Download Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Pdf
Thursday, November 8, 2018
Add Comment
Download Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jenjang SD-MI, SMP-MTs. SMA-MA, SMK-MAK | pdf
Berikut Adalah Tautan Download Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 | pdfBerikut yakni isi dari panduan tersebut.
No | Komponen RPP | Penjelasan |
---|---|---|
1 | Identitas | Sekolah : (Diisi nama sekolah/satuan pendidikan)Mata Pelajaran : (Diisi nama mata pelajaran) Kelas/Semester : (Diisi dengan jenjang kelas dan semester) M ateri Pokok : ( Diam bil dari K om pete nsi Dasa r/ K D)Alok as i W akt u: sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan bebanbelajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai. |
2 | KompetensiInti/KI | a. KI dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016 |
2 | KompetensiInti/KI | b. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilanyang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau acara dalam mencapai SKL.c. Rumusan KI yang dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016 sebagai berikut.1) Mata Pelajaran PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.KI 1 : Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional.KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalahKI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.2) Mata Pelajaran selain PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yakni “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yakni “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab |
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajianyang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalahKI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan kaidah keilmuan. | ||
3 | KD dan IPK | 1) KD dikutib dari Permendikbud No 24 Tahun 2016 |
3 | KD dan IPK | 2) KD merupakan kemampuan minimal dan bahan pembelajaran minimal yangharus dicapai akseptor didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada KI.3) IPK dikembangkan dari KD, merupakan kemampuan minimal yang sanggup diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 1 dan KI 2, dan kemampuan yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 3 dan KI 4.4) IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukanpenilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.5) IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dandimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif6) IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan aneh dan/atau ketrampilan konkret7) Peserta didik boleh mempunyai kemampuan di atas yang telah ditetapkan dalamIPK dan sanggup dikembangkan dari LOTS menuju HOTS) |
4 | TujuanPembelajaran | 1) dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasionalyang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan2) Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh akseptor didik3) Memberikan citra proses pembelajaran4) Memberikan citra pencapaian hasil pembelajaran |
5 | MateriPembelajaran | 1),memuat fakta, konsep/prinsip,dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalambentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaiankompetensi/IPK2) Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuia dengan cakupan bahan yang termuat pada IPK atau KD pengetahuan3) Cakupan bahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan4) Mengakomodasi muatan lokal sanggup berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dll yang sesuai dengan cakupan bahan pada KD pengetahuan |
6 | MetodePembelajaran | 1) Harus bisa mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran agarpeserta didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai2) Menerapkan pembelajaran aktif (peserta didik yang aktif) yang bermuara pada pengembangan HOTS3) Menggambarkan sintaks/tahapan yang terperinci (apabila memakai model pembelajaran tertentu).4) Sesuai dengan tujuan pembelajaran5) Menggambarkan proses pencapaian kompetensi |
7 | MediaPembelajaran | 1) berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran2) Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah3) Sesuai dengan karakterisitik akseptor didik |
4) Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsiptekno-pedagogis | ||
8 | Sumber Belajar | dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajarlain yang relevan |
9 | Langkah-langkahPembelajaran | 1) Dintegrasi:a) 4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuanberpikir/lebih luas dari HOTS): CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK): PROSES KONSEPTUALISASI, MENERAPKAN, MENGANALISIS, DAN MENGEVALUASI MELALUI PROSES BERPIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF (sintesis dari Scriven dan Paul, 1984; Facione, dkk., 1995; Scheffer dan Rubenfield, 2000). CREATIVITY (KREATIVITAS): KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SOLUSI, IDE, KONSEP, TEORI, PROSEDUR, PRODUK. INOVASI ADALAH BENTUK KREATIVITAS (sintesis antara Fullan, 2013 dan OECD, 2014) COLLABORATION (KERJASAMA): KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BAIK TATAP MUKA ATAU MELALUI KOMUNIKASI DUNIA MAYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, MENYELESAIKAN KONFLIK, MEMBUAT KEPUTUSAN, DAN NEGOSIASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU (sintesis antara Lai, 2011 dan Dede, 2010) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI): KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PIKIRANATAU PANDANGAN DAN HASIL LAIN DALAM BENTUK LISAN, TULISAN, MENGGUNAKAN IT, DAN KEMAMPUAN MENDENGAR, KEMAMPUAN MEMAHAMI PESAN (revisi dari Fullan, 2013, Canada, 2014)a) HOTS (kemampuan berpikir)b) Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan, dllc) Karakter2) Pembelajaran dirancang: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik3) Dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan epilog a) Kegiatan Pendahuluan: menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; memberi motivasi mencar ilmu akseptor didik secara kontekstual sesuaimanfaat dan aplikasi bahan bimbing dalam kehidupan sehari-hari, dengan memperlihatkan pola dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diadaptasi dengan karakteristik dan jenjang akseptor didik; mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari; menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akandicapai; dan memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.b) Kegiatan Inti: memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan |
dengan karakteristik bahan dan mata pelajaran. Mengembangkan sikap melalui proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan (seluruh acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong akseptor didik untuk melaksanakan acara tersebut) Mengembangkan pengetahuan melalui acara mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. Mengembangkan keterampilan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi bahan mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilanharus mendorong akseptor didik untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan.c) Kegiatan Penutupguru bersama akseptor didik baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi hal-hal berikut. seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; melaksanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pinjaman tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan | ||
10 | Penilaian HasilBelajar | 1) Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)2) Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran3) Sesuai bahan pembelajaran4) Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran(misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll)5) Memuat:a) Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan b) Teknik penilaian Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan Keterampilan: praktik, proyek, portofolio c) Bentuk instrumen Lembar observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar teman Soal pilihan ganda, soal esai, isian singkat, dll (mengembangkan soalHOTS/tingkat berpikir tinggi dari suatu kemampuan kognitif) Rubrik praktik/unjuk kerja, rubric proyek, rubrik portofolio |
11 | Lampiran | Hal-hal yang mendukung, misalnyaa) uraian bahan yang memang diperlukanb) instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran, dll |
Demikian goresan pena tentang
0 Response to "Download Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Pdf"
Post a Comment