Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham

Amongguru.com.  Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 menyebutkan bahwa Kompetensi bidang adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri, berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai individu, sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Sesuai pengertian kompetensi bidang tersebut, maka seleksi kompetensi bidang lebih difokuskan pada tes tugas jabatan yang dipilih peserta ujian. Salah satu bentuk tes kompetensi bidang tersebut adalah tes wawancara.

Tes wawancara ini juga akan diterapkan kepada peserta seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017 denga kualifikasi pendidikan Sarjana dan Dokter Umum.

Terkait dengan tes wawancara ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan perubahan tempat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) melalui wawancara bagi peserta dengan kualifikasi pendidikan sarjana dan dokter umum.

Pengumuman tersebut terkait dengan perubahan lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) melalui wawancara yang pada awalnya akan diselenggarakan di Jakarta.

Berikut bunyi pengumuman Nomor : SEK.KP.02.01-890 tentang Perubahan Tempat Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) melalui Wawancara bagi Peserta dengan Kualifikasi Pendidikan Sarjana dan Dokter Umum pada Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017.

“Dengan mempertimbangkan jumlah peserta yang mengikuti SKB kurang lebih 90 % berada di luar Provinsi DKI Jakarta, maka dinyatakan bahwa pelaksanaan SKB Wawancara yang semula bertempat di Jakarta diubah menjadi di wilayah domisili peserta”

Pengumuman tersebut ditandatangani oleh Bambang Rantam Sariwanto selaku Ketua Panitia Rekrutmen CPNS, pada hari Senin (9/10/2017) melalui laman resmi Kemenkumham, www.cpns,kemenkumham.go.id.

Untuk mengunduh secara lengkap pengumuman perubahan lokasi pelaksanaan SKB wawancara tersebut, silahkan klik di sini.

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemenkumham bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan sarjana dan dokter umum tidak hanya dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), tetapi juga unjuk kerja dan wawancara.

Tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sistem CAT ini dilakukan dalam bentuk praktik kerja komputer, khusus untuk jabatan Pengelola Teknologi Informasi.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang dengan sistem CAT untuk pelamar kualifikasi pendidikan sarjana dan dokter umum telah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 9 Oktober 2017 dan berakhir pada tanggal 11 Oktober 2017 kemarin.

Setelah tahap Seleksi Kompetensi Bidang dengan sistem CAT selesai dilaksanakan, maka selanjutnya peserta akan mengikuti proses seleksi bidang melalui wawancara.

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham ini sedianya akan diumumkan pada 13 Oktober 2017 melalui laman http://cpns.kemenkumham.go.id.

Berdasarkan pengumuman sebelumnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) melalui wawancara dijadwalkan akan berlangsung mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Oktober 2017.

Berikut ini jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham tahun anggaran 2017 yang dapat Anda unduh sesuai dengan kantor wilayah masing-masing.

Peserta wawancara diharapkan untuk terus memantau perkembangan informasi terkait Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham melalui website Kemenkumham, http://cpns.kemenkumham.go.id.

Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami setiap pengumuman yang dikeluarkan oleh Panitia Penerimaan CPNS di Lingkungan Kemenkumham Tahun Anggaran 2017 adalah mutlak menjadi tanggung jawab dari peserta sendiri.

Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Pertanyaan yang diajukan dalam tes wawancara biasanya tertuju pada kepribadian pelamar sehari-hari, bidang pekerjaan yang dilamar, etos kerja, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah (problem solving).

Wawancara merupakan gerbang terakhir sebelum peserta tes CPNS dinyatakan lulus ujian. Sangat disayangkan apabila setelah melalui rangkaian seleksi yang cukup panjang dan berat, peserta ujian tidak lolos dalam tes wawancara.

Berikut ini beberapa tips sukses lolos seleksi kompetensi bidang wawancara CPNS 2017 yang dapat dipraktekkan untuk dapat lulus tes wawancara.

  1. Berusaha untuk tenang dan menguasai diri. Kepanikan, rasa cemas, grogi, hanya akan membuat konsentrasi Anda dalam menjawab pertanyaan menjadi hilang dan jawaban yang Anda berikan tidak maksimal.
  2. Sampaikan jawaban sesuai dengan gaya bicara dan karakter Anda sehari-hari. Ucapan dan bahasa tubuh Anda dalam menjawab pertanyaan  jangan terlalu dibuat-buat, karena tidak mencerminkan karakter pribadi Anda.
  3. Berempati, yaitu berupaya memahami dan menjawab pertanyaan secepat mungkin. Anda dapat menambahkan contoh-contoh atau cara-cara penyelesaian suatu masalah sesuai topik yang ditanyakan.
  4. Berilah jawaban yang logis dan masuk akal. Jangan memberikan jawaban yang sifatnya berandai-andai dan tidak realistis.
  5. Tunjukkan mimik wajah yang ramah. Berusahalah untuk selalu menampilkan senyuman kepada pewanwancara dalam setiap menjawab, meskipun Anda belum bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Contoh pertanyaan yang sering muncul dalam tes wawancara CPSN antara lain sebagai berikut.

  • Apabila Anda diterima bekerja sebagai aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian … / Badan … , maka Anda pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam bekerja. Menurut Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda!

Catatan :

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mendalami karakter pribadi peserta ujian. Anda harus benar-benar jujur dalam menjawab sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya. Interviewer dapat dengan mudah mengetahui tingkat kebenaran Anda dalam menjawab pertanyaan wawancara.

  • Coba Anda ceritakan secara singkat latar belakang pendidikan Anda, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman Anda dalam bekerja!

Catatan :

Pertanyaan ini untuk mengetahui kualifikasi pendidikan Anda dan juga seberapa besar kompetensi sosial yang Anda miliki, sehingga dapat disimpulkan Anda termasuk dalam pribadi yang aktif atau kah pasif di masyarakat.

  • Coba Anda deskripsikan profil Kementerian …./ Badan …. sebagai tempat Anda bekerja nantinya!

Catatan :

Pertanyaan tersebut untuk mengetahui seberapa besar pemahaman Anda terhadap instansi pemerintah yang Anda pilih untuk bekerja nantinya. Anda dapat melihat dan mempelajari profil instansi pemerintah yang Anda tuju melalui web resmi yang disediakan. Pahami juga visi dan misi masing-masing kementerian atau lembaga.

  • Apakah Anda memahami kode etik profesi yang harus Anda laksanakan nantinya sebagai seorang aparatur sipil negara?

Catatan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Anda memahami tanggung jawab terhadap profesi yang akan Anda laknsakana nantinya.

Kode etik masing-masing jabatan berbea-beda, sehingga Anda perlu memahami kode etik profesi yang Anda pilih.

  • Apa motiviasi Anda menjadi Pegawai Negeri Sipil, padahal Anda tahu gaji Pegawai Negeri Sipil tidaklah besar!

Catatan :

Pertanyaan tersebut untuk mengungkap apa sebenarnya tujuan Anda mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Berikan jawaban yang memiliki kesan positif, misalnya untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara.

  • Apakah Anda bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia?

Catatan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Anda menjadi apratur sipil negara. Anda harus menjawab “ya”, untuk pertanyaan tersebut. Hal ini sebagai bukti bahwa Anda benar-benar siap menjadi PNS dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya.

Demikian informasi mengenai Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham.

 

0 Response to "Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara Pelamar Sarjana Dokter CPNS Kemenkumham"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel