Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019

Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019

Amongguru.com. Pembelajaran merupakan salah satu proses penting untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan.

Proses pendidikan hendaknya memfasilitasi peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah, sehingga dapat hidup selaras sebagai warga dunia yang baik.

Di dalam mewujudkan harapan tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional tahun 2019.

Inovasi pembelajaran merupakan upaya pembaruan dalam rangka menemukan cara baru yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling.

Perlombaan Inovasi Pembelajaran adalah ajang kompetisi bagi guru dalam mengembangkan karya inovasi yang dapat memecahkan masalah pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik.

Naskah karya inovasi pembelajaran merupakan deskripsi proses dan penerapan inovasi dalam bidang pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik yang disajikan dengan menggunakan kaidah ilmiah.

Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP  Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019
Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019

Tujuan Penyelenggaraan

Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional tahun 2019 adalah sebagai berikut.

  1. Memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran atau layanan konseling.
  2. Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan.
  3. Menghasilkan karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan yang dapat diimplementasikan.
  4. Mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan yang dapat diimplementasikan.
  5. Memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan melalui prosiding atau jurnal.
  6. Memberikan penghargaan kepada guru SMP yang berinovasi dalam pembelajaran atau layanan bimbingan.

Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional adalah guru SMP di seluruh wilayah NKRI yang mengampu bidang :

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti;
  2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn);
  3. Bahasa Indonesia;
  4. Matematika;
  5. Ilmu Pengetahuan Alam;
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial;
  7. Bahasa Inggris;
  8. Seni Budaya;
  9. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan;
  10. Muatan Lokal Bahasa Daerah;
  11. Muatan Lokal (Non Bahasa Daerah);
  12. Bimbingan dan Konseling;
  13. Prakarya;
  14. Informatika; dan
  15. Mata pelajaran lainnya.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari perlombaan ini adalah :

  1. termotivasinya guru untuk melakukan inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan;
  2. termotivasinya guru dalam berkarir melalui karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan;
  3. terhimpunnya karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan;
  4. terdiseminasikannya hasil inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan dan menjadi inspirasi dalam peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran;
  5. terbuplikasikannya hasil inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan dari karya terbaik dalam bentuk artikel ilmiah yang dimuat dalam prosiding, jurnal, atau buku; dan
  6. terpilihnya Peringkat I, II, dan III Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tahun 2019.

Baca juga : Download Pedoman Lomba Guru Berprestasi Gurpres SMP Tahun 2019.

Manfaat Kegiatan

Manfaat kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran adalah :

  1. meningkatkan jumlah karya inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan guru SMP, sehingga dapat diadopsi, diadaptasi, dan diimplementasikan oleh guru lain;
  2. mengembangkan budaya belajar kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan kinerja guru;
  3. meningkatkan karier guru SMP pemenang lomba inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan;
  4. menginspirasi guru SMP untuk mengembangkan pembelajaran atau layanan bimbingan yang inovatif sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar.

Ruang LIngkup

Ruang lingkup kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2019 berisi pengalaman pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling terbaik yang merupakan hasil inovasi model, pendekatan, strategi, metode teknik, alat peraga, dan/atau media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Informasi lengkap mengenai Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Guru SMP tahun 2019 dapat diunduh pada link berikut.

PEDOMAN LOMBA KARYA INOVATIF PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2019.

Demikian Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pedoman Lomba Karya Inovatif Pembelajaran Inobel Guru SMP 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel