Opini Pns Perihal Aplikasi Epupns Yang Sering Error 500 Dan Persoalan Lainnya

Sahabat Pembaca, sejak dibukanya aplikasi ePUPNS, banyak opini dari sebagian teman PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya menyerupai tampilan halaman web PUPNS yang kadang goresan pena berantakan, logo PUPNS memenuhi halaman web, dan hal teknis yang lain. Seperti yang kita maklumi bersama bahwa hampir semua aplikasi online kalau pengguna dalam mengakses secara berjamaah dan jumlahnya melebihi kekuatan server sebuah aplikasi maka lebih banyak didominasi server akan mengalami down maupun error.

Saya yakin bahwa sebetulnya Pemerintah, dalam hal ini yang menangani duduk masalah ePUPNS sudah bekerja keras secara matang dalam membangun sistem Pendataan PNS elektronik/e-PUPNS. Namun ternyata hingga ketika ini ( 10 Sepetember 2015 ), aplikasi e-PUPNS BKN sering mengalami error 500 dan jenis error lainnya. Hal ini tentunya mengakibatkan para pengguna aplikasi yakni para PNS menjadi kurang nyaman dalam aneka macam acara yang terkait PUPNS menyerupai ketika pendaftaran PNS di https://epupns.bkn.go.id/, login di https://epupns.bkn.go.id/login, dan https://epupns.bkn.go.id/admin. Untuk alamat Portal PUPNS  dan Helpdesk tetap sanggup diakses dengan baik dan lancar.

Selain duduk masalah yang berafiliasi dengan server ePUPNS dan teknis pengisiannya tersebut, ada juga duduk masalah lain menyerupai adanya kebingungan sebagian PNS terkait wacana apa yang harus diinput pada form hidangan ePUPNS, contohnya pada hidangan form Unit Organisasi hidangan Data Posisi yang sesuai di database BKN tertulis dan otomatis muncul di form tersebut dengan unit organisasi " SDN Sukses 1", namun di SK CPNS/PNS tertulis SDN 1 Sukses, nah apakah SDN Sukses 1 harus diganti yang sesuai dengan SK yakni SDN 1 Sukses ?. ( Tentang hal ini, saya sudah tanya ke Satgas PUPNS, tapi belum dijawab, besok kalau sudah ada tanggapan maka tanggapan tersebut akan tak tambahkan di halaman ini ).

Ya itu hanya salah satu rujukan saja yang terkait dengan kepegawaian. Kalau duduk masalah penggunaan aplikasi online ePUPNS tentunya para PNS sudah andal semua alasannya yaitu para PNS sudah sanggup mengoperasikan komputer/laptop dan acara online internet. Kaprikornus kalau server ePUPNS lancar maka para PNS sanggup melaksanakan pengisian/pengeditan data dengan lancar sukses juga dengan petunjuk pengisian yang sudah disipakan oleh pihak BKN. Silakan Download Juknis ePUPNS 2015

Berbagai Jenis Error Aplikasi ePUPNS

 dan Masalah Lainnya menyerupai tampilan halaman web PUPNS yang kadang goresan pena acak-acakan Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa ada beberapa jenis error aplikasi ePUPNS sehingga muncul tampilan web dengan keterangan :
  • Error 500, baik aplikasi ePUPNS diakses memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya
  • Pada Google Chrome,  web apapun kalau tidak lancar aksesnya maka akan tampil keterangan " This webpage is not available"
  • Tampilan logo aplikasi ePUPNS yang memenuhi halaman web di layar monitor komputer/laptop pengguna
  • Pada Mozilla Firfox, kalau halaman web tidak sanggup diakses maka akan tampil keterangan " Secure Connection Failed"
Apa yang sudah dilakukan oleh para PNS kalau ketika mengakses ePUPNS mengalami tampilan-tampilan error ? 

 dan Masalah Lainnya menyerupai tampilan halaman web PUPNS yang kadang goresan pena acak-acakan Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS  yang Sering Error 500 dan Masalah Lainnya

Beberapa cara mengatasi duduk masalah tersebut, PNS sudah melaksanakan cara-cara yang antara lain sebagai berikut :
  • Refresh PC/Laptop
  • Memperkuat koneksi internet dengan menambah kuota dan sebagainya
  • Menggunakan jasa warnet
  • Reload dengan menekan tombol F5
  • Membersihkan history ( browsing & download history, form & search history, cookies, cache, aktive logins )
  • Restart PC/Laptop
Namun aneka macam cara tersebut belum bahkan tidak sanggup mengatasi aneka macam jenis error pada aplikasi ePUPNS. Mengapa sanggup demikian? alasannya yaitu kalau suatu web tidak sanggup diakses oleh pengguna itu penyebabnya yaitu terletak pada internal server yang dipakai oleh Admin sebuah web.

Dari uraian permasalahan ePUPNS yang terkait Error 500, loading lama, dan sebagainya mengakibatkan banyak PNS yang mengeluh dan menyampaikannya lewat komentar di web/blog yang membahas duduk masalah PUPNS, status dan komentar di  media umum menyerupai facebook, Twitter, dan kawan-kawan. Adapun opini yang PNS sampaikan demi suksesnya PUPNS, antara lain sebagai berikut :
  • Seyogyanya Admin ePUPNS meningkatkan/memperkuat/menambah server hosting
  • Sebaiknya Admin/Satgas PUPNS menjadwal hak kanal aplikasi ePUPNS. Sebagai rujukan pada aplikasi di dunia pendidikan yakni Dapodik, dulu pernah menjadwal hak kanal untuk wilayah masing-masing provinsi
  • Pihak Satgas PUPNS/BKN/BKD meningkatkan sosialisasi wacana ePUPNS ( baik mengenai teknis penggunaan maupun wacana data yang wajib diinputkan ) dengan setuntas-tuntasnya semoga para PNS sanggup secara jelas  dalam memahami dan mengisi data di ePUPNS BKN.
Demikian 3 opini maupun proposal para PNS. Semoga pihak yang menangani ePUPNS sanggup mengabulkan permohonan usulan-usulan tersebut sehingga Program PUPNS melalui ePUPNS sanggup cepat berjalan dengan lancar dan sukses.

Namun demikian, sembari menunggu realisasi perbaikan/perawatan aplikasi ePUPNS lebih meningkat dan mantap, lebih banyak didominasi PNS pun ketika ini tengah tetap berusaha melaksanakan penginputan data pada PUPNS sesuai tahapan-tahapan yang ada. Para PNS menentukan waktu-waktu yang sempurna untuk sanggup mengakses web PUPNS. Adapun waktu yang biasanya gampang untuk mengakses ePUPNS yaitu pada malam hari/pagi mulai pukul 24.00 - 06.00 WIB, tetapi tidak menutup kemungkinan pada selain waktu itu pun sanggup gampang untuk mengaksesnya ( tergantung gampang atau sulitnya koneksi internet di suatu kawasan dan perangkat pendukung lainnya ). Baca juga Waktu yang Tepat untul Login di Aplikasi ePUPNS BKN

Demikian sekilas Opini PNS Tentang Aplikasi ePUPNS BKN yang ketika ini sering Error dan Masalah Lainnya. Semoga para PNS sanggup segera menuntaskan PUPNS dengan sukses. Aamiin. Selanjutnya, silakan baca Upaya Tim Satgas PUPNS Menambahkan Bandwith, Jumlah Server, dan Tunning Database ePUPNS.

0 Response to "Opini Pns Perihal Aplikasi Epupns Yang Sering Error 500 Dan Persoalan Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel