Tips Lulus Utn 2017

Tips Lulus UTN 2017_Peserta PLPG tahun 2016 yang Mengikuti UTN 2016 sebanyak 50.453 (lima puluh ribu empat ratus lima puluh tiga) . Dari jumlah tersebut yang lulus UTN 2016 gres 9.030, sedangkan yang belum lulus sebanyak 41.423 peserta. Bagi akseptor PLPG yang belum lulus UTN 2016 wajib mengulang pada UTN 2017 yang akan diselenggarakan pada bulan Maret-April 2017. Untuk menghadapi atau mengerjakan UTN Ulang 2017, di halaman ini Admin sampaikan Tips Sukses Mengerjakan Ujian Tulis Nasional PLPG supaya Bisa Lulus UTN 2017. Namun sebelumnya, Admin sampaikan beberapa faktor penyebab tidak lulus UTN.
lima puluh ribu empat ratus lima puluh tiga Tips Lulus UTN 2017

A. Faktor Penyebab Tidak Lulus UTN
Seperti yang sudah maklum, bahwa nilai yang harus didapat oleh akseptor UTN yakni minimal 80 (delapan puluh). Untuk menerima nilai 80 atau lebih memang butuh kerja keras. Saya yakin bahwa semua akseptor UTN 2016 kemarin, sudah berusaha dan berdo'a semaksimal mungkin supaya sanggup lulus ujian.

Walau demikian, prosentase kelulusan UTN 2016 masih rendah. Di mana yang lulus gres 17,897% dan yang belum lulus 82,102%. Adapun penyebab akseptor PLPG 2016 belum lulus UTN 2016, tentunya masing-masing akseptor lah yang lebih mengetahui, yang terang nilainya masih di bawah 80.

Mengapa pada UTN 2016 masih ada 41 ribu lebih akseptor Ujian yang nilainya di bawah 80?
Nah, niscaya jawabannya berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Namun, berdasarkan dongeng dari beberapa akseptor UTN 2016, jawabannya antara lain sebagai berikut:

1. Soalnya Sulit
Soal UTN 2016 sudah sesuai dengan kisi-kisinya baik yang kompetensi profesional maupun yang pedagogik. Jumlah soal UTN ada 100 dan semuanya berbentuk soal pilihan ganda. Semua soal UTN tidak ada yang sifatnya ingatan (C1). Selain itu, soal UTN juga secara umum dikuasai panjang-panjang kalimatnya.

2. Waktunya Sedikit
Alokasi waktu mengerjakan soal UTN 2016 memang cukup sebentar, di mana para akseptor UTN hanya punya waktu 120 menit (2 jam) untuk menuntaskan soal sebanyak seratus.

3. Belum Mahir Mengoperasikan Komputer
Ujian Tulis Nasional pada PLPP 2016 memang online menyerupai halnya UKG online. Bagi akseptor UTN yang belum jago dalam mengoperasikan komputer tentunya menjadi salah satu hambatan tersendiri.

4. Mengajar Kelas Rendah bagi Guru SD
Bagi guru TK, SMP, dan SMA/SMK tentunya tidak ada duduk masalah perihal ini, alasannya yakni mata pelajaran yang diajarkan yakni tertentu. Namun bagi guru SD yang mengajar kelas rendah (kelas 1,2,3), hal ini sanggup menjadi salah satu faktor tidak lulus UTN. Mengapa demikian?, alasannya yakni bahan kompetensi profesional UTN tidak jauh dengan bahan kelas tinggi SD (kelas 4,5,6). Singkatnya, guru SD kelas tinggi sudah terbiasa dengan bahan tersebut, sedangkan guru SD kelas rendah kadang lupa dengan bahan yang sudah usang tidak dipelajari kembali.

B. Tips Sukses UTN 2017

1. Tingkatkan dalam Belajar Materi yang Sesuai dengan Kisi-Kisi UTN PLPG
Semua soal UTN pastinya sudah sesuai dengan kisi-kisi UTN PLPG. Untuk kisi-kisi UTN 2017 juga sama dengan kisi-kisi UTN 2016. Saya percaya kalau Bapak/Ibu sudah rajin berguru ketika sebelum UTN 2016, oleh alasannya yakni itu lebih giatlah dalam berguru untuk persiapan menghadapi UTN 2017.

Yang perlu diperhatikan dalam berguru bahan UTN PLPG adalah:

a. Jangan Belajar Materi UTN secara Borongan
Lakukan berguru semenjak dini, jangan berguru pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam).

b. Perdalam Penguasaan Materi Kompetensi Pedagogik dan Profesional
Soal UTN yang mengandung kompetensi profesional maupun pedagogik cukup membingungkan sehingga Anda harus lebih cermat dalam menentukan balasan yang paling tepat. Ya ketika semua item balasan A, B, C, D semuanya benar/tepat, maka untuk menentukan balasan yang paling benar/tepat tentunya Anda sudah punya bekal pengetahuan yang mendalam perihal itu.

2. Belajar Komputer
Bagi yang belum mahir komputer, teruslah berlatih komputer. Anda sanggup berguru komputer bersama teman/keluarga. Pastikan Anda jago mengoperasikan komputer sebelum mengerjakan UTN, sehingga Anda tidak dipusingkan dengan urusan salah klik, galau login, galau mau kembali ke soal sebelumnya, tidak mengetahui soal yang sudah/belum dijawab, dan duduk masalah lainnya.

3. Jangan Demam Ruang Ujian
Percaya diri yakni salah satu modal untuk sanggup lulus UTN. Ketika Anda sudah berada di ruang ujian, usahakan pribadi menuju meja komputer sesuai nomor ujian Anda. Hilangkan rasa grogi/tidak PD. Ketika sudah saatnya mengerjakan UTN, usahakan fokus ke monitor komputer, jadi janganlah Anda tengok kanan/kiri.

4. Kerjakan Soal yang Praktis Dulu dan Atur Waktu Sebaik Mungkin
Ketika Anda menemukan soal yang dianggap sulit, sebaiknya jangan dikerjakan dulu, jadi dahulukan mengerjakan soal yang mudah-mudah. Waktu mengerjakan soal UTN dalah 120 menit untuk 100 soal, jadi ada waktu 1,2 menit per soal. Untuk soal mudah, Anda butuh waktu kurang 1 menit, sehingga yang 0,2 menit sanggup Anda manfaatkan untuk mengerjakan soal UTN yang tingkat sedang dan sukar.

Cara Mengerjakan Soal UTN:
Jumlah soal ada 100. Karena nilai minimal 80, sebelum mengerjakan soal, Anda harus punya sasaran jumlah balasan benar minimal 80. Anda sanggup membagi 100 soal ke dalam 3 kategori (kategori mudah, sedang, sulit), misalkan 80 soal mudah, 10 soal sedang, dan 10 soal sulit. Usahakan berdo'a dulu (dalam hati) setiap kali akan mengeklik.

a. Kerjakan 80 soal yang gampang ( yang Anda yakin benar)
Jika Anda menemukan soal UTN dan dianggap mudah, silakan baca dan pahami (jika soal sedang/sulit tinggalkan dulu), lalu yakinlah untuk mengeklik balasan yang benar. Ingat, waktu mengerjakan soal UTN hanya ada waktu 1,2 menit per soal. Kaprikornus 80 soal mudah, nanti tidak perlu dicek alasannya yakni dengan waktu 120 menit untuk 100 soal kemungkinan  untuk mengecek kembali 100 soal yang sudah dikerjakan itu mustahil terjadi. Jika Anda merasa 80 soal mudah, maka Anda berpotensi menerima nilai 80 dan lulus UTN.
Ini hanya contoh, syukur bagi Anda merasa 100 soal UTN semuanya mudah, sehingga Anda tidak perlu melangkah ke poin b dan c.
b. Kerjakan 10 soal yang sedang
10 soal tingkat sedang ini kerjakan dengan cermat. Gunakan sisa waktu sebaik mungkin. Sok niscaya ketika mengerjakan 80 soal gampang di atas, Anda punya waktu lebih sebentar.

c. Kerjakan 10 soal yang sulit
Kerjakan 10 soal yang Anda anggap sukar dengan super teliti.

5. Do'a
Berdo'alah sebelum dan setelah melaksanakan sesuatu. Dalam hal ini berdo'alah sebelum berguru dan mengerjakan soal. Selain berdoa sendiri, mintalah do'a restu kepada orang tua, keluarga (suami/istri, anak, saudara), dan teman-teman.

Demikian perihal beberapa cara menghadapi/mengerjakan soal UTN 2017 supaya lulus. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Lulus Utn 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel