Kumpulan Abreviasi Dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen

Kumpulan Akronim dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen- Sahabat Pembaca dan Operator Sekolah, semenjak adanya aplikasi dapodik, banyak kependekan dan  istilah yang harus diketahui baik kependekan dan istilah gres yang ada dalam dapodik itu sendiri maupun istilah lain di luar dapodik namun istilah dan kependekan tersebut menjadi aktif dipakai dalam dapodik. Istilah yang sering muncul di dapodik menyerupai istilah dalam dunia teknologi informasi, istilah yang terkait kepegawaian, istilah yang berkaitan dengan aspek sosial ekonomi, dan lain sebagainya.

Kumpulan Akronim dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen Kumpulan Akronim dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen

Daftar Arti Istilah Penting yang Terkait Dapodikdasmen

1. Dapodik
Data Pokok Pendidikan atau Dapodik yaitu suatu konsep pengelolaan data pendidikan yang bersifat relational dan longitudinal, sehingga program-program pembangunan pendidikan sanggup terarah dan akan mempermudah dalam menyusun perencanaan, monitoring dan penilaian pembangunan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang merata dan sempurna sasaran.

2. Dapodikdas
Data pokok pendidikan dasar; Aplikasi data pendidikan yang dipakai untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD, SMP, dan SLB).


3. Data Periodik
Data Periodik yaitu data berdasarkan periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data terpola (contoh pengisian di tabel penerima didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

4. Install
Proses pemasangan aplikasi kedalam komputer

5. Kode Registrasi
“kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode pendaftaran akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda memakai isyarat pendaftaran sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu isyarat ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi dipakai pada ketika pendaftaran awal di aplikasi (aktivasi).

6. Backup
Proses menciptakan salinan data sebagai cadangan ketika terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibentuk disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

7. Uninstall
Penghapusan aplikasi dari komputer

8. Prefill
Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang kemudian yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang gres sekolah hanya tinggal mengentri data penerima didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

9. Generate Prefill
Sebuah proses yang mempunyai kegunaan sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf)

10. Validasi
Fasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada ketika pengguna melaksanakan sinkronisasi (online atau offline).

11. Sinkronisasi
Fasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server sentra (Dapodikdas).

12. PTK
Pendidik dan Tenaga Kependidikan; guru; pengajar.

13. PD
Peserta didik; siswa; murid

14. Rombel
Rombongan belajar; kelas.

15. Blockgrant
Blockgrant yaitu pemberian pemberian dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, aturan atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

16. Inpassing
Proses pembiasaan kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

17. KGB
Kenaikan honor yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan honor terpola yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB sanggup ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

18. KPS
Kartu Perlindungan Sosial; Kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan mempunyai KPS, rumah tangga berhak mendapatkan program-program proteksi sosial, menyerupai : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku sampai tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan isyarat batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

19. NPP
Nomor Pokok Perpustakaan

20. NPSN
NPSN kependekan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional

21. NPWP
NPWP kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak

22. NUPTK
NUPTK kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

23. NIS
NIS singkatan dari Nomor Induk Sekolah

24. NISN
NISN kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional

25. Pembaruan
Penambahan atau pembuatan fitur aplikasi yang baru

26. Perbaikan
Penyempurnaan fitur aplikasi yang sudah ada

27. PIP
PIP kependekan dari Program Indonesia Pintar

28. PKH
PKH kependekan dari Program Keluarga Harapan

29. TMT
TMT kependekan dari Terhitung Mulai Tanggal

30. TST
TST kependekan dari Terhitung Selesai Tanggal

31. VerVal
Verval kependekan dari Verifikasi dan Validasi

32. Patch
Patch yaitu software yang dirancang untuk memperbarui aktivitas komputer atau data pendukungnya, untuk memperbaiki atau meningkatkan itu. Ini termasuk memperbaiki kerentanan keamanan  dan bug lainnya , dengan tambalan menyerupai biasanya disebut perbaikan bug atau perbaikan bug,  dan meningkatkan kegunaan atau kinerja. Meskipun dimaksudkan untuk memperbaiki masalah, patch yang dirancang jelek kadang kala sanggup menyebabkan dilema gres .  Dalam beberapa kasus khusus update mungkin sengaja melanggar fungsi, misalnya, dengan menghapus komponen yang penyedia pembaruan tidak lagi berlisensi atau menonaktifkan perangkat.

33. US
US kependekan dari Ujian Sekolah

34. UN
UN kependekan dari Ujian Nasional

35. Progres/Progress
Progres yaitu kemajuan

36. PDSPK
PDSPK singkatan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. PDSPK yaitu salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 perihal Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai kiprah melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan

37. Sertifikasi ISO
a. ISO 9000 yaitu kumpulan standar untuk sistem administrasi mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. ISO/TC inilah yang bertanggungjawab untuk standar-standar sistem administrasi mutu. SO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan ulang setiap lima tahun, guna menjamin bahwa standar-standar ISO 9000 akan menjadi up to date dan relevan untuk organisasi.

b. ISO 9001 yaitu standar internasional di bidang sistem administrasi mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan legalisasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, sanggup dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal administrasi penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

38. Sanitasi
Sanitasi yaitu sikap disengaja dalam pembudayaan hidup higienis dengan maksud mencegah insan bersentuhan eksklusif dengan kotoran dan materi buangan berbahaya lainnya dengan cita-cita perjuangan ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

39. Akreditasi
Akreditasi yaitu pengakuan formal yang diberikan oleh tubuh legalisasi terhadap kompetensi suatu forum atau organisasi dalam melaksanakan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu.

40. Program Inklusi
Program Inklusi yaitu mengacu pada Sekolah Inklusi yakni sekolah reguler ( biasa ) yang juga melayani Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ).

41. Sarpras
Sarpras singkatan dari Sarana dan Prasarana.
  • Setiap satuan pendidikan wajib mempunyai sarana yang mencakup perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber berguru lainnya, materi habis pakai, serta perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
  • Setiap satuan pendidikan wajib mempunyai prasarana yang mencakup lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
42. NIK
NIK singkatan dari Nomor Induk Kependudukan

43. NIP
NIP singkatan dari Nomor Induk Pegawai

44. Mebeler
Mebeler terdiri dari meja siswa, dingklik siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai.

45. Ruang Kelas
Ruang Kelas yaitu suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan berguru mengajar (KBM)

46. Moving Class ( Kelas Berpindah/Berjalan )
Moving Class yaitu suatu kegiatan berguru mengajar, di mana siswanya berpindah-pindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Misalkan, pada ketika praktik IPA para siswa berpindah ke laboratorium IPA, ketika akan praktik komputer maka siswa pun berpindah ke ruang laboratorium komputer, dan lain sebagainya.

47. Remaining Class ( Kelas Tetap )
Remaining Class yaitu suatu kegiatan berguru mengajar, di mana  media dan alat-alat pembelajarannya yang dipindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Kaprikornus siswa tetap duduk manis mengikuti pembelajaran di satu ruangan kelas. 

Anda tahu istilah-istilah lain di dapodik?, silakan tuliskan di kolom komentar

Demikian perihal Kumpulan Akronim dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodik. Semoga bermanfaat

0 Response to "Kumpulan Abreviasi Dan Definisi Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel