Panduan Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017
Panduan Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017
Amongguru.com. Admin memegang peranan penting di dalam penggunaan aplikasi e-Rapor di sekolah.
Tugas utama dari admin adalah menginput data referensi ke aplikasi, baik data yang diambil dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, sehingga e-Rapor dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Admin adalah orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses dalam pengoperasian e-Rapor.
Sehingga admin yang dipilih tersebut harus memiliki tanggung jawab, dedikasi, dan integritas kepribadian yang tinggi untuk menjalankan tugasnya dengan baik.
Berikut ini adalah tugas dari Admin terkait pemanfaatan aplikasi e-Rapor.
- Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
- Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
- Mengedit profil sekolah.
- Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik, kepala sekolah dan orang tua, peserta didik.
- Menyosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
- Memetakan mata pelajaran.
- Menyesuaikan data muatan lokal.
- Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
- Menginput interval predikat mata pelajaran.
- Menginput data tanggal rapor.
- Mencetak rapor.
- Mengirim nilai ke dapodik.
- Melakukan backup dan restore data.
- Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX
Di dalam melaksanakan tugasnya, admin hendaknya selalu berkoordinasi dengan komponen-komponen berikut.
- Kepala sekolah, selaku pemangku kebijakan di sekolah.
- Wakil kepala urusan kurikulum, dalam hal teknis penilaian.
- Operator Dapodik, dalam hal sinkronisasi data dapodik dan pengiriman nilai ke
dapodik. - Guru mata pelajaran, dalam proses dan input penilaian.
- Wali kelas, dalam hal teknis pencetakan dan kelengkapan data serta nilai yang
diperlukan e-Rapor.
Alur kerja admin dalam penggunaan aplikasi e-Rapor dapat dilihat melalui skema gambar di bawah ini.
Panduan Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017
Berikut ini adalah panduan cara login menjadi Admin aplikasi e-Rapor SMP tahun 2017.
Setelah e-Rapor terinstal, selanjutnya admin dapat mulai bekerja dengan e-Rapor SMP dengan melakukan login sebagai admin dengan langkah sebagai berikut. Baca juga : Panduan Lengkap Cara Instal Aplikasi e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017.
- Lakukan double klik pada ikon e-Rapor SMP yang tampak pada layar dekstop seperti gambar di bawah ini.
- Selanjutnya pada jendela browser akan muncul tampilan gerbang login seperti gambar berikut.
- Selanjutnya ketikkan pada;
Username : admin
Password : admin123456
Pilih level user : Admin
Pilih semester : Semester yang sedang berjalan *)
*) Perhatian :
Ingat baik-baik username dan password Anda. Percobaan untuk kesalahan username dan password maksimal hanya lima kali.
Setelah lima kali berturut-turut Anda salah, maka otomatis username Anda akan terblokir. Satu-satunya solusi untuk aadmin yang telah terblokir adalah harus melakukan install ulang e-Rapor.
- Kemudian klik tombol “Masuk”. Selanjutnya akan muncul tampilan dahsboard admin seperti gambar di bawah ini.
(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)
Demikian informasi tentang panduan cara login menjadi Admin aplikasi e-Rapor SMP tahun 2017. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Panduan Cara Login Menjadi Admin Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2017"
Post a Comment