Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019

Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibra Pusaka 2019

Amongguru.com. Paskibraka merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Paskibraka memiliki tugas mengibarkan bendera merah putih pada tiga tempat, yaittu tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka).

Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibra Pusaka  Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019

Anggota Paskibraka

Anggota Paskibraka berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas X (sepuluh) atau XI (sebelas) yang sebelumnya melalui penyeleksian anggota dengan cukup ketat.

Penyeleksian terhadap Paskibraka dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan Cappaska atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan Paskibraka, dan setelah tanggal 17 Agustus, dinamakan Purna Paskibraka.

Tingkatan Paskibraka ada tiga, yaitu Paskibraka Nasional yang bertugas di Istana Merdeka, Paskibraka Propinsi yang bertugas di Pusat pemerintahan gubernur propinsi, dan Paskibraka Kota yang bertugas di Pusat pemerintahan wali kota/kabupaten

Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibra Pusaka  Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019

Sejarah SIngkat Terbentuknya Pasuka Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka

Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Pada saat itulah, dibenak Husein Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Istilah yang digunakan dari tahun 1967 sampai tahun 1972 masih Pasukan Pengerek Bendera Pusaka. Barulah pada tahun 1973, Idik Sulaiman melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan Paskibraka.

PAS berasal dari PASukan, KIB berasal dari KIBar mengandung pengertian pengibar, RA berarti bendeRA dan KA berarti PusaKA. Mulai saat itu, anggota pengibar bendera pusaka disebut Paskibraka.

Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka Tahun 2019

Seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada tahun 2019 kembali digelar.

Paskibraka yang terpilih adalah putra dan putri terbaik dari 34 provinsi di Indonesia dan akan menjalankan Diklat Paskibraka di PP-PON Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Seleksi yang dilakukan juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana dilakukan serangkaian seleksi pada masing-masing propinsi dengan sebelumnya telah dilakukan seleksi pada tingkat kota/kabupaten.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang seleksi Paskibraka tahun 2019 tersebut, maka Kemenpora secara resmi telah menerbitkan edaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tahun 2019.

Edaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019 dapat di unduh di sini.

Demikian edaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Edaran Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel