Latihan Soal Usbn Smp Ips Kurikulum 2013 Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN Sekolah Menengah Pertama IPS Kurikulum 2013 Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil training membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada tanggapan yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu tanggapan yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan tanggapan sanggup dilihat eksklusif pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Letak Geografis yakni letak suatu wilayah berdasarkan kondisi yang gotong royong diatas permukaan bumi.  Berdasarkan letak geografis posisi Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra yaitu….
A. Benua Asia dan  benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Atlantik
B. Benua Eropa dan Asia Serta samudra Pasifik dan samudra Hindia
C. Benua Eropa dan Asia Serta samudra Pasifik dan samudra Atlantik
D. Benua Asia dan benua Australia serta samudra Pasifik dan samudra Hindia

2. Letak geostrategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudera menimbulkan laba dalam bidang ekonomi, transportasi, dan komunukasi. Berikut ini yang bukan termasuk laba letak geostrategis Indonesia dalam bidang ekonomi yakni ….
A. produk yang berciri khas Indonesia menyerupai batik dan gesekan semakin populer di dunia
B. barang impor illegal semakin meningkat lantaran didukung sarana transportasi yang memadai
C. jumlah wisatawan absurd semakin meningkat sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat
D. masyarakat semakin kreatif membuat barang semoga sanggup bersaing di pasar dunia

3. Perhatikan Gambar arah angin muson di bawah ini !

Berikut ini pernyataan yang benar sesuai dengan gambar di atas adalah…
A. petani Indonesia mulai  menyiapkan lahannya menanam padi
B.  nelayan sanggup mencari ikan di bahari tanpa terganggu  cuaca
C. sebagian petani Indonesia membiarkann lahannya tidak di tanami
D. pasokan Ikan di pasar cukup melimpah

4. Pemerintah Indonesia, giat membangun jalan sehingga membuka konektivitas antar daerah. Dampak konektivitas tersebut yakni ....
A. pola pergerakan barang akan gampang dikendalikan para pengusaha 
B. kemampuan ekonomi didominasi penduduk dari wilayah yang lebih maju
C. potensi ekonomi sanggup diolah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk
D. produksi barang mengalir ke wilayah terisoler hingga penduduk konsumtif

5. Pengelolaan sumber daya alam yang baik harus mendukung  tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Adapun salah satu ciri pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yakni ….          
A. penggunaan sumber daya alam semaksimal mungkin tanpa ada analisa mengenai dampak lingkungan
B. penggunaan sumber energi untuk industri tanpa ada usaha mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan
C. pembangunan di segala bidang untuk memenuhi kebutuhan kini dan generasi yang akan data
D. pemanfaatan sumber daya alam untuk membangun di segala bidang tanpa mempertimbangkan kebutuhan generasi yang akan datan

6. Indonesia terletak di poros dunia menyerupai tampak pada gambar di bawah ini. 

Keuntungan yang diperoleh Indonesia posisi tersebut adalah ….

A. menjadikan Indonesia sentra persinggahan para penguasa dunia 
B. menimbulkan aneka macam budaya dunia di wilayah sekitar Indonesia
C. mendukung kehidupan aneka macam jenis tanaman fauna di wilayah Indonesia
D. menyebabkan Indonesia berada di jalur kemudian lintas perdagangan dunia

7. Perhatikan gambar berikut ini! 


Dari gambar tersebut yang termasuk contoh  proses sosial asosiatif yakni ditunjukkan oleh gambar nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3 
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4

8. Keluarga merupakan unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anaknya. Salah satu fungsi forum keluarga yang mengharapkan dalam keluarga tersebut memperlihatkan keturunan disebut ….
A. fungsi ekonomi
B. fungsi proteksi
C. fungsi reproduksi 
D. fungsi sosial 

9. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial:
1)        Bertambah atau berkurangnya penduduk
2)        Penemuan-penemuan baru
3)        Pengaruh lingkungan alam
4)        Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
5)        Pertentangan atau konflik dalam masyarakat
Dari pernyataan tersebut,yang merupakan penyebab perubahan sosial dari dalam masyarakat (internal) adalah....
A. 1,2  dan 3
B. 1,2  dan 5
C. 2,3  dan 4
D. 2,3  dan 5

10. Jumlah penduduk di kecamatan Makmur pada tahun 2017 yakni 2.500 jiwa. Angka kelahiran yaitu 15 per seribu penduduk, sedangkan angka maut 5 per seribu penduduk Maka jumlah penduduk di kecamatan Makmur pada tahun 2018 yakni …..
A. 2.525 jiwa
B. 2.550 jiwa
C. 2.575 jiwa 
D. 2.600 jiwa

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPS SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang menyerupai dengan soal-soal USBN IPS SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Siswa sering membolos dari sekolah dan terlibat dalam geng motor yang sering melanggar aturan lantaran kurang perhatian dari orangtua.
Faktor yang memengaruhi sikap menyimpang tersebut yakni ....

A. sanksi keluarga lemah bagi pelanggar norma 
B. lingkungan keluarga yang kurang mendukung
C. pengaruh negatif dari lingkungan keluarga
D. lingkungan keluarga memberi kebebasan

12. Perubahan sosial membawa dampak positif dan negartif bagi kehidupn masyarakat. Contoh sikap positif sebagai akhir adanya perubahan sosial yaitu..

A. adanya kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan kemajuan budaya
B. lunturnya kaidah-kaidah atau norma-norma budaya yang lama
C. terbentuknya pola pikir yang lebih ilmiah dan rasional dalam masyarakat
D. tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional oleh budaya asing

13. Kawasan Perumahan Jingga mengalami kebanjiran ketika hujan deras di tempat tersebut. Upaya yang dilakukan warga Perumahan Jingga untuk mengatasinya yakni ....
A. menyalurkan air keluar tempat perumahan
B. menugaskan warga mengawasi susukan air
C. membersihkan susukan air secara bersama-sama 
D. membuat lubang biopori di setiap rumah warga

14. Perhatikan gambar di bawah ini !

Dari gambar diatas memperlihatkan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha dalam bentuk seni bangunan. Perpaduan budaya sperti ini disebut proses sosial …
A. asimilasi.
B. akulturasi
C. akomodasi 
D. kontravensi

15. Perhatikan gambar di bawah ini !


Alat –alat yang dipakai pada zaman Paleolithikum atau zaman watu renta terlihat pada gambar nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

16. Penyebaran agama Islam masuk ke Indonesia melalui aneka macam cara (saluran islamisasi). Berikut ini yang bukan termasuk susukan islamisasi di Indonesia yakni ….
A. pernikahan
B. perdagangan
C. peperangan
D. pendidikan

17. Pergerakan nasional yakni masa tumbuh dan berkembangnya kesadaran nasional dalam usaha untuk mencapai Indonesia merdeka. Adapun salah satu faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional yakni …
A. keberhasilan usaha masyarakat di aneka macam daerah melawan kolonialisme
B. masyarakat Indonesia semakin mengenal gaya hidup bangsa barat
C. keadaan ekonomi masyarakat Indonesia selama masa penjajahan Belanda semakin membaik
D. penerapan politik etis  mengakibatkan banyak orang Indonesia yang berpendidikan modern

18. Salah satu perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan yakni adanya persebaran penduduk.Tujuan utama pemerintah kolonial Belanda melaksanakan transmigrasi penduduk Jawa ke luar Jawa yakni ….
A. meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dari Pulau Jawa
B. menyebarkan tenaga murah di aneka macam perkebunan Sumatera dan Kalimantan
C. membantu Belanda perang melawan tentara Jepang yang ingin menguasai Indonesia
D. membantu Belanda membangun sarana transportasi dan komunikasi

19. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)       RI dan Belanda akan bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat (NIS) dengan nama RIS
2)        RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai Ketua UNI
3)       Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia hingga diserahkan pada Republik Indonesia Serikat yang segera dibentuk;
4)       RIS mempunyai kedudukan yang sejajar dengan negara Belanda dalam Uni Indonesia-Belanda;
5)       Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada selesai Desember 1949
6)       Dibentuk Uni Indonesia Belanda Berdasarkan kerjasama sederajat

Bedasarkan pernyataan di atas yang merupakan hasil dari negosiasi Renville antara Indonesia dan Belanda ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 4 dan 5
D.5 dan 6

20. Akhir masa Orde Baru ditandai dengan banyaknya kritikan dan tuntutan perubahan di aneka macam bidang kehidupan. Berikut yang bukan menjadi alasannya tuntutan masyarakat terhadap perubahan kebijakan politik, ekonomi, dan aturan yakni .....
A. kebebasan pers untuk mengkritisi pemerintah
B. terjadinya monopoli terhadap kelompok tertentu
C. kebijakan ekonomi telah menimbulkan ketimpangan ekonomi
D. keberadaan partai politik dianggap tidak bisa memenuhi aspirasi politik masyarakat

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN IPS SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan yang menyerupai dengan soal-soal USBN IPS SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!

21. Peninggalan kebudayaan megalithikum ternyata masih sanggup dilihat hingga sekarang, lantaran pada beberapa suku-suku bangsa di Indonesia masih memanfaatkan kebudayaan tersebut. Bukti dari hal ini yakni .....
A. ditemukan alat-alat untuk menyimpan hasil panen petani
B. banyak peninggalan prasejarah masih dipakai masyarakat 
C. banyak masyarakat masih melanjutkan tradisi masyarakat prasejarah
D. sistem kepercayaan perihal asal-usul pemujaan terhadap arwah leluhur

22.  Perhatikan gambar jagoan nasional berikut ini !


Dari gambar tersebut yang termasuk tokoh yang merumuskan teks proklamasi kemerdekaan yakni ….

A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 2 dan 4
D.  1, 3 dan 4

23. 10. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)       Kembali ke Undang-Undang Dasar 1945
2)       Tidak berlakunya UUDS 1950
3)       Akan dibuat MPRS dan DPAS
4)       Pembentukan Kabinet Presidensiil 
Dari pernyataan di atas yang merupakan isi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ditunjukkan oleh nomor...

A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4

24. Perhatikan tabel di bawah ini!
I
II
1.        Penurunan nilai mata Uang (Devaluasi)
2.        Deklarasi ekonomi
3.        Pencetakan uang baru
1.        Gunting syafrudin
2.         Sistem ekonomi gerakan Benteng
3.        Nasionalisasi De Javasche Bank
III
IV
1.        Program jangka pendek
2.        Program jangka Panjang
3.        Trilogi pembangunan

1.        Mengurangi subsidi materi bakar minyak
2.        Pemberian pemberian eksklusif tunai
3.        Pengurangan utang luar negeri
Dari tabel di atas yang merupakan kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi terpimpin adalah.

A. I
B. II
C. III
D. IV

25.  Pemilu I telah terealisasi dengan baik namun ternyata anggota dewan perwakilan rakyat dan Dewan Konstituante tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini disebabkan oleh adanya kencenderungan partai-partai politik yang lebih mementingkan kelompoknya. Kondisi tersebut mengakibatkan Presiden RI mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Faktor penyebab  dikeluarkan Dekrit tersebut yakni .....
A. keinginan presiden menjadi pemimpin besar revolusi
B. PKI ikut campur tangan dalam bidang pemerintahan
C. konstituante membubarkan diri sebelum sidang berakhi
D. kegagalan konstituante dalam menyusun konstitusi baru

26. Bacalah kutipan isu berikut  ini !

“Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini dikenal sebagai Jakarta. Kongres ini melibatkan seluruh organisasi cowok di Hindia Belanda ketika itu menyerupai Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi. Peristiwa ini menjadi satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia dengan menghasilkan keputusan penting yang menegaskan impian akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".  Selain itu lagu 'Indonesia Raya' ciptaan Wage Rudolf Supratman ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.
Sumber : https://rajasoal.com/search?q=latihan-soal-USBN,SMP-ips-kurikulum">DISINI)


Demikian pola sederhana latihan online Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
=======================================





0 Response to "Latihan Soal Usbn Smp Ips Kurikulum 2013 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel