Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018

Amongguru.com. Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenparRB) kembali membuka penerimaan Calon Siswa / Siswa Taruna / Taruni pada Kementerian atau Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan untuk tahun anggaran 2018.

Kesempatan ini diberikan kepada putra putri terbaik lulusan SMU atau sederajat yang memiliki keinginan untuk mengikuti seleksi penerimaan calon siswa / taruna pada kementerian atau lembaga penyelenggara.

Pengumuman tersebut bernomor 239/S.SM.01.00/2018 tentang Penerimaan Calon Siswa Siswi / Taruna Taruni pada Kementerian / Lembaga yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2018, tertanggal 28 Maret 2018, dengan ditandatangani oleh Dwi Wahyu Atmaji selaku Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018

Terdapat 8 (delapan) sekolah kedinasan yang akan menyelenggarakan seleksi penerimaan siswa / taruna pada tahun anggaran 2018 ini.

Kedelapan Kementerian / Lembaga Pendidikan Kedinasan ini adalah Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (POLITEKNIK STATISTIKA), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi).

Berikut ini tabel rincian instansi / lembaga penyelenggara, jumlah siswa / taruna yang akan diterima dan waktu pendaftaran.

No Instansi / Lembaga Pendidikan Kedinasan Jumlah yang Diterima Waktu Pendaftaran
1 Kemenkeu / PKN STAN 7.301 9 – 30 April 2018
2 Kemendagri / IPDN 2000
3 BSSN / STSN 100
4 Kemenkumham / POLTEKIP dan POLTEKIM 600
5 BIN / STIN 150
6 BPS / POLITEKNIK STATISTIKA 600
7 BMKG / STMKG 250
8 Kemenhub / 11 SEKOLAH TINGGI, POLTEK, dan AKADEMI 2.676

Sesuai tabel tersebut di atas, dapat diinformasikan bahwa Kemenkeu / Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN akan menerima calon siswa / taruna sebanyak 7.301, Kemendagri / Institut Penerimaan Dalam Negeri (IPDN) menerima 2.000 siswa / taruna, Badan Siber dan sandi Negara (BSSN) / Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) menerima 100 siswa / taruna, Kemenkumham / POLTEKIP dan POLTEKIM menerima 600 siswa / taruna.

Selanjutnya, Badan Inteligen Negara (BIN) / Sekolah Tinggi Inteligen Negara (STIN) menerima 150 siswa / taruna, Badan Pusat Statistik (BPS) / POLITEKNIK STATISTIKA menerima 600 siswa / taruna, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) / Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan geofisika (STMKG) menerima 250 siswa / taruna, dan Kemenhub / 11 SEKOLAH TINGGI, POLTEK, dan AKADEMI menerima 2.676 siswa / taruna.

Secara keseluruhan jumlah siswa siswa / taruna taruni yang akan diterima  pada Kementerian atau Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan untuk tahun anggaran 2018 adalah sebanyak 13.677 orang. Pendaftaran penerimaan dilakukan secara serempak mulai tanggal 9 sampai dengan 30 April 2018.

Di bawah ini beberapa ketentuan dalam Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018.

  • Peserta diwajibkan melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id. sesuai dengan penjadwalan (tanggal 9 – 30 April 2018).
  • Calon peserta hanya boleh mendaftar pada salah satu program studi dari delapan Instansi / Lembaga Pendidikan Kedinasan sebagaimana tersebut pada rincian tabel di atas. Apabila calon peserta mendaftar pada 2 (dua) program studi atau lebih, maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur.
  • Seleksi akan dilakukan secara bertahap pada masing-masing Kementerian / Lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tahapan seleksi selanjutnya akan diatur oleh masing-masing Kementerian / Lembaga.
  • Setia peserta yang dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Teknik Pembayaran akan diatur lebih lanjut dengan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara.
  • Untuk Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, selain dipungut biaya tersebut (Rp. 50.000,-) juga dipungut biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan.
  • Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi.
  • Pengangkatan menjadi CNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian / Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan pada Kementerian Perhubungan) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB).

Di dalam pengumuman juga dihimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan proses Penerimaan Siswa Siswi / Taruna Taruni tersebut.

Permintaan imbalan di luar ketentuan pelaksanaan penerimaan menjadi resiko peserta dan di luar kewewenangan panitia penyelenggara.

Ditegaskan pula bahwa tidak ada satu orang atau pihak mana pun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu. Hal ini berarti bahwa kelulusan peserta semata-mata ditentukan oleh kemampuan dan prestasinya sendiri.

Demikian Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pendaftaran, ada baiknya mulai mempersiapkan diri memilih program studi yang diinginkan dan juga persiapan administrasi yang nantinya dibutuhkan.

0 Response to "Pengumuman Penerimaan Calon Siswa/Taruna Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel