Download PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS

Download PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS

Amongguru.com. Salah satu pertimbangan pembentukan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 20l4 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk mewujudkan aparatur sipil negara yang profesional, kompeten, dan kompetitif sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

Aparatur Sipil Negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dan menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara.

Berdasarkan pemikiran tersebut, maka Undang-Undang ASN mengatur mengenai penilaian kinerja yang bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan sistem prestasi dan sistem karier.

Undang-Undang ASN juga mengamanatkan agar penilaian kinerja PNS dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

Pengaturan mengenai penilaian kinerja PNS dalam Undang-Undang ASN, perlu diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah.

Sasaran Kinerja Pegawai

Tujuan penilaian kinerja adalah untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi dan sistem karier.

Penilaian kinerja merupakan suatu proses rangkaian dalam Sistem Manajemen Kinerja PNS, berawal dari penyusunan perencanaan kinerja yang merupakan proses penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai selanjutnya disingkat SKP.

Sasaran Kinerja Pegawai  adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang harus dicapai setiap tahun.

Pelaksanaan pengukuran SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara Realisasi kinerja dengan Target yang telah ditetapkan.

Kemudian dilakukan penilaian kinerja yang merupakan gabungan antara penilaian SKP dan penilaian Perilaku Kerja dengan menggunakan data hasil pengukuran kinerja.

Di dalam melakukan penilaian dilakukan analisis terhadap hambatan pelaksanaan pekerjaan untuk mendapatkan umpan balik serta menyusun rekomendasi perbaikan dan menetapkan hasil penilaian.

Dengan demikian, proses penyusunan SKP perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan strategis Instansi Pemerintah, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, uraian jabatan, dan SKP atasan langsung.

Indikator Kinerja Individu dan Target Kinerja

Indikator Kinerja Individu adalah ukuran keberhasilan kerja yang dicapai oleh setiap PNS. Sedangkan target kinerja merupakan jumlah hasil kerja yang akan dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan.

Indikator Kinerja Individu disusun dengan memperhatikan kriteria sebagai berikut.

  • Spesifik.
  • Terukur.
  • Realistis.
  • Memiliki batas waktu pencapaian.
  • menyesuaikan kondisi internal dan eksternal organisasi.

Target kinerja Pegawai Negeri Sipil meliputi aspek-aspek berikut.

  • kuantitas.
  • kualitas.
  • waktu.
  • biaya.

Sistem Mekanisme Kerja PNS

Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil adalah suatu proses sistematis yang terdiri dari perencanaan kinerja; pelaksanaan, pemantauan, dan pembinaan kinerja; penilaian kinerja; tindak lanjut; dan sistem informasi kinerja.

Sistem Manajemen Kinerja PNS terdiri atas perencanaan kinerja, pelaksanaan, Pemantauan Kinerja, pembinaan kinerja; penilaian kinerja; tindak lanjut; dan Sistem Informasi Kinerja PNS.

Keberhasilan dari pelaksanaan Sistem Manajemen Kinerja PNS sangat tergantung kepada pelaksanaan sistem-sistem lain yaitu pelaksanaan rencana strategis Instansi Pemerintah, rencana kerja tahunan, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, dan uraian jabatan.

PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS

PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS ini mengatur substansi penilaian kinerja PNS.

Komponen penilaian kinerja PNS seperti yang diatur dalam PP Nomor 30 tahun 2019 adalah sebagai berikut.

  1. Penilaian Perilaku Kerja.
  2. Penilaian kinerja PNS.
  3. Pembobotan penilaian SKP dan Perilaku Kerja PNS,
  4. Pejabat Penilai dan Tim Penilai Kinerja PNS.
  5. Tata cara penilaian
  6. Tindak lanjut penilaian.

Tindak lanjut penilaian ini berupa pelaporan kinerja, pemeringkatan kinerja, penghargaan kinerja dan sanksi serta keberatan, dan Sistem Informasi Kinerja PNS.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Penilaian Kinerja PNS, download PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS pada link di bawah ini.

PP NOMOR 30 TAHUN 2019

Baca juga :

Demikian ulasan PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel