7 Cara Mencegah Kantuk Ketika Bekerja Dan Berguru

Cara Mencegah Mengantuk Saat Bekerja dan Belajar _Rasa ngantuk bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Tidak peduli Anda sedang mencar ilmu atau bekerja, rasa ngantuk bisa tiba tiba-tiba dan menganggu keseharianmu. Ingin tahu bagimana cara mengatasi ngantuk? Simak tipsnya yang berikut ini.
Cara Mencegah Mengantuk Saat Bekerja dan Belajar  7 Cara Mencegah Kantuk Saat Bekerja dan Belajar
Cara Terbaik Mencegah Kantuk

1. Minum kopi
Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi ngantuk yaitu mengonsumsi kopi. Di dalam kopi terkandung zat berjulukan kafein yang mempunyai kegunaan untuk menstimulus otak biar kembali segar. Namun ingat hindari konsumsi kopi berlebihan alasannya tidak baik bagi kesehatan.

Terutama untuk menjaga lambung, sebaiknya konsumsi kopi berlebihan dihindari. Selain kopi, minuman yang mengandung kafein lainnya yaitu teh. Namun kandungan kafein dalam teh lebih sedikit dibanding kopi. Sehingga tingkat keefektifannya, juga masih kalah dengan kopi.

2. Tidur dengan cukup
Seseorang yang gampang ngantuk ketika mencar ilmu ataupun bekerja, bisa jadi alasannya ia tidak memakai malam untuk keperluan tidur yang cukup. Kurang tidur nyatanya sanggup menciptakan seseorang merasa gampang lelah dan kondisi badan yang kurang fit.

Cukupi kebutuhan tidurmu setidaknya delapan jam tiap hari. Bukan hanya menciptakan rasa kantuk hilang namun tidur yang cukup juga menghindarkanmu dari ragam penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

3. Konsumsi air putih
Sama menyerupai tidur yang harus dicukupi, maka kebutuhan badan akan air putih juga harus Anda cukupi. Kekurangan cairan pada badan sanggup memicu kelelahan yang berakhir dengan timbulnya rasa ngantuk. Pastikan tubuhmu mengonsumsi air putih yang cukup serta perbanyak buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Konsumsi makanan dengan banyak kandungan air serta minum cukup, bisa menciptakan pikiranmu terasa lebih segar dan yang niscaya bisa membuatmu bersemangat kembali.

4. Olahraga
Mengusir ngantuk bisa dilakukan dengan cara berolahraga. Berolahraga tidak perlu Anda lakukan di luar ruangan namun ketika di dalam ruangan pun, Anda juga bisa melakukannya. Lakukan olahraga ringan di kantor dengan cara bangun dari daerah duduk atau sekedar mengayunkan tangan.

Meski terkesan sebagai aktivitas yang ringan, namun gerakan menyerupai menganyunkan tangan dan lain-lain, sanggup menghindarkanmu dari rasa kantuk yang berlebihan.

5. Cuci muka
Cara ampuh lainnya dalam mengatasi rasa kantuk yaitu dengan mencuci muAnda dengan air dingin. Meski bisa pula dilakukan dengan air hangat, namun mencuci muka dengan air hambar nyatanya menciptakan wajahmu menjadi lebih segar.

6. Ganti posisi tubuh
Bagi Anda yang terus menerus mencar ilmu atau bekerja dengan posisi badan yang sama, ternyata bisa berakibat dengan munculnya rasa kantuk yang berlebih. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk merubah posisi badan sesekali.

Anda bisa duduk sembari menyilangkan kaki atau bisa pula bergerak dengan cara menegakkan punggung. Posisi ini nyatanya bisa menciptakan rasa kantuk berkurang dan konsentrasi bisa lebih baik lagi.

7. Tarik napas dalam-dalam
Saat Anda menguap, maka kadar oksigen dalam otak akan semakin berkurang. Menguap sendiri merupakan salah satu tanda-tanda bila Anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam kemudian tahan sekitar 5 detik. Selanjutnya hembuskan perlahan selama 5 detik pula.

Lakukan aktivitas tarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya kemudian secara berulang kali. Kegiatan ini bisa membuatmu menjadi lebih segar kembali.

Mengantuk memang hal yang wajar. Meski demikian, mengantuk akan menimbulkan problem bila dilakukan di daerah dan waktu yang salah. Inilah kenapa ada baiknya Anda melaksanakan cara-cara di atas untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebih di ketika mencar ilmu dan bekerja.

0 Response to "7 Cara Mencegah Kantuk Ketika Bekerja Dan Berguru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel