Komplit - 40+ Referensi Soal Uas Ips Kelas 9 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru

40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Adik adik, pada kesempatan kali ini kakak ingin menyebarkan beberapa soal yang mungkin akan diharapkan adik adik, soal ini merupakan pola soal latihan UAS Ilmu Pengetahuan Sosial yang di khususkan untuk kelas 9 SMP/MTs pada pembahasan semester ganjil terdiri dari soal pilihan ganda dan Essay. Oiya Menurut Moeljono Cokrodikardjo, Bahwa IPS yakni perwujudan suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS ini  merupakan integrasi dari banyak sekali cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi, budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan bahan dan tujuan yang disederhanakan semoga gampang dipelajari. 

 pada kesempatan kali ini kakak ingin menyebarkan beberapa soal yang mungkin akan diharapkan a Komplit - 40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru



Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs


40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh bahan ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan balasan yang benar !

1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
d. Brazil dan Colombia

2. Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara

3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal

4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal

5.  Negara  maju  yang  sumber  daya  alamnya  terbatas  tetapi  sumber  daya manusianya berkualitas adalah.
a.  Amerika Serikat           
b.  Australia                       
c. Jerman
d. Jepang

6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju yakni ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan

7. Salah satu ciri utama acara ekonomi negara-negara maju yakni adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang  bukan  merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian yakni ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong

8.  Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal bahari dari negara lain, yaitu.
a.  Selat Sunda                 
b.  Selat Bali           
c. Selat Malaka
d. Jawaban a,b, dan c benar

9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara yakni ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta aksara tinggi

10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres yakni ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura

11.  Berdasarkan  ciri  atau  karakteristiknya,  negara  berikut  tidak  tergolong negara maju, yaitu.
a.  Australia             
b.  Perancis             
c. Kanada
d. India

12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian yakni ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal

13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih

14. Angka maut bayi di negara berkembang dan negara kurang berakal yakni ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali

15. Perang Pasifik yang menjadi pecahan dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan kejadian ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.

16. Semangat chauvinistis  yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. pinjaman negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara

17.  Kebijaksanaan  kependudukan  yang  sering  ditempuh  oleh  negara-negara berkembang pada umumnya yakni ….
a.  menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b.  melaksanakan urbanisasi
c.  menghapus kemelaratan
d.  pembangunan di segala bidang

18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme

19.  Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a.  memajukan perusahaan daerah
b.  menawarkan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c.  melindungi  pengusaha  pribumi  dari  persaingan  dengan  pengusaha nonpribumi
d. menawarkan kemudahan bea ekspor bagi pengusaha non pribumi

20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 yakni ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat

21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris

22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus menawarkan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat

23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan

24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia yakni ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai

25.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1).  perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2).  adanya pertumbuhan penduduk
3).  adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4).  penyebaran penduduk yang tidak merata
5).  kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber problem kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a.  1)         
b.  2)         
c. 3) dan 4)
d. 4) dan 5)

26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
b. Syahrir
c. K.H. Mas Mansyur
d. Mr. Syamsudin

27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang           
b. Kalijati
c. Tuntang               
d. Tasikmalaya

29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an bahari milik negara ... .
a. Inggris                 
b. Belanda
c. Amerika Serikat   
d. Jerman

30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera       
b. Parindra
c. MIAI           
d. Masyumi

31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang yakni ... .
a. MIAI           
b. Muhamadiyah
c. Masyumi   
d. Nahdlatul Ulama

32.  Perhatikan pernyataan berikut!
1).  Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2).  Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3).  Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.

Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a.  sistem ekonomi Gerakan Benteng
b.  sistem ekonomi Rencana Soemitro
c.  sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin

33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan seni administrasi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali  ... .
a. Ir Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo

34. Tujuan Jepang membentuk  Seinendan yakni ... .
a. melatih para perjaka semoga sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para perjaka semoga berakal meng-olah kekayaan alam
c. melatih para perjaka semoga hebat menggu-nakan senjata
d. melatih para perjaka untuk berperang

35.  Perhatikan beberapa perguruan tinggi tinggi berikut!
1).  Universitas Gadjah Mada
2).  Universitas Andalas
3).  Universitas Padjajaran
4).  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5).  Universitas Katolik Indonesia
6).  Akademi Pelayaran

Dari  beberapa  perguruan  tinggi  di  atas,  perguruan  tinggi  yang  didirikan
pada masa awal kemerdekaan yakni ….
a.  (1)
b.  (2)
c.  (3) dan (4)
d.  (5) dan (6)

II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini

1.  Mengapa  Indonesia  sampai  saat  ini  belum  dikelompokkan  sebagai  salah satu  negara maju di dunia?

2.  Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.

3.  Jelaskan  kondisi  hubungan  Indonesia  dengan  salah  satu  negara  maju  di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!

4.  Apa  hubungan  antara  Dekrit  Presiden  1959  dengan  berakhirnya  masa Demokrasi Liberal?

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan kali ini kakak ingin menyebarkan beberapa soal yang mungkin akan diharapkan a Komplit - 40+ Contoh Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
Soal UAS IPS Kelas 9 SMP/MTs   File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal uas ips kelas 9 semester 1 ktsp
    • soal ips kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal uas ips kelas 9 semester 2 dan kunci jawaban
    • soal ips kelas 9 beserta kunci jawaban
    • soal pilihan ganda ips kelas 9 beserta jawabannya
    • soal ips kelas 9 semester 1 pecahan 1
    • soal pilihan ganda ips kelas 9 semester 2
    • soal uas ips kelas 9 tahun 2016
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    0 Response to "Komplit - 40+ Referensi Soal Uas Ips Kelas 9 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel