Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar

Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar

Amongguru.com. Sering saya bertanya dalam hati, guru profesional cukupkah hanya pintar? Ukuran profesional guru itu apa? Kinerja, nilai UKG, atau dua-duanya?

Jika ukurannya nilai UKG, kasihan juga guru-guru senior yang harus bersaing secara akademik dengan guru-guru muda.

Kalau ukurannya kinerja, bagaimana dengan pengalaman mengajar guru-guru baru? Mari kita ingat lagi pengertian profesional, agar bisa melekatkan istilah itu dengan tepat pada diri kita sebagai guru.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 ayat (1) menegaskan bahwa sebagai tenaga profesional, mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi.

Profesional dinyatakan sebagai pekerjaan yang memerlukan keahlian. Profesionalisme juga bercirikan kejujuran atas kemampuan diri sendiri.

Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar
Guru profesional tidak cukup hanya berbekal pintar

Jadi …. menjadi guru profesional, cukupkah hanya pintar?

Saya berpikir guru profesional itu tidak hanya masalah pintar, tapi justru yang penting adalah keahliannya mengaplikasikan tugas utama sebagai guru.

Apalagi menghadapi tantangan kompetitif globalisasi seperti saat ini, tuntutan sebagai guru profesional lebih kompleks.

Fungsi guru dalam dunia modern semakin meningkat dari sekedar mengajar menjadi pengelola belajar.

Sebagai konsekuensinya, tugas dan tanggung jawab guru sekarang menjadi lebih kompleks dan berat. Saya pun merasakan demikian …

Guru bukan saja harus memiliki sejumlah kompetensi akademis, tetapi juga memiliki kematangan dan ketegaran kepribadian.

Tuntutan pembentukan karakter pada peserta didik seolah menjadi tugas berat tersendiri bagi guru.

Sementara itu, di sisi lain banyak orangtua yang tidak peduli dengan pendidikan anak-anak mereka.

Bahkan yang lebih miris, orangtua cenderung secara sepihak menyalahkan guru dan sekolah, jika karakter anak-anak mereka rusak atau gagal terbentuk.

Seorang guru profesional harus menguasai bidang studi secara utuh, tidak parsial, dan tidak terisolasi hanya pada kemampuan satu bidang studi saja. Guru profesional harus mengenal siapa dirinya, kekuatan, kelemahan, serta kewajibannya.

Guru profesional dituntut mampu mengembangkan kepribadian atau memiliki kecerdasan emosi, sehingga akan berusaha mengenali emosi peserta didik melalui kesadaran emosinya.

Ternyata kecerdasan emosi atau istilah kerennya “emotional intelligence” adalah atribut yang wajib dimiliki untuk menjadi guru profesional di era global seperti saat ini.

Istilah emotional intelligence (kecerdasan emosional) pertama kali dikemukakan pada tahun 1990 oleh psikolog Peter Salovey dari Harvard University dan John Mayer dari University of New Hampshire.

Kecerdasan ini berhubungan dengan kualitas psikologis tertentu yang dikelompokkan ke dalam lima karakter kemampuan, yaitu:

1. Mengenali emosi diri

Mengenali diri merupakan dasar kecerdasan emosi, berhubungan dengan kepekaan atas pengambilan keputusan masalah pribadi.

2. Mengelola emosi

Kemampuan mengelola emosi dDitunjukkan dengan kemampuan untuk menghibur diri sendiri dari keterpurukan,sehingga dapat bangkit kembali dengan cepat.

3. Memotivasi diri sendiri

Berhubungan dengan kemampuan membangkitkan hasrat, menguasai diri, sehingga menjadi lebih produktif dan efektif dalam segala hal.

4. Mengenali emosi orang lain

Mengenali emosi orang lain berkaitan erat dengan empati, mampu memahami apa yang dibutuhkan atau dikehendaki orang lain.

5. Membina hubungan

Di dalam membina hubungan dituntut kecerdasan dan keterampilan dalam mengelola emosi orang lain agar hubungan tercipta dengan baik.

Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar
Era global membutuhkan guru profesional   dengan kecerdasan emosional tinggi

Seorang guru profesional harus dapat mengembangkan diri dalam bidang ilmu yang dikuasainya dan pedagogik secara terus menerus.

Sejalan dengan itu, guru profesional juga harus dapat mengembangkan kepribadian yang mencerminkan sosok pribadi profesional.

Carut marut permasalahan pendidikan di negara kita, perlu diurai akar penyebabnya, sehingga akan ada kearifan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan tersebut. Bisa jadi permasalahan itu berasal dari guru, sebagai ujung tombak pendidikan.

Tunjangan profesi sebagai bentuk kompensasi langsung program sertifikasi yang diterima oleh guru seharusnya menjadi motivasi terhadap meningkatnya kinerja guru.

Kenyataannya, (maaf) masih terdapat sejumlah guru yang sudah bersertifikasi tetapi tetap tidak mampu meningkatkan kinerjanya menjadi profesional.

Kualitas kinerja guru yang sudah bersertifikasi masih sama dengan ketika belum mendapatkan sertifikasi.

Guru harus berani jujur mengakui kelemahan dan kekurangan yang dimiliki, untuk senantiasa meningkatkan profesionalitasnya.

Sehingga pertanyaan mengenai menjadi guru profesional cukupkah hanya pintar?

Jawabannya adalah guru tidak cukup hanya pintar, tapi juga harus memiliki keahlian mengapilkasikan kemampuannya sebagai tenaga pengajar dengan kecerdasan emosi yang tinggi.

Baca juga : Cara Menciptakan Sekolah Sukses di Singapura

Demikian ulasan mengenai Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar. Semoga dapat menjadi renungan kita bersama.

0 Response to "Menjadi Guru Profesional Tidak Cukup Hanya Berbekal Pintar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel