Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Tinggi Negeri ( Sbmptn ) Tahun 2016

Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2016- SBMPTN 2016 yaitu seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi menurut hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau memakai komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 perihal Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 perihal Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 perihal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 perihal Perubahan atas Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2015 perihal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, teladan penerimaan mahasiswa gres kegiatan Sarjana dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) Tahun 2016

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi sanggup mengikuti SBMPTN tanpa dibebani biaya tetapi didanai melalui dana pemberian biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri serta kegiatan studi. Secara rinci, gosip lengkap mengenai SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang sanggup diakses di laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa gres di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan mengatakan aneka macam laba dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan alasannya yaitu lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman dalam melakukan SBMPTN, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa gres melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melakukan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang sanggup diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.

Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT memakai soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang sanggup memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua kegiatan studi, yakni kemampuan daypikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang mencakup potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang menentukan kegiatan studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.


Tujuan SBMPTN

Tujuan SBMPTN yaitu sebagai berikut:
  • Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi bisa menuntaskan studi di perguruan tinggi dengan baik.
  • Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk menentukan lebih dari satu Perguruan Tinggi Negeri lintas wilayah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum :
  • SBMPTN 2016 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  Perguruan Tinggi Negeri secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi menurut hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau memakai komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
Persyaratan :
     Pendaftaran :
  • Bagi siswa lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah mempunyai ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun 2016 telah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat gosip jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di kegiatan studinya.
Penerimaan :
  • Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima.
Pendaftaran Online
  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara registrasi secara lengkap sanggup dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian borang registrasi ujian tertulis dan keterampilan sanggup diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  mulai tanggal 18 April 2016.
  • Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB hingga dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.
Jenis Ujian
  • Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat kegiatan studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas investigasi kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  • Ujian Keterampilan sanggup diikuti di Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai kegiatan studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Kelompok Ujian

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  • Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  • Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta sanggup mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.

Peserta sanggup menentukan kegiatan studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kegiatan studi dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Jika kegiatan studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  • Jika kegiatan studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  • Jika kegiatan studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
Urutan dalam pemilihan kegiatan studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta ujian yang hanya menentukan 1 (satu) kegiatan studi sanggup menentukan kegiatan studi di Perguruan Tinggi Negeri manapun.
  • Peserta ujian yang menentukan 2 (dua) kegiatan studi atau lebih, salah satu pilihan kegiatan studi tersebut harus di Perguruan Tinggi Negeri yang berada dalam satu wilayah registrasi dengan daerah peserta mengikuti ujian. Pilihan kegiatan studi yang lain sanggup di Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah registrasi daerah peserta mengikuti ujian.
  • Daftar wilayah pendaftaran, kegiatan studi, daya tampung per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016, dan jumlah peminat  kegiatan studi per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016 sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 11 April 2016.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
  • Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  • Biaya seleksi sanggup dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
  • Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.
Jadwal Ujian

Jadwal  Ujian Tertulis
  • Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016
Jadwal Ujian Keterampilan
  • Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2016.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan sanggup diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.


Peserta Pelamar Program Bidikmisi
  • Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari mekanisme registrasi kegiatan Bidikmisi melalui laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  • Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  • Calon peserta peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2016 namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2016, maka calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2016 melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memakai KAP  dan PIN yang diperoleh dari sistem Bidikmisi Kemristekdikti untuk mencetak slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2016 ke Bank Mandiri atau Bank BNI.
  • Calon peserta peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2016, sanggup memakai KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2016 tanpa harus membayar biaya seleksi.
Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat
  • Informasi resmi mengenai SBMPTN 2016 sanggup diakses melalui laman resmi http://www.sbmptn.ac.id
  • Informasi resmi lainnya juga sanggup diperoleh melalui Twitter : @SekreSBMPTN, Facebook : www.facebook.com/SekreSBMPTN, Helpdesk : http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456.
Alamat Panitia Nasional SNMPTN 2016:
        Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
        Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
        Telepon (0274) 544049,
        Faksimile (0274) 520325,
        E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id
Lain-lain

Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2016 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. dan Panduan Peserta SBMPTN 2016.

0 Response to "Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Tinggi Negeri ( Sbmptn ) Tahun 2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel