Contoh Laporan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex

Contoh Laporan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex

Berikut ini admin bagikan contoh laporan lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex untuk referensi Anda yang sedang membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas, khususnya pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam.

Judul :

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ZAT PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBEX (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN)

(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pembelajaran 2008/2009).
A. Latar Belakang

Proses pembelajaran IPA adalah proses yang kompleks dan saling berhubungan antara materi satu dengan yang lainnya. Konsep awal yang diterima siswa menjadi syarat untuk penguasaan konsep berikutnya.

Pengetahuan awal siswa pada setiap pengalaman belajarnya akan berpengaruh terhadap bagaimana mereka kan belajar dan apa yang akan mereka pelajari selanjutnya (Haryanto, 2000).

Kenyataan menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional masih mendominasi dalam proses belajar mengajar IPA.

Pembelajaran konvensional yang umum dilakukan adalah dalam bentuk ceramah, yaitu metode penyampaian informasi oleh guru sebagai pembicara kepada siswa sebagai sekelompok pendengar.

Di dalam situasi yang kurang menyenangkan, metode pembelajaran konvensional dapat menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah, karena metode ini kurang menarik, menghalangi respon siswa, dan membatasi daya ingat siswa.

Oleh karena itu, dibutuhkan suata metode pembelajaran yang menarik, inovatif, serta memberikan iklim kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreatifitas siswa.

Materi pelajaran yang berbeda-beda menuntut adanya variasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang baik akan menghasilkan prestasi belajar yang memuaskan.

Sebaliknya, metode pembelajaran yag kurang tepat akan membuat siswa kurang termotivasi dan dampak selanjutnya bagi siswa adalah menurunnya prestasi belajar.

Beberapa identifikasi masalah yang ada dalam penelitian ini dan sering terjadi dalam pembelajaran IPA, khususnya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah sebagai berikut.

  1. Selama ini siswa masih pasif dalam pembelajaran IPA
  2. Rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep Perubahan Zat
  3. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan kurang menarik, kurang inovatif dan kurang kondusif dalam mengembangkan daya nalar dan kreatifitas siswa.
Salah satu alternatif metode yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar IPA adalah metode pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain).

Metode pembelajaran Probex didasarkan atas teori pembelajaran konstruktivisme yang memberi kesempatan siswa untuk menyadari apa yang telah menjadi pengetahuan awal mereka.

Mereka berinteraksi dengan alat  bahan, membuat prediksi (predict), menguji prediksi melalui pengamatan (observe), dan kemudian mengemukakan penjelasan mengenai fenomena yang mereka hadapi (explain).

Setelah itu, mereka menguji dan menyempurnakan penjelasan itu, atau bahkan memodifikasinya (Haryanto, 2000).

Metode pembelajaran Probex memungkinkan siswa untuk memformulasikan pengetahuan baru dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya.

Strategi ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan kembali dan mengubah miskonsepsi mereka terhadap suatu masalah.

Probex menantang siswa untuk berpikir dan memberikan kepuasan tertentu apabila prediksi siswa ternyata sesuai dengan hasil pengamatan (Tuwuh Rustanto, 2001).

Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti tertarik untuk mencoba menerapkan metode Probex dalam pembelajaran IPA melalui penelitian tindakan kelas yang berjudul :

“Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Zat    pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain).”

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

Apakah dengan metode pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang terhadap pembelajaran IPA untuk konsep Perubahan Zat.

C. Cara Pemecahan Masalah

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Perubahan Zat pada pembelajaran IPA, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan pada siswa kelas VII  SMP Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang semester 2 tahun pembelajaran 2008/2009.

Tindakan yang dilakukan adalah dengan mengajarkan konsep Perubahan Zat menggunakan metode Probex (Predict-Observe-Explain) melalui serangkaian prosedur dalam penelitian tindakan.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran Probex dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Guru memberikan penjelasan singkat mengenai konsep Perubahan Zat, atau meminta siswa membaca buku IPA pada materi  Perubahan Zat.
  2. Guru mengajak siswa untuk melakukan percobaan terkait perubahan zat, dengan terlebih dahulu siswa diminta memprediksikan hasil percobaan yang akan dilakukan (predict).
  3. Siswa melakukan pengamatan terhadap hasil percobaan yang dilakukan (observe).
  4. Siswa diminta membandingkan dan menjelaskan hasil prediksinya dengan hasil pengamatan dari percobaan (explain). Selanjutnya guru memberikan penguatan untuk menyamakan pemahaman siswa terhadap konsep Perubahan Zat dari percobaan yang telah dilakukan. Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan oleh ketuntasan belajar, serta meningkatnya keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
D. Tujuan Penelitian  

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Perubahan Zat pada mata pelajaran IPA yang diajarkan menggunakan metode Probex (Predict-Observe-Explain).
  2. Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA, yang ditandai dengan keaktifan siswa secara menyeluruh dalam pembelajaran.
E. Manfaat Penelitian

Secara teoritis hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi dunia pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran IPA, sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

Sedangkan dari segi praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak berikut.

1. Bagi guru

Guru dapat mengenalkan metode pembelajaran yang tepat dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran IPA.

2. Bagi siswa

Siswa dapat meningkatkan prestasi belajar IPA, baik dari segi kualitatif  maupun kuantitatif melalui metode pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain).

3.. Bagi sekolah

Sebagai sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan pembelajaran IPA.

F. Penegasan Istilah

Penegasan istilah dalam penelitian ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah penafsiran terhadap judul penelitian dan memberikan gambaran yang lebih jelas kepada para pembaca. Istilah-istilah yang perlu dijelaskan dalam judul penelitian ini adalah sebagai berikut.

1.  Pemahaman konsep IPA

Pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami atau memahamkan. Konsep merupakan gambaran mental dari objek (Tim Penyusun Kamus, 1993).

Jadi pemahaman konsep IPA adalah proses memahami gambaran mental dari IPA sebagai objeknya.

Di dalam penelitian ini, konsep IPA yang diajarkan adalah Perubahan Zat untuk siswa kelas VII  Sekolah Menengah Pertama.

2. Pokok bahasan Perubahan Zat

Perubahan Zat adalah salah satu materi dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan SMP kelas VII dengan standar kompetensinya, yaitu memahami berbagi sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

Pokok bahasan ini terdiri dari empat kompetensi dasar, yaitu: (a) Materi dan Perubahannya; (b) Perubahan fisika dan Perubahan Kimia; (c) Ciri-ciri Reaksi Kimia, dan (d) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Reaksi Kimia.

3. Pembelajaran Probex (Predict-Observe-Explain)

Pembelajaran Probex adalah metode pembelajaran yang membantu siswa untuk membentuk ide baru berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya.

Metode ini melalui tiga tahap pembelajaran, yaitu membuat prediksi (predict), melakukan pengamatan (observe), serta diakhiri dengan membuat penjelasan (explain).

Contoh Laporan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex tersebut secara lengkap dapat di download disini.

Baca juga :

Demikian Contoh Laporan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex. Semoga bermanfaat

0 Response to "Contoh Laporan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas IPA Metode Probex"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel