh permukaan Bumi

Energi yang diserapoleh Bumi dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan Bumi. Akan tetapi, sebagian besar inframerah yang dipancarkan Bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan Bumi

Pada keadaan normal, efek rumah kaca sangat diperlukan Bumi. karena dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di Bumi tidak terlalu jauh berbeda.

Dampak Efek Rumah Kaca Terhadap Bumi

Pada dasarnya efek rumah kaca merupakan fenomena alam yang wajar, akan tetapi Yang menjadi permasalahan adalah femonemanya yang berjalan begitu cepat.

Fenomena efek rumah kaca yang sangat cepat dapat mengakibatkan berbagai kerusakan di permukaan bumi, karena mengancam kehidupan manusia, merusak ekosistem, dan juga merusak keseimbangan lingkungan, karena berkurangnya kemampuan lingkungan dalam menyerap karbondioksida di atmosfer.

Hal terpenting dari fenomena efek rumah kaca ini adalah dapat menyakibatkan pemanasan global apabila tidak segera ditanggulangi.

Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga berakibat kepada beberapa pulau kecil tenggelam di negara kepulauan , yang membawa dampak perubahan yang sangat besar.

Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C. Apabila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030.

Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.

Zat-zat Pemicu Efek Rumah Kaca

Selain gas CO2, yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana dan klorofluorokarbon (CFC).

Gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.

0 Response to "Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan sebutkan dampaknya bagi bumi!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel