Komplit - 40+ Referensi Soal Uas Ips Kelas 9 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru
Wednesday, November 7, 2018
Add Comment
40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Adik adik, pada kesempatan kali ini kakak ingin menyebarkan beberapa soal yang mungkin akan diharapkan adik adik, soal ini merupakan pola soal latihan UAS Ilmu Pengetahuan Sosial yang di khususkan untuk kelas 9 SMP/MTs pada pembahasan semester ganjil terdiri dari soal pilihan ganda dan Essay. Oiya Menurut Moeljono Cokrodikardjo, Bahwa IPS yakni perwujudan suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS ini merupakan integrasi dari banyak sekali cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi, budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan bahan dan tujuan yang disederhanakan semoga gampang dipelajari.
40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh bahan ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
d. Brazil dan Colombia
2. Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara
3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal
4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal
5. Negara maju yang sumber daya alamnya terbatas tetapi sumber daya manusianya berkualitas adalah.
a. Amerika Serikat
b. Australia
c. Jerman
d. Jepang
6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju yakni ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan
7. Salah satu ciri utama acara ekonomi negara-negara maju yakni adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang bukan merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian yakni ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong
8. Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal bahari dari negara lain, yaitu.
a. Selat Sunda
b. Selat Bali
c. Selat Malaka
d. Jawaban a,b, dan c benar
9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara yakni ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta aksara tinggi
10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres yakni ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
11. Berdasarkan ciri atau karakteristiknya, negara berikut tidak tergolong negara maju, yaitu.
a. Australia
b. Perancis
c. Kanada
d. India
12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian yakni ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal
13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih
14. Angka maut bayi di negara berkembang dan negara kurang berakal yakni ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali
15. Perang Pasifik yang menjadi pecahan dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan kejadian ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.
16. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. pinjaman negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
17. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara berkembang pada umumnya yakni ….
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan urbanisasi
c. menghapus kemelaratan
d. pembangunan di segala bidang
18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme
19. Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a. memajukan perusahaan daerah
b. menawarkan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c. melindungi pengusaha pribumi dari persaingan dengan pengusaha nonpribumi
d. menawarkan kemudahan bea ekspor bagi pengusaha non pribumi
20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 yakni ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat
21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris
22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus menawarkan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan
24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia yakni ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai
25. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1). perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2). adanya pertumbuhan penduduk
3). adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4). penyebaran penduduk yang tidak merata
5). kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber problem kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a. 1)
b. 2)
c. 3) dan 4)
d. 4) dan 5)
26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
b. Syahrir
c. K.H. Mas Mansyur
d. Mr. Syamsudin
27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang
b. Kalijati
c. Tuntang
d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an bahari milik negara ... .
a. Inggris
b. Belanda
c. Amerika Serikat
d. Jerman
30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera
b. Parindra
c. MIAI
d. Masyumi
31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang yakni ... .
a. MIAI
b. Muhamadiyah
c. Masyumi
d. Nahdlatul Ulama
32. Perhatikan pernyataan berikut!
1). Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2). Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3). Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.
Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a. sistem ekonomi Gerakan Benteng
b. sistem ekonomi Rencana Soemitro
c. sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin
33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan seni administrasi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali ... .
a. Ir Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo
34. Tujuan Jepang membentuk Seinendan yakni ... .
a. melatih para perjaka semoga sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para perjaka semoga berakal meng-olah kekayaan alam
c. melatih para perjaka semoga hebat menggu-nakan senjata
d. melatih para perjaka untuk berperang
35. Perhatikan beberapa perguruan tinggi tinggi berikut!
1). Universitas Gadjah Mada
2). Universitas Andalas
3). Universitas Padjajaran
4). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5). Universitas Katolik Indonesia
6). Akademi Pelayaran
Dari beberapa perguruan tinggi di atas, perguruan tinggi yang didirikan
pada masa awal kemerdekaan yakni ….
a. (1)
b. (2)
c. (3) dan (4)
d. (5) dan (6)
II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1. Mengapa Indonesia sampai saat ini belum dikelompokkan sebagai salah satu negara maju di dunia?
2. Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3. Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4. Apa hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya masa Demokrasi Liberal?
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru |
Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs
40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh bahan ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
d. Brazil dan Colombia
2. Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara
3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal
4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal
5. Negara maju yang sumber daya alamnya terbatas tetapi sumber daya manusianya berkualitas adalah.
a. Amerika Serikat
b. Australia
c. Jerman
d. Jepang
6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju yakni ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan
7. Salah satu ciri utama acara ekonomi negara-negara maju yakni adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang bukan merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian yakni ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong
8. Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal bahari dari negara lain, yaitu.
a. Selat Sunda
b. Selat Bali
c. Selat Malaka
d. Jawaban a,b, dan c benar
9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara yakni ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta aksara tinggi
10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres yakni ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
11. Berdasarkan ciri atau karakteristiknya, negara berikut tidak tergolong negara maju, yaitu.
a. Australia
b. Perancis
c. Kanada
d. India
12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian yakni ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal
13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih
14. Angka maut bayi di negara berkembang dan negara kurang berakal yakni ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali
15. Perang Pasifik yang menjadi pecahan dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan kejadian ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.
16. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. pinjaman negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
17. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara berkembang pada umumnya yakni ….
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan urbanisasi
c. menghapus kemelaratan
d. pembangunan di segala bidang
18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme
19. Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a. memajukan perusahaan daerah
b. menawarkan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c. melindungi pengusaha pribumi dari persaingan dengan pengusaha nonpribumi
d. menawarkan kemudahan bea ekspor bagi pengusaha non pribumi
20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 yakni ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat
21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris
22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus menawarkan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan
24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia yakni ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai
25. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1). perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2). adanya pertumbuhan penduduk
3). adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4). penyebaran penduduk yang tidak merata
5). kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber problem kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a. 1)
b. 2)
c. 3) dan 4)
d. 4) dan 5)
26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
b. Syahrir
c. K.H. Mas Mansyur
d. Mr. Syamsudin
27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang
b. Kalijati
c. Tuntang
d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an bahari milik negara ... .
a. Inggris
b. Belanda
c. Amerika Serikat
d. Jerman
30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera
b. Parindra
c. MIAI
d. Masyumi
31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang yakni ... .
a. MIAI
b. Muhamadiyah
c. Masyumi
d. Nahdlatul Ulama
32. Perhatikan pernyataan berikut!
1). Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2). Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3). Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.
Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a. sistem ekonomi Gerakan Benteng
b. sistem ekonomi Rencana Soemitro
c. sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin
33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan seni administrasi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali ... .
a. Ir Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo
34. Tujuan Jepang membentuk Seinendan yakni ... .
a. melatih para perjaka semoga sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para perjaka semoga berakal meng-olah kekayaan alam
c. melatih para perjaka semoga hebat menggu-nakan senjata
d. melatih para perjaka untuk berperang
35. Perhatikan beberapa perguruan tinggi tinggi berikut!
1). Universitas Gadjah Mada
2). Universitas Andalas
3). Universitas Padjajaran
4). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5). Universitas Katolik Indonesia
6). Akademi Pelayaran
Dari beberapa perguruan tinggi di atas, perguruan tinggi yang didirikan
pada masa awal kemerdekaan yakni ….
a. (1)
b. (2)
c. (3) dan (4)
d. (5) dan (6)
II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1. Mengapa Indonesia sampai saat ini belum dikelompokkan sebagai salah satu negara maju di dunia?
2. Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3. Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4. Apa hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya masa Demokrasi Liberal?
Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uas ips kelas 9 semester 1 ktsp
- soal ips kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 dan jawabannya
- soal uas ips kelas 9 semester 2 dan kunci jawaban
- soal ips kelas 9 beserta kunci jawaban
- soal pilihan ganda ips kelas 9 beserta jawabannya
- soal ips kelas 9 semester 1 pecahan 1
- soal pilihan ganda ips kelas 9 semester 2
- soal uas ips kelas 9 tahun 2016 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 40+ Referensi Soal Uas Ips Kelas 9 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru"
Post a Comment