3 Moda Kegiatan Guru Pembelajar Dan Pengertian Serta Penjelasannya

3 Moda Program Guru Pembelajar dan Pengertiannya serta Penjelasannya_Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar dilakukan melalui tiga moda, yaitu Moda Tatap Muka, Moda Daring, dan Moda Daring Kombinasi. Apa pengertian moda tatap muka, moda daring, dan moda daring kombinasi?
 Moda Program Guru Pembelajar dan Pengertiannya serta Penjelasannya 3 Moda Program Guru Pembelajar dan Pengertian serta Penjelasannya
3 Moda Program Guru Pembelajar, Foto Ilustrasi via http://www.boalemokab.go.id/

1. Moda Tatap Muka
Moda tatap muka merupakan pecahan dari sistem pembelajaran di mana terjadi interaksi secara eksklusif antara fasilitator dengan penerima pembelajaran. Interaksi pembelajaran yang terjadi dalam tatap muka mencakup sumbangan input materi, tanya jawab, diskusi, latihan, kuis, praktik, dan penugasan.

Moda tatap muka diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peningkatan kompetensi yang lebih intensif dengan mempelajari 8-10 modul.

Di samping itu, untuk memperlihatkan pilihan penyelenggaraan pembelajaran bagi guru yang tidak punya cukup pilihan lantaran banyak sekali keterbatasan sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti pembelajaran moda lainnya, contohnya lantaran alasan geografis, tidak/kurang tersedianya aliran listrik dan jaringan internet, ketersediaan anggaran, literasi teknologi informasi dan komunikasi, serta alasan lain yang rasional, maka moda tatap muka sanggup dilaksanakan dengan beberapa alternatif, yaitu:

a. tatap muka penuh,
b. tatap muka tidak penuh (in-on-in), dan
c. tatap muka dalam aktivitas kolektif guru yaitu
  • PKG (Pusat Kegiatan Gugus) untuk guru PAUD, 
  • KKG (Kelompok Kerja Guru) untuk guru SD, 
  • MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) untuk guru SMP/SMA/SMK, dan 
  • MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling). 
Pemilihan banyak sekali alternatif moda tatap muka tetap harus mempertimbangkan hasil UKG yang tercermin dari jumlah modul yang perlu dipelajari oleh guru. Penjelasan lebih lanjut pelaksanaan jadwal guru pembelajar moda tatap muka dijelaskan dalam juknis moda tatap muka.

2. Moda Daring
Moda Dalam Jaringan (Daring) adalah jadwal guru pembelajar yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer dan internet.

Moda Daring sanggup dilaksanakan dengan mempersiapkan sistem pembelajaran yang secara berdikari memperlihatkan aba-aba dan layanan pembelajaran kepada penerima tanpa melibatkan secara eksklusif para pengampu dalam proses penyelenggaraannya.

Sistem instruksional yang dimaksud mencakup proses registrasi, pelaksanaan pembelajaran, tes akhir, dan penentuan kelulusan penerima serta penerbitan sertifikat.

Dalam hal tertentu, keterlibatan pengampu masih diperlukan, contohnya dalam menyidik dan menilai tugas-tugas yang belum bisa dilaksanakan oleh sistem, atau untuk membantu penerima apabila mengalami kesulitan yang belum bisa diatasi oleh sistem.

Moda Daring diperuntukkan bagi guru  yang memerlukan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 3-5 modul.

3. Moda Daring Kombinasi
Moda daring kombinasi yaitu moda yang mengkombinasikan antara tatap muka dengan daring. Fasilitator di satu sisi sanggup direpresentasikan oleh sistem pembelajaran yang terdiri dari firmware, brainware, dan software; dan penerima di sisi lain melaksanakan aba-aba yang diberikan oleh sistem, mulai registrasi, pelaksanaan pembelajaran, hingga dengan evaluasi.

Moda Daring Kombinasi dilaksanakan dengan mempersiapkan sistem pembelajaran yang membutuhkan keterlibatan secara eksklusif para pengampu dalam proses pembelajaran.

Keterlibatan para mentor sanggup dilakukan dengan 2 (dua) cara:
  • (1) bertemu muka secara eksklusif dengan peserta; atau 
  • (2) bertemu muka secara virtual, baik melalui video, audio, maupun teks. 
Moda Daring Kombinasi diperuntukkan bagi guru  yang memerlukan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 6-7 modul. Penjelasan lebih lanjut pelaksanaan jadwal guru pembelajar moda daring dan daring daring kombinasi dijelaskan dalam juknis moda daring.

Apabila disebabkan adanya banyak sekali kendala, sehingga 3 moda tersebut mustahil dilakukan, guru tetap harus meningkatkan kompetensinya dengan melaksanakan pembelajaran mandiri.

0 Response to "3 Moda Kegiatan Guru Pembelajar Dan Pengertian Serta Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel