Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Kegiatan Seru Yang Gak Boleh Kau Lewatkan - Bukan.Info

Mau pergi ke toko buku  dan pergi jalan-jalan, nggak punya uang. Pergi ke perpustakaan aja? Galau juga mau ngapain. Hemmm... Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN, nggak tahu mau ngapain ke perpustakaan. Wah nggak gaul banget. Padahal untuk menyiapkan masa tersebut diperlukan kita menjadi orang yang melek akan informasi.

Anak-anak, remaja, dan orang berakal balig cukup akal belum banyak paham apa itu perpustakaan. Terkadang mereka menganggap bahwa perpustakaan ialah daerah yang horor, harus membisu seribu bahasa dan nggak asik buat nongkrong. Anggapan itu salah besar, dilihat dari fungsinya aja majemuk menyerupai untuk penelitian, pendidikan, pelestarian, informasi dan rekreasi. Nyesel kalau nggak pergi ke perpustakaan. Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan



1. Banyak Referensi untuk Ngerjain PR Kamu

 Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info
Image Source https://www.flickr.com

Perpustakaan merupakan daerah yang sempurna untuk kau yang kebingungan mencari materi rujukan dikala mendapat kiprah dari dosen ataupun guru. Namun biasanya guru sudah mengarahkan siswa atau mahasiswanya untuk mencari buku tertentu yang sudah ada di perpustakaan. Sehingga kita tak perlu lagi banyak membeli buku, hanya cukup tiba ke perpustakaan kita sudah mendapat informasi yang lebih. Kita tak perlu ke bingungan mencari kemana-mana alasannya rujukan yang tersedia biasanya sudah mencukupi.  Di perpustakaan menyediakan koleksi buku maupun sumber rujukan yang banyak, menyerupai ensiklopedi, handbook, derektori, bibliografi, indeks, koleksi cetak maupun non cetak, dll yang sanggup kau jadikan materi buat kiprah kuliah maupun sekolah.


2. Memanfaatkan Waktu Luang dengan Mendinginkan Badan


 Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info
Image Source https://www.flickr.com

Datang ke perpustakaan sangat cocok buat kau yang mempunyai banyak waktu luang. Saat istirahat siang, pulang kantor, atau bagi pelajar yang jam pelajarannya kosong. Pada dikala waktu luang tersebut kita sanggup menggunakannya untuk tiba ke perpustakaan, dari pada melaksanakan hal yang tidak berkhasiat atau berkeliaran tak tau arah, mendingan ke perpustakaan.  Udara yang semakin panas menciptakan kita terkadang berguru tidak konsentrasi juga,  untuk itu kalian sanggup mencari perpustakaan yang ada AC-nya. Bisa ngadem sama sanggup ilmu kan.  Ngadem di Perpustakaan  menyenangkan seketika hawa luar di siang hari yang sangat panas bermetamorfosis hawa hening sejuk dan menciptakan seketika otak menjadi rileks. Kebanyakan mahasiswa kalau  ditanyai mengenai perpustakaan ternyata banyak juga yang menyampaikan hal tersebut juga. Walaupun itu kelihatannya biasa-biasa saja, namun apabila hal ini dilakukan secara terus menerus kita akan tertarik gemar membaca sekalian menaikkan angka gemar membaca yang dirasa cukup memprihatinkan. Malu sama tetangga negara dan benua. 


3. Meminjam Koleksi Perpustakaan  Kesukaan Mu


 Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info
Image Source http://favim.com/image/2450035/
Dapat diketahui kalau anak pintar dan rajin niscaya kehausan akan informasi . Mereka rela kemana-mana cari informasi. Di toko buku, tv, dll. Namun untuk menghemat uang dan mendapat informasi yang banyak, perpustakaan ialah solusinya. Perpustakaan sudah menyediakan beberapa koleksi  yang bermacam-macam. Dari koleksi fiksi maupun non fiksi dalam bentuk kaset, CD/DVD/VCD, koleksi cetak maupun rekam,dll. Kamu yang menyukai buku novel, sanggup meminjam buku secara gratis. Sampai apabila kau kurang puas, sanggup diperpanjang.


4. Mencari Informasi di Internet, Cuma- Cuma


 Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info
Image Source https://www.flickr.com
Sekarang banyak perpustakaan yang menyediakan layanan hospotan secara gratis alias cuma-Cuma. Apabila kita sudah menjadi anggota perpustakaan kita akan mendapat password untuk sanggup mengaksesnya dengan mudah. Jika kau membawa leptop kau akan lebih leluasa untuk berada di semua sudut ruang perpustakaan untuk mengakses informasi yang ada di internet. Hal ini sanggup kau lakukan untuk mencari kiprah sekolah atau kuliah, selain itu juga sanggup kau lakukan untuk chatting, ng-game, membuka status di jejaring sosial ataupun mengakses informasi terkini. Kamu ngggak bakalan ketinggalan zaman dan up to date, alasannya di zamna globalisasi ini informasi sangatlah menjadi kebutuhan pokok, selain sandang, pangan dan papan.

5. Mendengarkan Cerita, Menumbuhkan Imanjinasi Anak


 Sekarang udah memasuki masa Masyarakat Ekonomi ASEAN Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info
Image Source https://www.flickr.com


Minat baca di Indonesia masih tergolong rendah, dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Maka seharusnya sanggup ditanamkan semenjak dini. Salah satu kegiatannya yaitu dengan cara story telling atau mendongengkan pada anak sesuai dengan buku. Kegiatan ini sanggup kita dapatkan di perpustakaan. Biasanya perpustakaan mengadakan kegiatan ini, apabila belum dewasa Taman Kanak-kanak atu SD diajak ke perpustakaan. Selain mendapat ilmu, belum dewasa sanggup berekreasi. Anak-anak sanggup membaca buku kesukaannya, apabila belum sanggup membaca orang renta diperlukan sanggup membimbing anaknya untuk membaca.


6.  Mengerjakan Tugas Akhir, yang Nyaman


Image Source https://www.flickr.com


Perpustakaan universitas biasanya disediakan daerah khusus ruang skripsi. Tempat itu menjadi nadinya mahasiswa menciptakan skripsi. Tempat ini menjadi daerah nyaman dan tenang. Di ruang baca rung skripsi sanggup dilihat mahasiswa yang membawa leptop dan menumpuk kiprah final dan buku di meja baca. Mahasiswa biasanya khusyuk sekali, sampai-sampai di sapa tak menghiraukan. Mereka sibuk mencari sumber rujukan dalam menulis. Apalagi sudah tidak menemukan sumber buku orisinil yang sanggup dijadikan sumber rujukan untuk menulis, namun sedikit diantara mereka yang masih menghandalkan copy-paste tanpa mengutip dari skripsi itu dan mencocokan dengan sumber asli. Mengetik ulang dengan teliti, dengan membolak-balik daftar pustaka. Sepertinya sudah lihai dan mahir. Namun hal ini jangan hingga ditiru, alasannya ini sangatlah menyesatkan. Sumber informasi di skrisi, tesis, disertasi ini hanya sebagai contoh kita untuk berfikir kembali menyusun kiprah final kita. Kita sanggup mencocokan dengan sumber orisinil yang ada diperpustakaan, apabila kita tidak ingin mengutip lewat kiprah final abang angkatan kita.

7. Diskusi Bareng Teman, dan Kumpul Bareng Komunitas


Image Source https://www.flickr.com

Perpustakaan sebagai daerah yang begitu kental dengan  suasana ”kepenulisan” . Perpustakaan yang sudah mengembangan perpustakaan dengang baik sering mengadakan diskusi dengan penulis buku, komunitas, maupun para ahli, di treatikal perpustakaan atau disudut-sudut ruang perpustakaan. Dengan diadakan diskusi ini sanggup menambahkan wawasan yang gres terhadap para penikmat perpuatakaan itu sendiri. Selain itu mereka sanggup bertukar ide, sehingga memunculkan inspirasi yang cantik dan baru. Mereka sanggup memberi saran satu dan lainnya.


8. Tempat Janjian Sama Seseorang


Image Source https://www.flickr.com


Perpustakaan dikala ini bukan hanya untuk belajar, membaca, menulis, diskusi namun juga daerah janjian yang sempurna untuk ngerjain tugas. Biasanya apabila dikerjakan diperpustakaan tolong-menolong diperpustakaan menjadi cepat selesai. Namun sebagian orang, perpustakaan tidak hanya buat janjian ngerjain kiprah sama teman. Namun beberapa fakta membuktikan, sebagian anak sekolah maupun kuliah. Perpustakaan dijadikan daerah untuk bertemu dengan kekasih pujaan hati alias pacar. Katanya sihh buat nemenin buat ngerjain tugas, tapi balasannya cuma ngobrol di sudut perpustakaan. Jangan ditiru yaa, ke perpustakaan harus dengan niat yang baik. Agar berkah, sanggup ilmu dan manfaat.


9. Mengikuti Beragam Agenda Menarik, Bikin Kreativitas Bertambah


Image Source https://www.flickr.com
Untuk meningkatkan promosi, kini ini perpustakaan menyediakan beberapa jadwal menarik. Seperti mengadakan lomba puisi, mewarnai, menciptakan lego pemutaran film, menciptakan kerajinan tangan, senam dan lain-lain. Agenda ini biasanya dilakukan seminggu ataupun sebulan sekali. Saat hari penting menyerupai hari kartini, 17 Agustus, dll jadwal perpustakaan diadakan secara meriah. Tak kalah menarik perpustakaan biasanya mengundang para andal untuk memeriahkan acara. Pemustaka sanggup mengikuti jadwal tersebut dengan ketentukan berdasarkan peraturan yang berlaku. Banyak yang gratis, namun ada juga yang membayar. Namun santai saja tidak semahal naik pesawat.

Wahh... ternyatabanyak kegiatan di perpustakaan yaa. Menyenangkan bukan, jangan bosan yaa dateng ke perpustakaan. Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. Jangan lupa lihat juga  Luar Biasa 25 Gambar yang terstruktur kerapiannya Membuat Kamu Bilang Wow.

0 Response to "Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Kegiatan Seru Yang Gak Boleh Kau Lewatkan - Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel