Tips Sukses Jadi Mahasiswa Gres Yang Mandiri… -Bukan.Info

Bulan bulan ini yaitu masa bagi calon mahasiswa untuk mencari perguruan tinggi tinggi yang di minati. Bagi yang gagal mengikuti SNMPTN masih ada  jalur SBMPTN, Mandiri atau PTS. Setelah Diterima menjadi mahasiswa baru, terkadang masih resah mau melaksanakan apa semoga tetap sukses, semoga tidak “ketingalan” ritme mengikuti dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan tentunya berbeda dengan masa SMA. Kamu akan menemui sahabat baru, lingkungan baru, suasana baru, kurikulum gres maupun peraturan baru. Kamu yang kuliah di luar daerah, juga akan berpisah dengan orang renta dan harus mengatur segalanya secara mandiri. Nah Kali ini bukan.Info akan memperlihatkan beberapa tips menjadi mahasiswa baru


Pastikan Jadwal Kuliah dan Kegiatan Lain Agar Tidak Bentrok 
                                    
Image Source http://peteradisaputro.blogspot.com
     
Mengatur waktu sangatlah penting ketika menjadi mahasiswa, tidak menyerupai Sekolah Menengan Atas yang sudah tahu niscaya jam berapa berangkat sekolah dan pulang sekolah. Tetapi di Kuliah aktivitas sudah kau tentuin sendiri,pastikan aktivitas tidak bentrok dengan satu sama lain. Apabila kau ingin mengikuti kegiatan ekstra, pastikan kau juga dapat mengatur waktu. Jangan hingga kau mengabaikan kuliah dan tugas. Saat kuliah nanti kau juga akan menemui banyak kiprah yang dikerjakan berkelompok. Kalau tidak dapat mengatur waktu, kasian sahabat yang menjadi kelompok mu. Mereka akan terganggu dengan perilaku kamu.


Rajinlah Mencatat Materi yang Disampaikan Dosen Saat Mata Kuliah Berlangsung

http://www.kesekolah.com

Kebiasaan mencatat pelajaran ketika di sekolah, haruslah dipertahankan. Selain itu kumpulkan materi-materi dosen yang biasanya boleh dicopy atau bahan presentasi teman-teman kamu. Karena kebiasaan ini akan sangat membantu ketika UTS atau UAS berlangsung. Kamu tak usa repot menyalin atau mengcopy catatan sahabat kamu, dan kebingungan ketika ujian berlangsung.


Buatlah Jadwal Belajar dan Membaca Buka dalam Sehari

Image Source http://pap.fkip.uns.ac.id

Dalam perkuliahan biasanya satu jam mata kuliah, diharapkan waktu dua jam mencar ilmu di luar kelas. Pelajarilah satu mata kuliah di hari yang sama. Untuk mengulang kembali bahan yang telah disampaikan oleh dosen. Pelajari juga silabus perkuliahan, untuk mempersiapkan matakuliah selanjutnya. Selain itu persiapkan ruang mencar ilmu yang nyaman buat mengerjakan tugas. Agar setiap harinya kau bersemangat dalam mengerjakan kiprah dan belajar. Aturlah  juga waktu mencar ilmu dan mengerjakan tugas, tidak usah begadang hingga malam.


Istirahat yang Cukup dan Jaga Kesehatan terutama Makan Teratur

Image Source www.healthydiet.asia

Agar kau tidak lelah mengerjakan tugas, sediakan 10 menit waktu istirahat untuk setiap satu jam belajar. Berikan waktu istirahat untuk mata dan otak kamu.  Hindari mencar ilmu secara terus menerus dalam beberapa jam, sebab akan membuatmu cepat lelah.Tidur juga harus cukup, hinder begadang hingga larut malam. Menjaga contoh makan juga penting, sebab banyak mahasiswa yang sering terlambat makan sehingga sakit.

Manfaatkan Fasilitas yang Ada Di Kampus Kamu

dev.widyatama.ac.id

Saat di kampus nanti kau akan menemuai banyak akomodasi kampus yang dapat mendukung kuliah mu. Banyak akomodasi menyerupai Wifi, Perpustakaan, Laboraorium, dll. Carilah info sebanyak-banyaknya cara menggunakan laboratorium, mencari literatur, info yang akan di perpustakaan.


Belajar Kelompok Bersama-Sama dengan Teman Kamu

Image Source dev.widyatama.ac.id


Carilah sahabat yang mau diajak mencar ilmu bersama, sehingga kau akan mendapat pengetahuan yang lebih. Kamu dapat berdiskusi banyak hal bersama teman-teman mu, perihal kesulitan-kesulitan dalam memahami matakuliah. Bisa jadi kau dapat mendapat semangat belajar, tetapi ingatlah jika mencar ilmu tetaplah fokos dan tidak usah kenbanyakan gobrol sana-sini.

semoga bermanfaat...

0 Response to "Tips Sukses Jadi Mahasiswa Gres Yang Mandiri… -Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel