Mitos Atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info

Masih ingat zaman masih kecil, belum dewasa suka bermain hingga lupa waktu, Terkadang suka marah, bila dinasehati. Semoga bukan termasuk kamu. Orang renta harus melaksanakan banyak sekali taktik biar anaknya mau menurut, walau zaman sudah modern. Namun nilai-nilai budaya zaman leluhur masih menempel pada tradisi kita. Banyak mitos leluhur yang digunakan sebagian orang renta untuk menasihati ananknya yang suka susah dinasehati. Namun ternyata dibalik mitos itu semua, menyimpan banyak manfaat jangka panjang. Banyak sekali mitos yang sering diucapkan oleh kakek, nenek, ibu, bapak bahkan sahabat yang menciptakan kita berfikir. Ternyata walau tidak menempuh sekolah, mereka sangat peduli terhadap kesehatan. Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan




1. Nenek Dulu Bilang "Jangan Makan Biji Jambu Nanti Bisa Tumbuh di Perut... "Masak Iya Nek?

 Orang renta harus melaksanakan banyak sekali taktik biar anaknya mau berdasarkan Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info
Image Source http://disehat.com/

Mitos atau Fakta. Jawabnya Mitos. Namun jangan diaggap ringan nasehat ini. Kalau dipikir ada benernya juga. Sekarang banyak yang namanya penyakit usus buntu. Salah satu penyebabnya suka makan biji-bijian. Karena biji ini sanggup memperberat kanal pecernakan kita sehingga sanggup menciptakan radang usus buntu dan sembelit. Makannya makan buahnya saja, nanti badan kita akan menjadi lebih sehat. Jambu biji, buahnya ampuh mengobati penyakit demam berdarah dan menjaga metabolisme tubuh.


2  Kata Orang Jawa " Jangan Pergi Sore Nanti Diculik Sama Candek Olo" . Emang Ada ya?


 Orang renta harus melaksanakan banyak sekali taktik biar anaknya mau berdasarkan Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info
Image Source antarafoto.com

Mitos atau Fakta. Jawabnya Mitos lah.. apaan tu candek olo. Tapi bila dipikir, bila sore di jalan-jalan banyak binatang-binatang kecil (Samber Moto) di jalan-jalan. Kalau terkena mata sakit sekali, makannya orang renta nasehatin jangan suka pergi sore-sore. Selain baik bagi kesehatan mata, namun juga mengajarkan belum dewasa untuk suka mengaji atau belajar.


3. Aku Tak Punya Ayam. Tapi Ibu bilang "Kalau Makan Harus Dihabisin, Nanti Ayamnya Mati"

Image Source sp.beritasatu.com 

Ayamnya siapa ma? Adek kan nggak punya ayam. Namun dulu kayaknya nurut-nurut aja. Sebenernya tujuannya baik, yaitu belum dewasa sanggup gizi yang cukup, tumbuh menjadi anak yang arif dan cerdas dengan makan yang banyak. Selain itu mubazir bila makan tidak dihabisin. Banyak orang gak semuanya sanggup makan lezat kan.


4. Makan Ayam Enak Sekali. Tapi Mama Bilang, " Jangan Makan Brutu Ayam Nanti Cepet Lupa"


Image Source cramembuatresepayam.com

Wahhh... padahal masakan ini banyak digemari banyak orang. Apalagi dimakan sama mie godong, rasanya nikmat. Tapi bila kebanyakan juga sanggup bahaya, soalnya brutu atau pangkal ayam mengandung kolesterol yang menciptakan kolesterol dan darah tinggi.  Kalau udah kolesterol tinggi sanggup memicu penyakit jantung, stroke. 


5. Temen-temen Bilang " Kalau Nyapu yang Bersih Nanti Suaminya Brewokan"


Image Source http://vang.blob.core.windows.net/
Dapet info dari siapa kurang tahu. Tapi sering gak, waktu kau diminta menyapu kelas, tak jarang teman-teman mu untuk memintamu untuk mengulang cuilan yang kurang bersih. Tapi bila kau sudah denger "Menyapu harus higienis nati suaminya brewokan", kau lansung diem dan kembali menyapu.
Pesennya supaya kita menjaga kebersihan supaya kita hidup menjadi sehat. Masih ingat kan" Kerbersihan juga sebagian dari iman". Tapi suami brewokan apa salahnya coba, bila keren kan ngak masalah. Mengikuti sunah nabi juga. 


6. Tante Berkata, "Jangan Makan Sambil Tiduran, Nanti jadi Anak Nangisan"

Image Source http://aliffahri-fst12.web.unair.ac.id/

Makan sambil tidur emang ngak baik. Tapi bila anak nangisan, emang dasarnya. Mungkin gres sedih, dinakalin sama temen. Dalam dunia kesehatan makan sambil tidur itu berbahaya, karana sanggup menjadikan asam lambung naik atau menimbulkan muntah.


7. Kata Umi, "Jangan Mainan Capung Nanti Telinganya Sakit"


Image Source  https://dewiwidayanti10.files.wordpress.com
Masih ingat gak cari capung pakai sarang laba-laba. Hal itu sangat menyenangkan bukan. Capungnya di taruh benang ditarik pakai lidi. Wahh bila kini kasihan juga sama capungnya, menyiksa binatang yang tak ada salah. Orang renta kita memang benar, tapi bila dipikir mitos ini absurd, capung kan gak sanggup masuk telinga. Namun ada keuntungannya juga, bila mencari cabung siang-siang. Anak-anak nanti pada kepanasan dan lupa makan.


8. Menopang Dagu, Saat Berfikir. Tapi Dibilang Seperti Orang Susah


Image Source kfk.kompas.com 

Kalau kita kebanyakan menyangga dagu maka tangan kita akan gampang kesemutan dan gigi kita menjadi tidak rata. Mau Seperti itu? Kamu harus benerin gigi dengan biaya yang cukup mahal. Jangan gampang duka juga, nanti bila masih gampang suka duka nanti cepet renta loo. 


9. Pakai Topi Kan Keren, Tapi Malah Dibilang Borokan

Image Source www.tupperware.co.id

Kalau ini sulit dicerna maksudnya. Disangkutin sama yang lain saja, mungkin bila gak pernah keramas dan mencuci topi nanti banyak basil yang akan memicu borok atau kutu (tumo). Kutu ini suka sekali tempat yang lembab. Kalau rambut dan topi kita gak sering dicuci, digunakan diruangan. Maka, ketika kita berada diterik matahari kutu-kutu itu akan berbaris mengitari topi. 


10. Menjadi Keriput atau Cepat Tua, Hal  Itu Sering Ditakuti Banyak Anak. Berlama-lama Dikamar Mandi Bikin Cepet Keriput



Image Source www.viva.co.id

Anak-anak identik dengan main air. Kalau sudah mencium wangi air atau tanah. Seperti dikasih mainan mahal, betah banget. Sampai-sampai tangan menjadi keriput, alasannya yaitu kedinginan. Tapi maksud orang tua, biar anaknya jangan hingga masuk angin, keliliban sabun atau kepleset bukan.


11. Jangan Duduk atau Berdiri di Bantal  Nanti Wudunen atau Bisulan.

Image Source http://www.nyunyu.com/


Hal ini memang terdengar abstrak sekali. Apa hubungannya coba. Orang renta kita mengajar arti kesopanan. Selain itu apabila kita bangun di bantal ketika kaki kotor kan jorok.

Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, setiap tempat memiliki mitos yang beragam. Ternyata mereka memiliki cara tersendiri untuk mendidik anaknya. Semoga Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info bermanfaat. Lihat juga Golongan Darah Kamu A? Ini nih ada7 hal yang harus kau harus kau ketahui bahwakamu bergolongan darah A

0 Response to "Mitos Atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel