Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Amongguru.com. Ujian Nasional 2019 menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu.

Peserta didik diharapkan mempersiapkan diri sejak awal untuk dapat mengikuti Ujian Nasional 2019, sehingga mampu memperoleh nilai yang maksimal.

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Penyusunan soal Ujian Nasional 2019 didasarkan pada kisi-kisi yang telah ditetapkan. Kisi-kisi soal Ujian Nasional 2019 dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun.

Penyusunan soal Ujian Nasional 2019 berdasarkan pada kriteria pencapaian lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi soal Ujian Nasional 2019 dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).

Kisi-kisi soal Ujian Nasional 2019 menggambarkan kedalaman dan keluasan materi serta level kognitif yang diukur, meliputi level pengetahuan, level aplikasi, dan level keterampilan.

Di dalam membantu belajar peserta didik mempersiapkan diri menghadapai Ujian Nasional tahun 2019 untuk mata ujian Matematika SMP/MTs, berikut ini admin bagikan Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs.

Soal nomor 1

Hasil dari  menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTsadalah ….
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Soal nomor 2

Hasil dari menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs adalah ….
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Soal nomor 3

Bentuk sederhana dari  menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTsadalah ….
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Soal nomor 4

Perhatikan gambar berikut!
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Bangun tersebut dibuat dari tusuk gigi. Banyaknya tusuk gigi pada pola ke 15 adalah ….
a. 63 buah
b. 59 buah
c, 55 buah
d. 53 buah

Soal nomor 5

Banyak suku pada barisan 4, 7, 10, 13,…, 136 adalah ….
a. 35
b. 42
c. 45
d. 46

Soal nomor 6

Seutas tali dopotong menjadi 15 bagian dengan panjang tiap bagian membentuk barisan aritmatika. Jika panjang potongan tali yang ketiga dan ke 8 adalah 18 cm dan 43 cm. Panjang tali semula sebelum dipotong adalah ….
a. 755 cm
b. 745 cm
c. 655 cm
d. 645 cm

Soal nomor 7

Pekerjaan mengecat pos kamling dapat diselesaikan oleh pak andi selama 13 jam sedangkan pak Budi dapat menyelesaikan dalam waktu 7 jam. Jika mereka bekerja bersama sama waktu yang diperlukan untuk mengecat pos kamling tersebut adalah ….
a. 4 jam 44 menit
b. 4 jam 33 menit
c. 4 jam 22 menit
d. 4 jam 11 menit

Soal nomor 8

Budi membeli sebuah sepeda motor seharga Rp 18.000.000,00 dengan sistem kredit yang bunganya 10% pertahun. Jika budi membayar uang muka Rp 6.000.000.00 dan kekurangannya diangsur selama 4 tahun. Besar angsuran budi tiap bulan adalah ….
a. Rp 530.000,00
b. Rp 450.000,00
c. Rp 430.000,00
d. Rp 350.000,00

Soal nomor 9

Perbandingan jumlah uang Agus dan Bambang 3 : 5, sedangkan perbandingan jumlah uang Bambang dan Dika 2 : 1. Jika jumlah uang Agus Bambang dan dika Rp 840.000,00 maka Jumlah uang Agus dan Dika adalah ….
a. Rp 440.000,00
b. Rp 480.000,00
c. Rp 520.000,00
d. Rp 560.000,00

Soal nomor 10

Bentuk sederhana dari 7xy – 4xz + 6yz – 10xy –xz – 5yz adalah ….
a. -3xy – 5xz + yz
b. -3xy – 3xz – yz
c. -17xy – 3xz -11yz
d. -17xy + 5xz – 11yz

Soal nomor 11

Himpunan penyelesaian dari 7 – 2x < 4x – 5 untuk x bilangan bulat adalah ….
a. {2,3,4,5,….}
b. {3,4,5,6,….}
c. {….,-5,-4,-3,-2}
d. {…..,-6, -5, -4, -3}

Soal nomor 12

Taman di sekolah Bambang berbentuk persegipanjang. Panjang dan lebar taman berturut turut (5x – 2) m dan (x + 8) m. Jika keliling taman tersebut 60 m, luas taman adalah…
a. 206 m2
b. 216 m2
c. 721 m2
d. 731 m2

Soal nomor 13

Diketahui himpunan B ={huruf Vokal} banyaknya himpunan bagian B yang memiliki 3 anggota adalah . ….
a. 10
b. 6
c. 5
d. 3

Soal nomor 14

Dari 48 anak diperoleh data bahwa terdapat 31 anak pernah berkunjung ke Toko buku A, 28 anak pernah berkunjung ke toko B dan 8 tidak pernah berkunjung ke toko A maupun B. Banyak anak yang hanya pernah berkunjung ke toko B saja adalah …
a. 28 anak
b. 19 anak
c. 11 anak
d. 9 anak

Soal nomor 15

Relasi himpunan A ke B dari gambar diagram panah berikut adalah ….

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
a. kelipatan dari
b. lebih besar dari
c. kurang dari
d. faktor dari

Soal nomor 16

Diketahui rumus fungsi f(x) =7 – 2x. Jika f(a) = -9 maka nilai dari a – 5 adalah …
a. 3
b. -4
c. -6
d. -13

Soal nomor 17

Persamaan garis lurus yang melalui titik P(-8, 6) dan memiliki gradien adalah …
a. 2x – y = -22
b. 2x – y = -10
c. x – 2y = -20
d. x – 2y = 4

Soal nomor 18

Jika x = a dan y = b merupakan penyelesaian dari menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTsadalah…
a. -8
b. -2
c. 8
d. 14

Soal nomor 19

Dua bilangan asli berjumlah 20 dan bilangan pertama menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTsdari bilangan ke dua. Hasil kali kedua bilangan tersebut adalah …
a. 64
b. 75
c. 96
d. 108

Soal nomor 20

Perhatikan gambar berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Besar sudut x adalah…
a. 48°
b. 54°
c. 580°
d. 64°

Soal nomor 21

Sebuah kolam berbentuk persegi panjang berukuran 40 m x 20 m dan keliling kolam bagian luar akan di buat jalan yang lebarnya 2 m. Jika jalan tersebut akan dipasang keramik berukuran 20 cm x 20 cm, maka banyaknya keramik yang diperlukan adalah ….
a. 23.100 buah
b. 17.100 buah
c. 14.400 buah
d. 6.400 buah

Soal nomor 22

Perhatikan gambar segitiga siku siku berikut ini!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Pernyataan berikut yang benar adalah ….
a. q2 = p2 – r2
b. p2 = q2 – r2
c. r2 = p2 – q2
d. q2 = p2 – r2

Soal nomor 23

Perhatikan gambar berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Jika luas bangun tersebut 462 cm2, kelilingnya adalah ….
a. 94 cm
b. 66 cm
c. 47 cm
d. 33 cm

Soal nomor 24

Perhatikan gambar berikut ini!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Garis yang disebut apotema adalah …
a. AB
b. DC
c. OD
d. OC

Soal nomor 25

Perhatikan gambar berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Jika besar sudut OBC = 28°, maka besar sudut BAC adalah….
a. 56°
b. 640
c. 64°
d. 124°

Soal nomor 26

Perhatikan gambar berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Bentuk dan ukuran kolam pak Dodi tampak seperti gambar. Jika disekiling kolam akan dipagari dengan kawat berduri 2 kali putaran, panjang minimum kawat berduri yang dibutuhkan adalah ….
a. 74,4 m
b. 81,4 m
c. 87,8 m
d. 112,8 m

Soal nomor 27

Perhatikan gambar limas berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Rusuk tegak limas T.ABCD adalah…
a. OT
b. BC
c. TE
d. TA

Soal nomor 28

Budi akan membuat topi ulang tahun dari karton berbentuk kerucut dengan diameter bagian bawah topi 20 cm dan tinggi topi 24 cm sebanyak 200
buah. Luas karton yang diperlukan adalah….
a. 14,67 cm2
b. 15,33 cm2
c. 15, 67 cm2
d. 16,33 cm2

Soal nomor 29

Pak Udin akan membuat tiga kandang untuk tiga ayam jagonya. Kandang tersebut berbentuk prisma segi lima beraturan yang kerangkanya terbuat dari alumunium. Jika panjang rusuk alas prisma 60 cm dan tingginya 90 cm, panjang minimum alumunium yang dibutuhkan adalah ….
a. 10,5 m
b. 11,5 m
c. 31.5 m
d. 32.5 m

Soal nomor 30

Perhatikan prisma trapesium sama kaki berikut ini!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Volume prisma tersebut adalah ….
a. 4.460 cm3
b. 4.560 cm3
c. 5.600 cm3
d. 6.720 cm3

Soal nomor 31

Diketahui segitiga ABC dan segitiga PQR kongruen. Jika panjang sisi AB = PR dan AC = QR, sudut yang sama besar adalah ….
a. sudut A = sudut P
b. sudut B = sudut Q
c. sudut C = sudut R
d. sudut B = sudut P

Soal nomor 32

Perhatikan gambar berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Diketahui trapesium ABCD dan AEFG sebangun, luas trapesium AEFG adalah…
a. 210 cm2
b. 225 cm2
c. 912 cm2
d. 255 cm2

Soal nomor 33

Sebuah foto ditempelkan pada sebuah karton berukuran 60 cm x 80 cm, ternyata bagian atas dan bawah masih ada sisa 4 cm, serta bagian kanan dan kirinya sisanya sama panjang. Jika foto dan karton sebangun, luas karton yang tidak tertutup foto adalah….
a. 1.048 cm2
b. 1.008 cm2
c. 912 cm2
d. 492 cm2

Soal nomor 34

Kubah bagian dalam sebuah bangunan berbentuk setengah bola dengan diameter 14 m. Kubah tersebut akan di cat dengan biaya Rp 40.000,00 /m2. Biaya yang dibutuhkan untuk mengecat kubah bagian dalam adalah…
a. Rp 24.640.000.00
b. Rp 16.420.000.00
c. Rp 12.320.000.00
d. RP 8.200.000.00

Soal nomor 35

Tabel berikut menunjukan hasil ulangan matematika kelas IX A

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Mediannya adalah ….
a. 7.5
b. 8.0
c. 8.5
d. 9.0

Soal nomor 36

Rata-rata tinggi badan kelas IX C untuk anak laki-laki 162 cm dan anak perempuan 156 cm. Jika ada 36 anak di kelas tersebut dan rata rata tinggi badan satu kelas IX C adalah 160 cm. Banyak anak perempuan adalah ….
a. 12 anak
b. 18 anak
c.  20 anak
d.  24 anak

Soal nomor 37

Tabel berikut menunjukan hasil ulangan anak anak kelas IX D SMP Abdullah.

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Seorang anak dinyatakan tuntas jika mendapat nilai minimum dengan nilai rata rata . berdasarkan data banyak anak yang tuntas adalah …
a. 10 anak
b. 15 anak
c. 18 anak
d. 20 anak

Soal nomor 38

Perhatikan diagram berikut!

menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs
Diagram tersebut menunjukan data penjualan beras jenis A,B,C dan D di toko Ibu Tuti pada minggu ini terjual 210 Kg. Penjualan beras D pada minggu ini adalah ….
a. 210 kg
b. 240 kg
c. 270 kg
d. 300 kg

Soal nomor 39

Di dalam percobaan melempar sebuah dadu sebanyak sekali, peluang muncul dadu bilangan genap adalah ….
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Soal nomor 40

Diketahui sebuah kotak yang berisi 4 bola homogen di beri nomor 1,2,3 dan 4 . Jika dari kotak tersebut diambil dua bola sekaligus secara acak, peluang nomor bola yang terambil berjumlah ganjil adalah ….
menjadi salah satu upaya untuk mengukur kemampuan akademis peserta didik pada jenjang pend Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs

Baca juga : Kumpulan Soal UN Matematika SMP/Mts Persiapan Ujian Nasional 2019

Demikian Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Tingkat SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel