Apakah Anda Tinggal Di Kawasan Pegunungan? Berikut Tiga Kelebihan Kawasan Pegunungan-Bukan.Info

Daerah Pegunungan merupakan kawasan yang identik dengan hawa cuek dan penuh dengan panorama bukit-bukit yang menjulang. Daerah pengunungan sebagai kawasan pedalaman juga identik dengan kawasan yang jauh dari keramaian, namun menyimpan sejuta kekayaan alam yang melimpah ruah. Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis tentu mempunyai tanah dan hawa yang sangat ideal untuk banyak sekali macam tumbuhan. Begitupun kawasan pengunungan sebagai kawasan yang identik dengan hawa sejuk dan kelembapan yang derajatnya sedikit tinggi mengakibatkan kawasan pegunungan menjadi wilayah yang sangat cocok dalam pengembangan pertanian dan perkebunan. Inilah potensi yang harus dimanfaatkan oleh orang-orang di kawasan pengunungan untuk membuatkan pertanian dan perkebunannya. Demikian ibarat di pulau jawa, sumatera, dan di kawasan lain Indonesia yang sudah maju rujukan pikir masyarakatnya. Oleh karean itu berikut kami sajikan tiga kelebihan kawasan pegunungan, ialah sebagai berikut:


1. Mudanya Menanam Sayur Maupun Buah

Image source Google.com
Tanah di kawasan pengunungan yang rata-rata subur mengakibatkan tanah di kawasan pengunungan menjadi sangat ideal dalam pengembangan tumbuhan sayuran dan buah-buahan. Hal ini karean tanah di kawasan pegunungan pada umumnya merupakan lapisan endapan erupsi vulkanik sehingga menambah kesuburannya. Daerah pegunungan juga mempunyai lapisan tanah yang merupakan sisa-sisa kehidupan ekosistem pada ribuan tahun silam, sehingga menciptakan tanah menjadi sangat subur.


2. Udara Yang Sejuk

Image source Google.com
Dengan pepohonan yang memenuhi setiap ruangnya, kawasan pengunungan menerima suplai oksogen yang banyak, sehingga udaranya pun begitu sejuk. Dengan kesegaran udaranya, mengakibatkan kawasan pegunungan menjadi kawasan yang vaforit bagi masyarakat kota untuk melepaskan kelelahannya. Di sana mereka tidak hanya menikmati udara segarnya, akan tetapi melihat dan menikmati keindahan pemandangan agronya. Inilah yang menciptakan kawasan pegunungan merupakan kawasan yang kaya akan potensi alam, baik pertanian, maupun wisata.

3. Mudahnya Mendapatkan Energi Alternatif Berupa Angin dan Air

Image source Google.com
Dengan ketinggian rata-rata 250 m di atas permukaan bahari dan banyaknya pepohonan, menciptakan kawasan pegunungan tidak hanya kaya akan potensi wisata dan pertanian, melaimkan juga energi alternatif, ibarat air dan udara. Mudahnya energi alternatif ini, kalau dimanfaatkan dengan baik, maka kawasan pegunungan tidak lagi tergantung pada pasokan energi dari sumber energi buatan ibarat PLN maupun yang lainnya. Pemanfaatn energi ini mengakibatkan masyarakat pegunungan berguru membudidayakan potensi energi alternatif yang ada, ibarat udara dan air untuk membuatkan sumber energi. Dengan demikian hal ini juga sanggup membantu pemerintah untuk menyediakan energi bagi masyarakat.

0 Response to "Apakah Anda Tinggal Di Kawasan Pegunungan? Berikut Tiga Kelebihan Kawasan Pegunungan-Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel