Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok

Amongguru.com. Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok.

Setelah pada bulan Oktober 2015 publik sempat dihebohkan dengan pemberitaan tentang matahari kembar dua di langit Kanada, maka kemarin Rabu (27/12/2018) di Tiongkok muncul kembali berita tentang fenomena matahari kembar, bahkan kali ini kembar tiga.

Sekitar pukul 08.30 pagi waktu setempat, di langit Tiongkok telah muncul matahari kembar tiga selama kurang lebih 15 menit.

Matahari muncul dengan diapit oleh dua matahari kecil, yang kemudian lambat laun menghilang. Warga kemudian menyebutnya dengan matahari bertelinga kembar.

Bagaimana fenomena matahari kembar ini bisa terjadi?

Munculnya matahari kembar ini akibat awan atmosfer berpadu dengan uap air dan membiaskan cahaya matahari. Matahari kembar merupakan fenomena alam biasa yang tidak perlu ditakutkan karena sama sekali tidaklah berbahaya.

Fenomena matahari kembar tersebut dapat muncul dimana saja dan kapan saja. Matahari kembar (dalam  bahasa Inggris disebut sun dog atau parhelion) adalah sebuah fenomena optis dimana terdapat sekumpulan cahaya tambahan yang terlihat seperti bola di sisi sebelah matahari.

Sun dog sendiri berarti “anjing matahari”dimana dikiaskan bahwa cahaya tambahan tersebut seperti anjing yang setia menunggu tuannya.

Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok
Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok

Kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat Anda berpikir bahwa cahaya tersebut adalah matahari tambahan. Gumpalan cahaya yang menyerupai matahari disebelah kanan dan kiri matahari itulah yang disebut dengan fenomena matahari kembar. Matahari tambahan tersebut bisa terlihat satu, dua, tiga, atau bahkan empat sekaligus.

Gumpalan cahaya tambahan ini disebabkan karena adanya proses atmosferik yang jarang terjadi, yaitu pembiasan atau pembelokan cahaya matahari minimum 22 derajat pada saat cahaya matahari menembus kumpulan lempeng kristal es heksagonal.

Lempeng ini berfungsi sebagai prisma yang tersusun secara horizontal dan terbentuk pada awan cirrus yang tinggi dan sangat dingin di langit. Fenomena terjadinya matahari kembar tersebut dapat dijelaskan melalui gambar berikut.

Fenomena matahari kembar akan mudah terlihat apabila matahari berada di bawah kaki langit, saat matahari terbit atau tenggelam.

Jika fenomena matahari kembar ini nampak pada saat matahari terbit, maka seiring matahari semakin meninggi ke atas, sudut pembiasan cahaya akibat terkena lempeng es kristal heksagonal makin lama semakin besar. Matahari tambahan semakin menjauh dan secara berlahan-lahan menghilang dengan sendirinua.

Matahari tambahan ini ketika berada cukup dekat dengan matahari akan berwarna merah dan ketika semakin jauh warnanya berubah menjadi jingga dan akhirnya berwarna biru seperti langit.

Demikian ulasan mengenai Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok. Smeoga bermanfaat.

0 Response to "Heboh Fenomena Munculnya Matahari Kembar Tiga di Tiongkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel