Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap

Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap 

Amongguru.com. Pemerintah kembali akan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 sebagai alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 Pemerintah kembali akan menyelenggarakan  Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap 
Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap

Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005 dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Hasil Ujian Nasional nantinya akan dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di daerahnya masing-masing.

Selain itu, pelaksanaan Ujian Nasional juga memiliki beberapa tujuan lain sebagai berikut.

  1. Menjadi pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, nonformal kesetaraan dan informal wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik wajib mengikuti Ujian Nasional rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Nilai hasil Ujian Nasional dilaporkan dalam rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus), dengan tingkat pencapaian kompetensi lulusan dalam kategori sebagai berikut.

  1. Sangat Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 85 (delapan puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 100 (seratus);
  2. Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 70 (tujuh puluh) dan lebih kecil dari atau sama dengan 85 (delapan puluh lima);
  3. Cukup, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 55 (lima puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 70 (tujuh puluh); dan
  4. Kurang, jika nilai Ujian Nasional lebih kecil dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima).

Sebagai upaya menghadapai Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.

Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional, materi hendaknya dapat dibuat soal, dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019Keputusan tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018.

Fungsi kisi-kisi Ujian Nasional adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian.

Kisi-kisi Ujian Nasional disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Kebijakan Ujian Nasional tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan Ujian Nasional tahun 2018.

Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Untuk soal Ujian Nasional, penyusunannya dilakukan oleh pusat.

Dengan adanya kisi-kisi ujian nasional ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Format kisi-kisi UN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan.

Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji.

Download kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 lengkap  pada ink berikut.

Download juga kisi-kisi Ujian Nasional tahun 2019 untuk jenjang SMP, SMK. dan Kejar Paket pada link di bawah ini,

Demikian kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA tahun 2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional pada tahun pelajaran 2018/2019.

0 Response to "Download Kisi-kisi Ujian Nasional UN SMA MA Tahun 2019 Lengkap "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel