Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013

Amongguru.com.  Makhluk hidup memiliki tingkat keanekaragaman sangat tinggi. Semakin lama makluk hidup akan semakin bertambah banyak, sehingga keanekaragamannya juga bertambah. Untuk mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam tersebut, maka dibutuhkan klasifikasi.

Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk menyederhanakan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

Klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus berdasarkan atas persamaan dan perbedaan struktur tubuh makhluk hidup. Carolus Linnaeus menggunakan sistem klasifikasi makhluk hidup yang disebut Sistem BinomialNomenklatur (Sistem Tata Nama Ganda).

Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi (kingdom) hingga yang terendah (spesies).

Kunci determinasi adalah kunci yang dipergunkan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, familia, genus, atau spesies. Dasar yang digunakan adalah identifikasi makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.

Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah sebagai berikut.

3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

Materi Pokok dalam Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.
  • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.
  • Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.

Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Makhluk Hidup memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 tatap muka (TM). Asumsinya 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi tiga kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan dua tatap muka (TM), masing-masing 2 JP.

Di dalam membantu peserta didik memahami materi klasifikasi makhluk hidup, berikut ini admin bagikan Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.  Soal berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 25 butir yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

Soal nomor 1

Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah ….

A.  mempermudah pengenalan makhluk hidup

B.  memilih makhluk hidup yang dapat dimakan

C.  menentukan asal-usul makhluk hidup

D.  memberikan nama pada setiap makhluk hidup

Kunci jawaban : A

Soal nomor 2

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut ….

A. Botani

B. Zoologi

C. Taksonomi

D. Genetika

Kunci jawaban :C

Soal nomor 3

Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang disebut dengan ….

A. binomial nomenklatur

B. pengelompokan

C. kunci determinasi

D. klasifikasi

Kunci jawaban : A

Soal  nomor 4

Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ….

A.  divisi – kelas – familia – genus – spesies

B.  divisi – familia – kelas – genus – spesies

C.  filum  – kelas  – genus – spesies

D.  filum – familia – kelas – genus – spesies

Kunci jawaban : A

Soal nomor 5

Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….

A. semakin banyak

B. semakin sedikit

C. berubah-ubah

D. tetap

Kunci jawaban : B

Soal nomor 6

Padi memiliki nama ilmiah Oryza sativa. Kata Oryza merupakan petunjuk nama ….

A.  spesies

B.  kelas

C.  familia

D.  genus

Kunci jawaban : D

Soal nomor 7

Semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup, maka akan semakin banyak ….

A.  perbedaan sifat

B.  keragamannya

C.  persamaan sifat

D.  keunikannya

Kunci jawaban : C

Soal nomor 8

Kelompok yang memiliki jumlah individu paling banyak adalah ….

A.  kelas

B.  genus

C.  spesies

D.  familia

Kunci jawaban : C

Soal nomor 9

Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….

A. cara makannya autotrof

B. selalu bergerak

C. cara hidup berkoloni

c. cara makannya heterotrof

Kunci jawaban : A

Soal nomor 10

Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah ….

A.  ganggang tidak berklorofil

B.  jamur tidak berklorofil

C.  jamur berklorofil

D.  ganggang bersel satu

Kunci jawaban : B

Soal nomor 11

Lumut kerak merupakan tumbuhan ….

A.  hasil hidup bersama askiometes dengan ganggang

B.  hasil simbiosis antara jamur dengan lumut

C.  gabungan antara tumbuhan paku dengan jamur

D.  hasil hidup bersama antara dua jamur

Kunci jawaban : B

Soal nomor 12

Bagian pada tumbuhan paku yang menghasilkan sel kelamin jantan adalah ….

A.  protalium

B.  arkegonium

C.  antheridium

D.  sporogonium

Kunci jawaban : C

Soal nomor 13

Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang ….

A.  steril

B.  hidup

C.  besar

D.  fertil

Kunci jawaban : D

Soal nomor 14

Berikut ini termasuk kelompok tumbuhan tidak berpembuluh, kecuali ….

A.  ganggang

B.  tumbuhan paku

C.  lumut

D.  jamur

Kunci jawaban : A

Soal nomor 15

Benang-benang halus berwarna putih yang tedapat pada jamur disebut ….

A.  spora

B.  rizoid

C.  sporangium

D.  hifa

Kunci jawaban : D

Soal nomor 16

Berikut ini yang termasuk dalam kelompok tumbuhan berbiji terbuka adalah ….

A.  kacang hijau, jagung, jambu mete

B.  pakis haji, melinjo, pinus

C.  kacang tanah, melinjo, pinus

D.  pakis haji, jambu mete, jagung

Kunci jawaban : B

Soal nomor 17

Tumbuhan berbiji terbuka yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias adalah ….

A.  pakis haji

B.  tusam

C.  melinjo

D.  damar

Kunci jawaban : A

Soal nomor 18

Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan sebagai ….

A.  penggosok pakaian

B.  penggosok kulit

C.  spons mandi

D.  vas bunga

Kunci jawaban : C

Soal nomor 19

Burung termasuk dalam kelompok hewan berdarah panas, yang artinya ….

A.  suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan

B.  suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu lingkungan

C.  suhu tubuhnya tetap, meskipun suhu lingkungan berubah

D.  memiiki kemampuan adaptasi dengan lingkungan

Kunci jawaban : C

Soal nomor 20

Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah ….

A.  belalang dan kupu-kupu

B.  lebah dan laba-laba

C.  katak dan kadal

D. kumbang dan kalajengking

Kunci jawaban : C

Soal nomor 21

Burung pada waktu terbang akan lebih efektif dalam bernapas jika menggunakan ….

A.  paru-paru buku

B.  insang dan paru-paru

C.  pundi-pundi hawa

D.  paru-paru dan pundi-pundi hawa

Kunci jawaban : C

Soal nomor 22

Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan menggunakan ….

A.  kaki semu

B.  kaki tabung

C.  bulu getar

D.  bulu cambuk

Kunci jawaban : A

Soal nomor 23

Berikut ini yang bukan termasuk ciri tumbuhan dikotil adalah ….

A.  akarnya tunggang

B.  batang bercabang

C.  daunnya menjari

D.  berkeping dua

Kunci jawaban : C

Soal nomor 24

Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea adalah ….

A.  udang dan belalang

B.  kepiting dan udang

C.  kutu dan kelabang

D.  belalang dan kelabang

Kunci jawaban : B

Soal nomor 25

Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah ….

A.  monyet

B.  tikus

C.  lumba-lumba

D.  kanguru

Kunci jawaban : D

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian yang dapat admin bagikan tentang Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Response to "Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel