Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013
Amongguru.com. Makhluk hidup memiliki tingkat keanekaragaman sangat tinggi. Semakin lama makluk hidup akan semakin bertambah banyak, sehingga keanekaragamannya juga bertambah. Untuk mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam tersebut, maka dibutuhkan klasifikasi.
Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk menyederhanakan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
Klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus berdasarkan atas persamaan dan perbedaan struktur tubuh makhluk hidup. Carolus Linnaeus menggunakan sistem klasifikasi makhluk hidup yang disebut Sistem BinomialNomenklatur (Sistem Tata Nama Ganda).
Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi (kingdom) hingga yang terendah (spesies).
Kunci determinasi adalah kunci yang dipergunkan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, familia, genus, atau spesies. Dasar yang digunakan adalah identifikasi makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah sebagai berikut.
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Materi Pokok dalam Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai berikut.
- Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.
- Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.
- Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Makhluk Hidup memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 tatap muka (TM). Asumsinya 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi tiga kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan dua tatap muka (TM), masing-masing 2 JP.
Di dalam membantu peserta didik memahami materi klasifikasi makhluk hidup, berikut ini admin bagikan Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 25 butir yang dilengkapi dengan kunci jawaban.
Soal nomor 1
Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah ….
A. mempermudah pengenalan makhluk hidup
B. memilih makhluk hidup yang dapat dimakan
C. menentukan asal-usul makhluk hidup
D. memberikan nama pada setiap makhluk hidup
Kunci jawaban : A
Soal nomor 2
Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut ….
A. Botani
B. Zoologi
C. Taksonomi
D. Genetika
Kunci jawaban :C
Soal nomor 3
Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang disebut dengan ….
A. binomial nomenklatur
B. pengelompokan
C. kunci determinasi
D. klasifikasi
Kunci jawaban : A
Soal nomor 4
Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ….
A. divisi – kelas – familia – genus – spesies
B. divisi – familia – kelas – genus – spesies
C. filum – kelas – genus – spesies
D. filum – familia – kelas – genus – spesies
Kunci jawaban : A
Soal nomor 5
Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….
A. semakin banyak
B. semakin sedikit
C. berubah-ubah
D. tetap
Kunci jawaban : B
Soal nomor 6
Padi memiliki nama ilmiah Oryza sativa. Kata Oryza merupakan petunjuk nama ….
A. spesies
B. kelas
C. familia
D. genus
Kunci jawaban : D
Soal nomor 7
Semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup, maka akan semakin banyak ….
A. perbedaan sifat
B. keragamannya
C. persamaan sifat
D. keunikannya
Kunci jawaban : C
Soal nomor 8
Kelompok yang memiliki jumlah individu paling banyak adalah ….
A. kelas
B. genus
C. spesies
D. familia
Kunci jawaban : C
Soal nomor 9
Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
A. cara makannya autotrof
B. selalu bergerak
C. cara hidup berkoloni
c. cara makannya heterotrof
Kunci jawaban : A
Soal nomor 10
Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah ….
A. ganggang tidak berklorofil
B. jamur tidak berklorofil
C. jamur berklorofil
D. ganggang bersel satu
Kunci jawaban : B
Soal nomor 11
Lumut kerak merupakan tumbuhan ….
A. hasil hidup bersama askiometes dengan ganggang
B. hasil simbiosis antara jamur dengan lumut
C. gabungan antara tumbuhan paku dengan jamur
D. hasil hidup bersama antara dua jamur
Kunci jawaban : B
Soal nomor 12
Bagian pada tumbuhan paku yang menghasilkan sel kelamin jantan adalah ….
A. protalium
B. arkegonium
C. antheridium
D. sporogonium
Kunci jawaban : C
Soal nomor 13
Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang ….
A. steril
B. hidup
C. besar
D. fertil
Kunci jawaban : D
Soal nomor 14
Berikut ini termasuk kelompok tumbuhan tidak berpembuluh, kecuali ….
A. ganggang
B. tumbuhan paku
C. lumut
D. jamur
Kunci jawaban : A
Soal nomor 15
Benang-benang halus berwarna putih yang tedapat pada jamur disebut ….
A. spora
B. rizoid
C. sporangium
D. hifa
Kunci jawaban : D
Soal nomor 16
Berikut ini yang termasuk dalam kelompok tumbuhan berbiji terbuka adalah ….
A. kacang hijau, jagung, jambu mete
B. pakis haji, melinjo, pinus
C. kacang tanah, melinjo, pinus
D. pakis haji, jambu mete, jagung
Kunci jawaban : B
Soal nomor 17
Tumbuhan berbiji terbuka yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias adalah ….
A. pakis haji
B. tusam
C. melinjo
D. damar
Kunci jawaban : A
Soal nomor 18
Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan sebagai ….
A. penggosok pakaian
B. penggosok kulit
C. spons mandi
D. vas bunga
Kunci jawaban : C
Soal nomor 19
Burung termasuk dalam kelompok hewan berdarah panas, yang artinya ….
A. suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan
B. suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu lingkungan
C. suhu tubuhnya tetap, meskipun suhu lingkungan berubah
D. memiiki kemampuan adaptasi dengan lingkungan
Kunci jawaban : C
Soal nomor 20
Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah ….
A. belalang dan kupu-kupu
B. lebah dan laba-laba
C. katak dan kadal
D. kumbang dan kalajengking
Kunci jawaban : C
Soal nomor 21
Burung pada waktu terbang akan lebih efektif dalam bernapas jika menggunakan ….
A. paru-paru buku
B. insang dan paru-paru
C. pundi-pundi hawa
D. paru-paru dan pundi-pundi hawa
Kunci jawaban : C
Soal nomor 22
Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan menggunakan ….
A. kaki semu
B. kaki tabung
C. bulu getar
D. bulu cambuk
Kunci jawaban : A
Soal nomor 23
Berikut ini yang bukan termasuk ciri tumbuhan dikotil adalah ….
A. akarnya tunggang
B. batang bercabang
C. daunnya menjari
D. berkeping dua
Kunci jawaban : C
Soal nomor 24
Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea adalah ….
A. udang dan belalang
B. kepiting dan udang
C. kutu dan kelabang
D. belalang dan kelabang
Kunci jawaban : B
Soal nomor 25
Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah ….
A. monyet
B. tikus
C. lumba-lumba
D. kanguru
Kunci jawaban : D
Baca juga artikel terkait berikut.
- Ciri-ciri dan Klasifikasi Kingdom Monera Beserta Contohnya.
- Ciri-ciri dan Klasifikasi Kingdom Protista Beserta Contoh dan Gambarnya.
- Klasifikasi dan Ciri-ciri Jamur (Fungi) Beserta Contohnya.
- Tumbuhan Berbiji Terbuka, Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Contohnya.
Demikian yang dapat admin bagikan tentang Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013"
Post a Comment