Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini Ia 5 Tips Fokus Berguru - Bukan.Info

"Belajar??.. Apa si bahwasanya berguru itu? apa pentingnya si, dan kenapa harus belajar? toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal, kuliahku masih tetap berjalan" tutur Mbak Rempong. 

Mungkin, perkataan Mbak rempong (panggilan saja begitu, hehe..) yang tertulis diatas, juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam hati kebanyakan orang ya? *semoga si kita tidak termasuk didalamnya ya, hehe. Nah, kalau dikala ini masih ada yang berfikir menyerupai itu, wah harus waspada tuh, kasian masa depanmu, udah besar kok masih gundah cara belajar, udah besar kok masih belum tau arti belajar, waduh waduh,, kasihan,, berguru kok buat mainan :D.

Belajar itu yaitu hal yang sangat penting, apalagi bagi kau yang dikala ini masih duduk dalam kursi sekolah atau kuliah, berguru itu yaitu kewajiban. Memang si, sulit sekali untuk sanggup fokus dan istiqomah dalam belajar, apalagi untuk menyayangi belajar, merasa ada yang kurang dikala belum belajar, merasa galau alasannya yaitu belum berguru *wuihh,, keren sekali ya, kalau ada yang merasa menyerupai itu, saya acungin dua jempol deh.. :D.

Tapi meskipun susah, bukan berarti tidak sanggup loh, pada postingan kali ini akan dibahas mengenai tips gampang untuk sanggup fokus dalam belajar, yukk mari kita simak bersama, ini ia 5 Tips Fokus Belajar.




1. Carilah Tempat Belajar Yang Tenang Dan Nyaman


 toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini ia 5 Tips Fokus berguru - bukan.info
image source www.hipwee.com

Apabila kau ingin sanggup fokus dalam belajar, maka kau perlu menemukan kawasan yang nyaman dan damai untuk belajar. Apalagi bila kau termasuk orang yang sulit konsentrasi, harus benar-benar berguru dalam suasana yang sunyi, tidak ada bunyi apapun (bahkan bunyi jam dinding sekalipun) itu akan membuatmu terganggu. Nah, itu berarti kau harus temukan kawasan dimana kau sanggup berguru dengan damai serta nyaman, kalau perlu buatlah desain khusus untuk ruang belajarmu, pasang foto-foto yang lucu, atau foto keluarga sebagai komplemen penyemangat belajarmu.

Satu hal yang juga tak kalah penting yaitu penerangan ruang berguru yang sesuai dengan standarnya (tidak terlalu jelas dan tidak pula redup), alasannya yaitu penerangan yang tidak sesuai, akan menciptakan mata menjadi cepat lelah dan akan berakibat pada terhentinya aktifitas belajar. 


2. Pikirkanlah Manfaat Belajar Dimasa Yang Akan Datang

 toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini ia 5 Tips Fokus berguru - bukan.info
image source tienkartina.files.wordpress.com


Saat kau merasa malas, ogah-ogahan dalam belajar, tidak konsen atau sulit fokus, maka hal yang harus kau lakukan yaitu berfikirlah mengenai manfaat dari aktifitas berguru yang sedang kau jalani. Taukah kau bahwa salah satu kunci sukses yaitu dengan belajar?.. Ya,, orang yang sukses, tidak akan pernah puas dengan pencapaian yang telah diraih, ia akan terus berguru dan berguru untuk meraih kesuksesan-kesuksesan yang lainnya.

Belajar dikala ini, untuk investasi dimasa depan, tidak ada ruginya bagi seseorang yang mau belajar. Maka dari itu, fokuslah dalam belajar, persiapkan masa depanmu dengan baik. :)


3. Pilihlah Metode Belajar Yang Sesuai 


 toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini ia 5 Tips Fokus berguru - bukan.info
image source dreamkita2.files.wordpress.com

Setiap orang, mempunyai kecenderungan yang berbeda  dalam hal gaya berguru untuk peningkatan konsentrasi. Bagi kau yang termasuk ke dalam orang visual, mungkin kau lebih suka untuk berguru sendiri daripada berguru berkelompok dengan teman-temanmu, kau menyukai suasana sepi dan gampang berkonsentrasi dengan melihat tulisan-tulisan, maka bila kau termasuk kedalam kelompok yang ini, lebih baik kau berguru sendiri, menetapkan waktu yang kawasan dan persiapkan hal-hal yang kau butuhkan untuk mendukung proses belajarmu.

Kemudian, bila kau orang Auditory, yang mengandalkan telinga untuk dapan memahami dan mengingat, maka ketika belajar, kau sanggup melakukannya sambil mendengarkan musik atau lagu yang kau sukai, sehingga itu akan menambah konsentrasimu dalam belajar. 

Nah, untuk kau yang termasuk orang Kinesthetic,yang mempunyai ciri-ciri bahagia menyentuh segala sesuatu yang dijumpai, termasuk dikala kau sedang belajar, sulit untuk berdiam diri dan duduk manis, maka kau sanggup menerapkan metode berguru dengan cara menciptakan suatu skema atau gambar, merangkumnya, sehingga hal itu akan menciptakan tanganmu bergerak (tidak hanya membaca goresan pena dalam buku) sehingga kau mempunyai aktifitas lain selain sekedar membaca, dan hal itu akan membantumu dalam memahami dan berkonsentrasi terhadap bahan yang sedang kau pelajari.


4. Siapkan Makanan dan Minuman Pendamping Belajar


 toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini ia 5 Tips Fokus berguru - bukan.info
image source www.pendidikankarakter.com

Nah, ini nih yang gak boleh dilupakan dikala kau sedang belajar. Sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu kuliner pendamping belajar, sanggup berupa buah-buahan, snack atau kuliner kecil lainnya serta minuman. Jika kau merasa lelah dalam belajar, kau sanggup beristirahat sejenak dan memakannya, untuk kemudian melanjutkan kembali aktifitas belajarmu.


5. Hindari berguru sambil berbaring, bermain Gadget, Dsb.

 toh meskipun tidak berguru kehidupan ini akan tetap normal Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini ia 5 Tips Fokus berguru - bukan.info
image source edukasi.kompas.com

Ketika kau sedang belajar, maka sebisa mungkin hindari posisi berguru sambil berbaring, alasannya yaitu hal itu akan memperlihatkan sugesti kepada dirimu bahwa kini waktunya untuk istirahat, yang ada nantinya kau malah tidur, bukannya belajar. Kemudian, ketika sedang belajar, usahakan jangan memainkan gadgetmu terlebih dahulu, entah itu handphone ataupun tablet. Berikan sasaran waktu belajarmu, misal 1 jam, dan selama 1 jam itu usahakan untuk tetap fokus belajar, abaikan kegiatan-kegiatan lain yang tidak menunjang proses belajarmu.


Demikian tadi beberapa tips yang sanggup kau praktekan untuk membuatmu fokus dalam belajar, biar bermanfaat dan selamat mencoba.. :) 

0 Response to "Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini Ia 5 Tips Fokus Berguru - Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel